• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mengapa diadakan Masa Orientasi Siswa / MOS / Ospek / MPLS ?

Rosetta

IndoForum Beginner C
No. Urut
2047
Sejak
10 Jun 2006
Pesan
714
Nilai reaksi
20
Poin
18
Di beberapa SMP/SMA baru saja selesai dilaksanakan MOS/MPLS/apapun namanya. Tingkat Universitas pun akan melaksanakannya pada bulan Agustus-September besok. Diantara anda mungkin masih sering berpikir, kenapa model MOS/ospek seperti itu masih dipertahankan? Dan kebanyakan seniornya hanya mengakatan ini sudah tradisi dan agar anda punya kenangan di hari tua nanti. Jika anda masih berpikir model MOS/ospek ini tidak manusiawi dan tidak mencetak pemimpin, tolong baca ini. Saya punya jawaban filosofisnya. Semoga membuka pandangan baru: :-bd
Mengapa kami harus datang pagi-pagi?
+ Karena kami ingin anda terbiasa menang sebelum berperang. Jika anda calon pemimpin, tepat waktu adalah terlambat! Kebiasaan bangun pagi tidak bisa diajarkan secara teori, anda harus mempraktekannya, minimal 3 hari ini.
Mengapa kami harus membawa barang2 yang tidak masuk akal dan ribet semacam pete, dot, ikat pinggang lonceng, kaos kaki sebelah, dan digundul? Kenapa harus tas kresek/karung tepung padahal kami punya yg lebih baik?
+ Pertama, karena kami ingin mengajarkan anda untuk meninggalkan semua Ego. Kami tak ingin anda meletakkan harga diri dan kualitas diri pada Tas bagus, Gadget, Perhiasan dan Sepatu impor. Yang jika semua itu hilang, maka hilanglah semua harga diri anda. Jika anda calon pemimpin, kualitas diri itu harusnya ada ada Iman, Ketakwaan, Skill, dan Akhlak. Sehingga tak perlu risau dengan apapun yang anda pakai. anda tetap berharga dan dihargai!
+ Kedua, khusus anda yang terbiasa hidup enak di rumah dan segalanya dipenuhi, ketahuilah akan ada saatnya berbalik. Entah orang tua anda meninggal, di-PHK atau bangkrut. Bersiaplah dengan segala kemungkinan yang tak pernah anda bayangkan sekarang!
+ Ketiga, sebagai calon pemimpin masa depan, anda harus terbiasa merasakan apa yg dirasakan rakyat anda. Merasakan penderitaan itu tidak bisa diresap jika hanya lewat seminar, anda harus menjadi mereka! Setidaknya dalam 3 hari.
Mengapa kami dicaci maki walau tidak melakukan kesalahan? Seakan senior hanya mencari-cari kesalahan?
+ Karena kami ingin memberitahu anda, bahwa hidup itu keras dek!! Di dunia kerja atau usaha nanti, anda PASTI mengalami hal yang sama. Dimarahi bos, dicaci maki customer, bekerja dibawah tekanan, dll. anda akan lebih banyak merasakan hal yang TIDAK anda inginkan, maka kami memberikan “simulasi” ini sejak anda muda. Dimarahi/Kegagalan dan Kesuksesan/Pujian ibarat 2 sisi koin yang sama. Jika anda takut dimarahi, maka sebenarnya anda juga tidak pantas sukses. Gagal itu pasti, tapi bangkit itu pilihan. Dan bangkit dari kegagalan itu tidak bisa diajarkan dari workshop saja, anda harus merasakannya!
Ini hanya 3 hari, kawan. Sedangkan anda mungkin akan hidup selama 70 tahun. Pemimpin besar kelas dunia merasakan yang lebih parah dari ini. Dipenjara, diludahi, diasingkan, ditembak peluru nyasar, diteror, dan perlakuan kasar lain. Jika anda baru digertak sedikit saja sudah memble, sebaiknya anda minta dimasukkan ke dalam perut ibu anda lagi saja. Jadi ingat moto Paskibra: “Takut Mati Jangan Hidup. Takut Hidup MATI SEKALIAN!!” X(

Anda yang hanya ingin dapat banyak tapi tak mau mengambil resiko, tak mau bersusah payah, berarti cocok jadi KORUPTOR di masa depan. Guru terbaik membentuk pemimpin yang berkarakter adalah pengalaman. Tak ada pelaut tangguh yang dilahirkan dari laut yang tenang. Jadi, nikmati saja semua proses ini. Gondoklah saat ini, tapi suatu saat anda akan berterima kasih pada senior-senior anda dulu >:D<

Percaya itu! ;)

*Share jika anda mendapatkan manfaat dari tulisan ini.. <:-P

Sebuah postingan karya Robbani Alfan

j506c.jpg


Sumber: facebook -> /notes/robbani-alfan/kesel-sama-sistem-mosospek-saat-ini/10150355001439959
 
kalo dipikir iya juga yah gan..mos atau ospek biasa nya cuma 3 hari
tapi nanti setelah lulus akan banyak cobaan dalam kehidupan kita..
tapi mos sekarang lebih ke hanya untuk bersenang-senang aja deh senior ke junior nya..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.