• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Membersihkan Rumah Selama Isolasi Mandiri

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.726
Nilai reaksi
23
Poin
0
Tidak cuma tentang kebersihan diri, namun kebersihan rumah juga semestinya dijaga, karena hal ini sangatlah penting dilakukan sebagai usaha untuk mengurangi resiko penularan virus Covid-19 terlebih apabila satu rumah dengan pasien yg mengalami isolasi mandiri.

OTG (Orang Tanpa Gejala) juga turut serta sanggup menyebarkan virs ini, tidak cuma dari udara yg selama ini diketahui sebagai media penyebaran virus, karena memang tabiat virus ini amatlah mudah berpindah dari suspect ke suspect lainnya.

Saran terbaik adalah protokol kesehatan yg digalakkan pemerintah, melalui menjaga jarak, memakai masker, mengurangi aktifitas outdoor, mencuci bersih tangan, serta apabila diketahui ODP (Orang dalam pantauan) & (Pasien dalam Pantauan) akan lebih baik mengerjakan isolasi mandiri.

Seperti yg dijelaskan oleh beberapa ahli, termasuk pemerintah, protokol dalam merawat rumah yg ditempati oleh pasien isolasi berdikari adalah, dengan melakukakn pembersihan seperti berikut :

Peralatan
Pastikan peralatan yg dibutuhkan tersedia, mulai dari disposable gloves (sarung tangan sekali pakai) kedap air dengan bahan plastik atau karet, kantong sampah, detergen, cairan disinfektan & kain lap yg bersih, buka jendela & pintu supaya sirkulasi udara lancar saat pembersihan rumah.

Bersihkan Dengan Air & Sabun
Saat mengerjakan pembersihan perabot rumah, perdana cucilah tangan dengan air atau hand sanitizer, pakai sarung tangan, pastikan setiap permukaan perabotan di lap dengan air yg sudah direndam deterjen, seperti meja, kursi,remote televisi,kran air, gagang pintu & lain-lain.

Disinfeksi Ruangan
Semprotkan disenfektan di seluruh ruangan, lakukan setiap hari, khususnya di kamar tidur, kamar mandi yg di pakai bersamaan dengan anggota keluarga yagn sakit.

Kini, mudahnya cairan disinfektan didapatkan baik online atau di minimarket terdekat, atau dapat juga menciptakannya DIY, caranya campurkan cairan pemutih pakaian dengan 1 liter air, kemudian masukkan cairan tersebut ke botol semprotan, & semprotkan ke tempat-tempat yg sering di kunjungi anggota keluarga yg sakit.

Buang Semua Alat Yang Habis Di Pakai
Setelah rumah & benda dibersihkan dengan baik, lepas sarung tangan & buang dalam plastik sampah , pastikan semua kotoran sampah masuk dalam kantong palstik & ikat, sedapat mungkin dengan hati-hati supaya tidak menyentuh kulit, setelah itu bersihkan tangan dengan alkohol 60%.

Lain-lain Yang Perlu Di Bersihkan
Beberapa benda yg dimaksud adalah, Pakaian yg habis di pakai, cuci dengan air hangat & detergen, kemudian jemur di bawah sinar mentari hingga kering, jangan lupa pakai sarung tangan saat mencuci atau menjemurnya.

Alat Makan, pastikan semua terpisah dengan anggota keluarga yg sedang sakit, cuci alat makan seperti piring sendok garpu gelas secara terpisah & pakai spons cuci yg berbeda pula, & pakai juga air panas untuk mencuci alat makan tersebut.

Perlengkapan Tidur
Rendam semua, sarung bantal, selimut,sprei dengan air panas yg dicampur detergen sesaat sebelum di cuci, jangan lupakan juga sarung tangan saat mencucinya.

Alat Kebersihan
Pastikan juga mencuci bersih alat-alat kebersihan seperti keset (lap kaki) sapu, pel yg dipakai membersihkan rumah bekas pasien isolasi mandiri, segera buang yg dapat dibuang, jangan lupa mencuci tangan sebersih-bersihnya setelah mengerjakan hal tersebut.

Pastikan seluruh anggota keluarga di rumah menjaga kebersihan diri masing-masing, & ajak kerjasamanya untuk membereskan rumah (kecuali yg sedang sakit), setiap anggota wajibkan rajin mencuci tangan.


Hari ini 15:30
 
Saya juga menjalani kebiasaan yang kurang lebih sama seperti yang dimuat di tulisan ini. Gladly, saya sekeluarga tidak pernah terpapar virus Covid karena saya juga rutin pakai jasa disinfektan dan bersih bersih rumah lewat Seekmi.com. Petugas yang datang menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan APD lengkap. Penyemprotannya juga sangat detail dan harganya pas di kantong saya. Sampai saat ini saya merasa terbantu dengan adanya Seekmi.com.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.