• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Masak Pakai Ulekan Jauh Lebih Enak

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
Kf9QB.jpg


ULEKAN saat ini memang mulai tergeser dengan adanya blender, tapi tahukan Anda bahwa menggunakan ulekan ternyata lebih enak.

"Blender itu seperti cincangan cepat. Ngulek seperti ulenan sifatnya lebih ke- pressing, karena bumbu dipress untuk mengeluarkan minyak sehingga jauh lebih enak memakai ulekan daripada blender," jelas Chef Vindex saat berbincang dengan Okezone saat ditemui di Kawasan Plaza Senayan belum lama ini.

Chef Vindex mengatakan dengan memakai ulekan maka aroma serta rasa dari bumbu yang dikeluarkan akan semakin terasa di lidah pada saat dikonsumsi. "Pakai ulekan karena mengeluarkan minyak dari bumbu dan rasa datang dari sana, kenapa masakan belum matang rasanya sangat tidak enak, karena zat dari spicy belum jadi, sama seperti ulekan," katanya.

Lantaran blender juga bisa dipakai dalam menghaluskan bumbu namun diakuinya proses memakai blender tidak sesempurna dengan menggunakan ulekan. "Blender, kamu tidak akan bisa membuat bumbu menjadi basah, kalau bikin semua fresh lebih baik dicincang dahulu baru diblender, harus ditambahan minyak," lanjutnya.

Dikatakannya lagi, dengan memakai ulekan maka akan membuat bumbu yang dipakai lebih menyatu dengan merata terlebih minyak yang dikeluarkan semakin membuat bumbu akan terasa lebih tajam saat dipadu dengan bahan makanan yang dipakai. "Kalau kita mengulek, bumbu menyatu lebih bagus, dan minyak itu flavournya, kalau mau pakai blender harus ditumis dahulu sedikit, sudah keluar minyaknya baru diblender, kalau tidak, tidak akan keluar minyaknya dan kalau sudah lembut maka blender lebih gampang," tuturnya.

Tak hanya itu saja dengan menggunakan ulekan maka aroma dari batu maupun kayu yang ada pada ulekan semakin memunculkan aroma yang berbeda. "Ada unsur batu maupun kayu yang digunakan dalam ulekan, kalau dalam jumlah banyak, rasa tidak bisa dicoba dengan memakai blender maupun pakai ulekan. Kalau soal hancur atau tidak? itu semua tergantung jenis masakan, ada yang halus, dan masih kelihatan bumbunya, seperti balado harus kelihatan, tapi semua kebanyakan halus," tutupnya.
 
iya ya pantas saja masakan ibuku di kampoung lezat banget, pake ulegan
 
tapi masalhnya klo pake ulekan tenaga banget... klo blender mah praktis
 
y6a emang kata emak gua juga masak pake ulekan jauh lebih enak daripada di giling tau
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.