Beli Manfaatkan Fasilitas Mobil Pengganti Saat Mengajukan Klaim Asuransi

MakinYakin

IndoForum Newbie F

Perusahaan asuransi tidak lagi perang harga. Artinya, mereka tidak hanya menarik calon pelanggan dengan cara menurunkan premi asuransi. Agar semakin banyak yang membeli polis asuransi mobil, mereka memberikan pelayanan yang jauh lebih lengkap.

Salah satunya adalah layanan berupa mobil pengganti. Ini merupakan mobil yang bisa Anda gunakan selama mobil Anda diperbaiki di bengkel.
Pelayanan ini sangat dibutuhkan bagi orang yang mobilitasnya tinggi. Mereka tidak bisa lepas dari alat transportasi sendiri. Maka dari itu, mereka butuh mobil pengganti.

Mungkin Anda juga tipe orang yang seperti itu. Jadi, sangat tepat jika Anda memilih asuransi mobil yang memberikan layanan seperti ini.

Tidak Semua Perusahaan Asuransi Menyediakan Mobil Pengganti
Harus Anda catat. Tidak semua perusahaan asuransi memberikan layanan berupa penyediaan mobil pengganti. Secara umum, perusahaan asuransi hanya memberikan perlindungan dari kecelakaan, terorisme huru-hara, bencana alam, dan lain sebagainya. Untuk mobil pengganti, hanya beberapa perusahaan asuransi saja yang menyediakan.

Mengapa demikian? Ini berhubungan dengan budget. Ada kekhawatiran jika pada suatu ketika banyak sekali pengajuan klaim. Dan itu artinya mereka harus menyediakan banyak mobil pengganti. Jika mereka merasa tidak yakin untuk menyediakan mobil pengganti sebanyak itu, mereka memutuskan untuk tidak menyediakan layanan semacam ini.

Maka dari itu, biasanya hanya perusahaan asuransi besar dan yang sudah berpengalaman yang memberikan pelayanan ini. Bahkan, ada juga yang memberikan layanan lain seperti bantuan hukum jika mengalami tabrakan dengan mobil lain dan Anda harus bersidang.

Apakah Ada Biaya Tambahan?
Ini pertanyaan yang sering ditanyakan. Sebenarnya, ini gratis. Hanya saja, Anda harus tahu. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda harus membeli polis asuransi mobil yang preminya sedikit lebih mahal. Namanya juga ada layanan ekstra. Tentu ada biaya yang harus Anda tambahkan.

Berapakah itu? Tidak mahal. Apalagi namanya premi itu dibayarkan setiap tahunnya. Jadi, sangat ringan. Biaya tersebut dimasukkan ke dalam premi asuransi yang Anda bayarkan setiap tahunnya.

Untuk mengetahui besaran biaya premi mobil Anda, kunjungi saja www.cekpremi.com. Di sana Anda bisa melakukan simulasi. Ada kalkulator penghitungan premi asuransi. Masukkan saja data mobil Anda. Lalu, Anda akan mendapatkan angka berupa premi asuransi yang harus Anda bayarkan.

Di situs itu juga, Anda bisa mengajukan asuransi secara online. Setelah Anda menghitung premi asuransi, Anda tidak perlu cari polis asuransi mobil di tempat lain. Langsung saja isi formulir lalu lakukan pembayaran. Dalam hitungan menit, mobil Anda sudah Anda asuransikan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Mobil Pengganti
Layanan mobil pengganti ini sangat penting bagi Anda yang mobilitasnya tinggi. Bayangkan jika mobil Anda harus diperbaiki akibat kecelakaan. Sementara mobil Anda di bengkel, Anda butuh mobil, kan? Mungkin Anda akan menyewa. Berapa biaya sewa yang harus Anda keluarkan.

Anggap saja biaya sewa mobil satu hari itu Rp 400.000. Kalikan saja berapa hari Anda menyewa. Padahal, sering kali bengkel butuh waktu hingga 5 hari dan bahkan lebih untuk memperbaiki. Lama perbaikan tergantung kerusakan.

Sementara itu, jika ada fasilitas mobil pengganti dari pihak asuransi, Anda tidak perlu sewa. Mobil pengganti tersebut gratis.

Akan tetapi, Anda tidak bisa pilih-pilih. Memang seharusnya Anda mendapatkan mobil pengganti yang sama dengan mobil Anda. Akan tetapi, jika pada waktu itu banyak yang mengajukan klaim, Anda sebaiknya menerima saja mobil pengganti seperti apa yang diberikan oleh perusahaan.

Ada baiknya ketika Anda mengajukan polis asuransi mobil Anda baca surat perjanjian secara mendetail. Apakah mobil pengganti sama dengan mobil Anda? jika ya, Anda bisa meminta perusahaan asuransi untuk mencarikan mobil pengganti yang sama. Biasanya, perusahaan akan menyewakan mobil sesuai dengan mobil yang Anda miliki.
Selain itu, ada satu hal yang juga perlu Anda pahami. Perusahaan asuransi memberikan waktu tertentu. Ini yang perlu Anda tanyakan ketika pertama kali membeli polis asuransi mobil. Berapa hari mobil pengganti yang bisa Anda gunakan.

Tak jarang mobil belum selesai diperbaiki di bengkel namun jatah penggunaan mobil pengganti sudah berakhir. Jika Anda menggunakan mobil pengganti melebihi waktu yang ditetapkan, Anda akan dikenakan charge. Anda dianggap menyewa mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tanyakan kepada pihak bengkel. Berapa hari yang diperlukan untuk perbaikan. Usahakan agar bengkel tetap waktu. Lalu, inforamasikan kepada pihak asuransi tentang lama waktu perbaikan yang diperlukan oleh bengkel. Lakukan negosiasi agar selama itu pula Anda bisa menggunakan mobil pengganti.
Nah, sekarang sudah jelas kan mengenai fasilitas mobil pengganti?

Layanan ini sangat bermanfaat. Sama halnya dengan layanan lain seperti layanan mobil derek. Ketika mobil Anda mengalami kecelakaan, yang pertama Anda butuhkan adalah mobil derek. Jangan sepelekan hal ini. Karena butuh biaya juga untuk mendapatkan jasa mobil derek. Sementara itu, jika perusahaan asuransi menyediakan layanan mobil derek, Anda tidak perlu bayar sepeserpun.

Untuk itu, perhatikan betul-betul layanan apa saja yang diberikan. Mungkin ini membuat premi asuransi mobil sedikit lebih mahal. Namun, bandingkan dengan potensi kerugian yang mungkin Anda keluarkan. Hitung juga biaya mobil derek dan biaya untuk menyewa mobil ketika mobil Anda rusak.

Itulah beberapa hal yang perlu juga Anda pertimbangkan ketika membeli polis asuransi mobil. Sebaiknya jangan hanya asal memilih karena premi asuransinya paling murah. Percuma saja Anda membayar asuransi mobil yang murah tapi pelayanannya kurang bagus. Bukannya Anda menghemat uang. Justru sebaliknya. Anda bisa saja harus rugi banyak.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top