Politik Malaysia Serukan Penahanan Diri dalam Sengketa Maritim dengan Singapura

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 8 Dec 2018 at 15:13.

  1. politik

    politik IndoForum Beginner C

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    732
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Malaysia telah menyerukan penahanan diri dalam sengketa maritim dengan Singapura, yang ditolak oleh Singapura. Singapura menyatakan bahwa pihaknya ingin membahas masalah ini secara konstruktif dengan Malaysia, namun enggan untuk menahan diri dari mengirim aset ke wilayah yang disengketakan.

    Oleh: Channel NewsAsia

    Malaysia telah mengusulkan ke Singapura agar kedua negara “berhenti dan menahan diri” dari mengirim aset ke dalam apa yang disebut “wilayah yang disengketakan”, dimulai pada tengah malam tanggal 8 Desember, Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengatakan pada Jumat (7/12).

    “Tindakan untuk menahan diri akan dilakukan tanpa mengurangi posisi Malaysia atau Singapura terkait klaim batas maritim atas wilayah yang bersangkutan,” tambahnya dalam sebuah pernyataan pers.

    Kementerian Luar Negeri Singapura menolak proposal tersebut, dan menyatakan bahwa pihaknya tetap siap untuk membahas masalah ini.

    “Singapura tetap siap untuk membahas masalah ini dengan Malaysia secara konstruktif dalam semangat melestarikan hubungan bilateral kami yang penting,” kata Kementerian Luar Negeri Singapura dalam sebuah pernyataan kepada media, pada malam yang sama.

    “Namun, Singapura tidak setuju dengan proposal Malaysia agar kedua negara berhenti dan menahan diri dari mengirim aset ke wilayah yang disengketakan.”

    Dalam pernyataannya, Saifuddin mengatakan bahwa Malaysia telah mengusulkan pertemuan dengan Singapura untuk menyelesaikan sengketa maritim antara kedua negara.

    “Ini adalah harapan pemerintah Malaysia bahwa pertemuan itu bisa diadakan pada pertengahan bulan ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa proposal itu dikomunikasikan melalui Komisaris Tinggi Singapura untuk Malaysia.

    Pernyataan Malaysia itu muncul tak lama setelah Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, memperingatkan kapal-kapal pemerintah Malaysia di perairan Singapura untuk meninggalkan daerah itu.

    Terdapat 14 gangguan oleh kapal-kapal pemerintah Malaysia di perairan teritorial Singapura dalam dua minggu terakhir, kata Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan dalam sebuah arahan media pada Kamis (6/12).

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG