Makanan Ini Bisa Atasi Ciri Ciri Mata Minus

sehatq

IndoForum Newbie C
Punya penglihatan yang sehat dan jelas adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, gaya hidup yang tidak sehat dan faktor genetik kadang bisa menyebabkan kemampuan seseorang melihat menjadi berkurang. Myopia, atau lebih dikenal dengan mata minus, adalah kondisi penglihatan di mana seseorang tidak dapat melihat obyek jarak jauh dengan jelas. Kondisi ini merupakan kondisi yang lazim ditemukan. Ciri ciri mata minus adalah obyek dekat terlihat jelas, namun obyek jauh terlihat buram atau kabur. Ciri-ciri lain mata minus termasuk sakit kepala dan mata terasa lelah atau pedih karena ketegangan mata. Agar mata sehat, gaya hidup sehat sangat diperlukan. Anda juga bisa memasukkan beberapa makanan berikut ini ke dalam menu diet Anda.

Makanan-makanan Terbaik Untuk Mata yang Sehat

Walaupun Anda memiliki ciri ciri mata minus, tidak perlu khawatir karena nutrisi berikut dapat menyehatkan mata Anda. Beberapa organisasi seperti Asosiasi Optometrik Amerika dan Akademi Opthalmology Amerika terus merekomendasikan makanan-makanan kaya nutrisi berikut agar mata Anda tetap sehat. Beberapa makanan tersebut di antaranya adalah:

  • Ikan
  • Ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 yang baik. Ikan berminyak adalah ikan yang mengandung minyak di dalam perut dan jaringan tubuh. Sehingga, mengonsumsi ikan-ikan tersebut dapat menyediakan asupan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tinggi. Beberapa ikan yang kaya omega 3 adalah tuna, salmon, mackerel, dan sardine. Beberapa studi menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mengatasi mata kering yang disebabkan karena memandang layar komputer dalam waktu lama.
  • Kacang dan Polong-polongan
  • Selain kaya omega 3, kacang juga mengandung banyak vitamin E yang dapat melindungi mata dari masalah-masalah yang disebabkan oleh faktor usia. Jenis kacang yang baik untuk mata adalah walnut, kacang Brazil, dan kacang cashew.
  • Buah Sitrus
  • Buah sitrus kaya akan vitamin C. Seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan direkomnedasikan oleh AOA untuk melawan kerusakan mata yang disebabkan oleh usia. Beberapa jenis buah sitrus yang harus Anda konsumsi untuk memeiliki mata sehat di antaranya adalah lemon, jeruk, dan jeruk bali.
  • Wortel
  • Wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang memberikan wortel warna jingganya. Vitamin A memiliki peran yang penting dalam penglihatan karena vitamin ini merupakan komponen sebuah protein yang bernama rhodopsin, yang membantu retina untuk menyerap cahaya.
  • Telur
  • Telur merupakan makanan yang mengandug lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi risiko hilangnya penglihatan akibat usia. Selain itu, telur juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan zinc.
Pencegahan Mata Minus Apakah Mungkin?

Sayangnya, Anda tidak bisa mencegah kondisi mata minus. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan Anda bisa memperlembat perkembangannya. Untuk terus melindungi mata, Anda harus memeriksakan kesehatannya dengan teratur. Selalu gunakan lensa korektif yang diresepkan oleh dokter mata Anda. Selain itu, pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Anda juga perlu beristirahat terutama setelah melakukan pekerjaan yang mendetail, seperti membaca ataupun melihat ke layar komputer terlalu lama. Pastikan Anda mengobati atau mengatur kondisi kesehatan kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Hidup sehat juga penting untuk memperlambat proses myopia. Misalnya, makan makanan sehat seperti buah, sayuran, dan asam lemak omega-3 serta hindari merokok. Apabila Anda memiliki ciri ciri mata minus seperti pandangan yang buram, hubungi dokter mata Anda sesegera mungkin.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top