• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[MAITREYA] Renungan Hari Ini

"oh, yes." said the Indian. "I know what my conscience is. It is a little three-cornered thing in here." - he laid his hand on his heart, - "that stands still when I am good. But when I am bad, it turns around, and the corners hurt very much. But if I keep on doing wrong, by and by the corners wear of and it doesn't hurt any more."

Weapons and Workers​


@@ Ai...ai...
dan memang hati kita tidak segitiga sempurna lagi.....,
..
.
 
Kala merenung ke masa silam....sesal terasa menjadi kaum FREE THINKER
Namun itu sudah berlalu....di tempat ini berjodoh memperoleh Mestika
Walau hanya mengerti sedikit tentang prahala hidup...namun itu cukup
dan sangat cukup tuk melanjutkan kehidupan baru dgn warna yg berbeda

Di sini daku bernaung melangkah menuju kebahagiaan
Mendapat 1 petunjuk dari Guru Sejati....
Mendapat 1 wejangan yg seolah menjawab semua kegundahan hati
Yaitu : Chen Siong ...Yau kai Pien ming Ie pu yong chiu...tan se siu te hao
Pan Te hao...na ming ie huei kai pien ce ci.Siu Tao PAN tao pu yau li ghai liang ke se ..1.Pu yau li ghai fo thang 2.Pu yau Li ghai Cing.
<suadara Tan ..ingin merubah nasib/suratan jgn hanya berdoa/memohon,\
namun membina diri dgn baik dan memberitakan Tao dgn baik,dgn sendirinya perjalanan hidup/nasib akan berubah.Siu Tao Pan Tao jgn meninggalkan 2
hal yaitu :1.Jangan meninggalkan wadah/vihara/rumah ibadah
2.Tidak meninggalkan kitab suci.
Siraman Dharma yg singkat terasa menggugah hati ..jauh berbeda dgn ribuan
Dharma yg pernah Daku terima sehingga MUAK rasanya.
Ternyata semua sebab akibat itu datang dari diri sendiri...bukan faktor lainnya

Sie-Sie Lao Mu Ta Che Ta Pei....
 
@ taneda... tambah 1 lagi... jgn meninggalkan pendahulu....^^ pu yao li khai chien sien.
 
Jangan berharap, jangan memuji, jangan merasa menemukan...karenanya merupakan biangnya rasa kecewa. Just be your self. Do the best. dan lupakan tentang nasib, tentang berubahnya nasib.
Biarlah diri berubah menjadi lebih dewasa dan lebih bisa menerima hal2 yg sulit. dengan demikian semua hal2 yg baik memiliki tempat untuk bermuncul menjadi nyata.
 
semua hal yg baik dan yg buruk hanyalah hasil dari Karma. karenanya batin harus cukup berani menghadapi dan menerima semua hal2 yg buruk tanpa melarikan diri.

Itulah sebabnya , kita tidak boleh hanya mau menanjak tinggi2 dan tidak mau turun. Jika hal2 yg buruk memaksa kita turun maka kita harus turun dengan kepala dingin sambil berintropeksi diri.

sesungguhnya naik tinggi maupun turun rendah2 hanyalah sebuah fenomenal illusi saja. jika ada orang yg dapat melihat illusi ini maka dirinya sudah mendekati SANG JALAN. :D
 
Surat dari Ayam

Maafkan aku kalau tulisanku ini mengganggumu. Aku sendiri juga tidak yakin apakah benar menulis surat ini atau tidak. Tapi, kupikr, jika surat ini tidak pernah ada, mungkin tidak akan lagi ada kesempatan. Dengan tulisan ku yang berantakan ini ha.. ha.. kamu menyebutnya cakar ayam, semoga masih bisa terbaca, aku memberanikan diri.

Masih teringat, tiap pagi kamu selalu telat bangun. Sulit sekali untukmu bangun pagi. Sering kali kamu tidak sarapan, langsung saja berangkat. Lihat saja, badan kamu jadi kurus begitu. Tahukah kamu? Aku sangat sedih. Aku bertekad berbuat sesuatu untukmu. Tiap pagi aku akan bangun pagi-pagi, aku akan teriak terus sampai kamu bangun. Sering kali, tenggorokanku sakit, suaraku hilang, tapi aku tetap berusaha teriak sampai kamu bangun. Sekarang mungkin kamu harus berjuang sendiri,
maafkan aku, aku tidak bisa lagi membangunkanmu.

Kata dokter, telurku banyak mengandung protein. Aku begitu bahagia bisa
memberikan sesuatu dari diriku untukmu. Memang aku sulit sekali menerima ini, aku begitu sulit bertelur dengan harapan dapat anakku dapat segera menetas. Tapi sepertinya harapan itu tidak akan pernah terwujud. Setidaknya aku bisa melihatmu sehat karena telurku. Aku tidak pernah menyesal, karena aku mengasihimu, aku sangat mengasihmu.

Akhir-akhir ini, aku merasa aneh, daging pada tubuhku terasa membengkak, terutama bagian pahaku. Aku mulai bertanya kapan aku terakhir fitness. Tapi rupanya itu bukan hasil fitnessku selama ini, kamu telah melakukan sesuatu padaku. Seingatku sering kali aku tertusuk jarum yang tajam dan setelah itu, terasa ada carian yang masuk ke tubuhku. Pertama-tama kukira dengan badanku seperti ini, kamu ingin aku jadi atlit binaraga. Aku begitu bahagia, kamu begitu memperhatikanku. Ketika aku diangkut ke truk bersama teman-temanku, aku masih berpikir aku akan pergi ikut turnamen binaraga. Aku begitu bahagia berpikir bisa membawa pulang piala buatmu sampai aku sadar tempat apa yang kami tuju. Aku melihat teman-temanku sudah terkapar, darah mengucur dimana-mana, mereka sudah tidak beryawa. Teriakanku tertahan, Ini bukan gedung turnamen, ini adalah rumah jagal. Akhirnya
aku mengerti, ternyata aku disuntik supaya dagingku besar, kamu akan
menikmati dagingku. Tapi semua itu sudah terlambat. Aku takut sekali, aku ingin lari keluar tapi aku tak bisa, aku tak berdaya.

Satu-persatu temanku dimasukkan ke dalam sebuah alat yang besar,
teriakan mereka begitu menyayat hati. Aku tahu pasti, sebentar lagi aku akan merasakannya. Aku heran, suara teriakan yang begitu keras, tidakkah itu mengganggumu? Mungkin kamu tidak mendegarnya atau lebih tepatnya tidak mau mendengarnya? Bukankah kita sama-sama mahkluk ciptaan Tuhan? Bukankah dulu kita saling mengasihi? Kenapa kamu berubah begitu cepat? Apakah aku benar-benar tidak bermakna di matamu?

Waktuku sudah hampir habis, sebentar lagi akan tiba giliranku. Sudah tidak ada gunanya lagi aku berbicara terlalu banyak. Ketika kamu membaca surat ini, aku sudah tidak ada lagi di dunia ini. Hmm, mungkin juga aku sudah berada dalam perutmu!

Tapi ada satu hal yang aku ingin sekali kamu tahu, bahwa aku masih mengasihmu, saudaraku. Aku doakan semoga kamu bisa hidup bahagia denga kasih. Semoga pengorbananku ini bermakna bagimu. Aku masih terus menantikan hari dimana kita bisa hidup bersama, saling mengasihi. Mungkinkah hari itu akan tiba?
 
ajaran sang Buddha Maitreya mengutamakan cinta kasih, dan berdasarkan hati nurani.
Jika kita tidak mau disakiti, maka janganlah kita menyakiti makhluk lainnya.
karena setiap makhluk hidup seperti kita juga mendambakan keselamatan dan takut akan kematian.
 
lebih tepat , setiap org mendambakan kebahagiaan. Dan kebahagiaan itu adalah berakhirnya penderitaan. Berakhirnya pencarian. Berakhirnya keinginan2. Berakhirnya kemelekatan.

Keselamatan adalah bagian dari ingin rasa aman. Berilah rasa aman kepada semua orang sebagai wujud dari adanya metta dan karuna dari diri kita.
 
Hidup adalah bunga Mawar

Hidup dapat diibaratkan seperti bunga mawar—bunga
yang indah namun berduri pada tangkainya.
Bagi orang yang optimis akan menganggap bahwa dunia ini dipenuhi mawar.
Bagi orang yang pesimistis akan menganggap bahwa hidup ini dipenuhi dengan duri.
Bagi orang yang realistis, tidak akan melihat hidup ini hanya dari mawar atau durinya saja.
Akan tetapi, ia memandang hidup ini diisi oleh mawar-mawar yang indah bersamaan dengan
duri-duri yang tajam.
Ia akan memandang bunga mawar apa adanya (ia mampu melihat kenyataan baik dan buruk
yang datang silih-berganti).
 
apa sih bedanya i kuan tao sama buddha maitriya?
 
^^
Ini Thread renungan.....
Pertanyaan anda sudah terjawab di thread-thread lama...silahkan search......

Semoga anda berbahagia.....
 
saat masih awal2....tidak ada motivasi, tak bersemangat karena tak memahami dan tak mengerti. Setelah mengerti menjadi sangat bersemangat, setelah sangat bersemangat berselang lama, akhirnya kembali sepertinya biasa2 saja. Apakah itu tindakan bersemangat ? Apakah itu tindakan rasa biasa2 saja ? Ketika menyadarinya...tidak ada sesuatu pun yg berarti. Hanya melakukan yg menyangkut gerak hati. Tak ada ambisi...tak ada yg mau dibanding2kan dengan yg lain. Akhirnya hanya melihat org2 lain justru sangat bersemangat ini dan itu.

Dan diri hny bs tersenyum.....
 
Saat hati nurani telah menjadi pengendali, sebenarnya kehidupan material dan spiritual adalah satu dan sama. Kehidupan material yang meninggalkan hati nurani adalah senjata kejahatan yang mengerikan, sedangkan kehidupan spiritual yang meninggalkan hati nurani akan membuat manusia semakin sesat dan jahat, mencelakai diri dan orang lain.
 
Kita semua harus menyadari kalau yang tidak berubah di dunia ini hanyalah "Perubahan".

*sebab setiap waktu semuanya berubah.
 
Saat hati nurani telah menjadi pengendali, sebenarnya kehidupan material dan spiritual adalah satu dan sama. Kehidupan material yang meninggalkan hati nurani adalah senjata kejahatan yang mengerikan, sedangkan kehidupan spiritual yang meninggalkan hati nurani akan membuat manusia semakin sesat dan jahat, mencelakai diri dan orang lain.

boleh tau... pengertian hati nurani itu apa ? >:D<
 
@akiong.....
yg di tuju itu gak kan menjawab lagi...soalnya dah lama gak aktif di IF
Biasanya dia garang tuh di FA
 
Kita sering mendengar istilah hati nurani , kemudian kita juga mendengar istilah nurani saja. Apakah ini berbeda ?

Ada sedikit berbeda berdasarkan istilahnya tetapi secara umum tidak membedakan makna nya , jadi dianggap sama agar umat Maitreya tidak bingung menggunakan istilah ini.

Hati Nurani ini terdiri dari 2 suku kata yakni Hati dan Nurani.

Apa itu Hati ? Ini bukan berarti lever atau jantung. Hati adalah pusat perasaan atau dikatakan sebagai Khanda vedanna.

Nurani adalah Thien Ming / watak sejati / Kehendak Sang Pencipta .... inikita merujuk pada perkataan mencius : Thien Ming ze wei xing ...Kehendak Thien berwujud watak sejati manusia. Watak ini ada 5 unsur yakni : Kasih , Adil , Moral , Bijak dan Jujur.

Kehendak Thien /Sang Pencipta ( kita tidak menggunakan istilah Tuhan.) berwujud dalam 5 sifat kwalitas pikiran murni. Apa maknanya di balik itu ?

Ini adalah sebuah blue print Sang Pencipta atas evolusi manusia. Ini arah nya evolusi manusia.

Di sini dapat kita ketahui bahwa evolusi manusia bukan menjadi sakti , bukan bisa melihat dimensi-dimensi , bisa pergi ke alam2 lain atau bisa memiliki kemampuan supranatural yang mana bisa mengukur siapa yang lebih tinggi dan siapa yg lebih rendah. Kesemua itu bukan jalur evolusi manusia. Karenanya Jalan lain selain mengembangkan Nurani adalah jalan sesat.

Lebih hebat pun kita membina diri hingga menyamai kesaktian para samma sambudha pun itu tetap merupakan jalan yang sesat kalo kesadaran Nurani tidak bangkit.

Kecuali kita memiliki kemampuan supranatural yang sangat hebat dan kesadaran Nurani juga berkembang .

Kenapa Sang Pencipta menitipkan 5 unsur kedalam jiwa kita ? Ini supaya kita bisa mengatasi Dukha dari anicca dan merasakan kebahagiaan dalam anicca. dengan demikian tidak ada samsara di dalam anicca.

Ini sangat berbeda dengan jalan yang memutuskan nadi kehidupan secara total agar terbebas dari Dukha samsara.

Sang Pencipta menciptakan sistem dan hukum semesta agar kita berevolusi dari kesadaran yang paling primitif menuju Kesadaran Nurani. Evolusi kesadaran Nurani adalah puncaknya.

Nurani ini ada di dalam diri kita semua dan ada di semua mahluk .

Kita kembali pada Hati Nurani. Ini adalah gabungan dua unsur yakni Nurani dan Perasaan.

Apa fungsi perasaan ? Perasaan bukan hanya merasakan suka dan tidak suka.

Di sini , fungsi perasaan memegang peranan yang sangat penting pada kemunculan Nurani pada diri kita.

Perasaan dipakai untuk mengetahui benar atau salah pada setiap pikiran kita. Juga untuk mengetahui benar atau salah tindakan kita yg lampau juga pada tindakan yg akan kita lakukan.

Hati Nurani adalah Perasaan yang terhubung dengan Nurani. Di sini terlihat perbedaannya ,tetapi dalam praktek penjelasan sehari-hari tidak berbeda dengan nurani.

Apa itu Perasaan yang terhubung dengan Nurani ?

Perasaan ini membandingkan setiap pikiran , tindakan atau apa saja dengan Kehendak Illahi sang pencipta / dengan Nurani kita.

Hati Nurani ini sebenarnya perasaan yang maha benar. Karena perasaan ini membandingkan segala sesuatu kepada kehendak sang pencipta. Dan Kehendak Sang Pencipta adalah kebenaran tertinggi atau maha benar.

Bagaimana menggunakannya ? Kita menggunakan kesadaran kita menuju perasaan kita yang terkonek / terhubung dengan Nurani. Kesadaran ini kita sebut Kesadaran Nurani.

Ketika Kesadaran Nurani bekerja , maka hati Nurani bekerja dan hasilnya kita tahu mana yang benar dan salah. Yang benar adalah sesuai dengan Hati Nurani. (sebenarnya sesuai dengan nurani )

Seperti apa jika Tidak sesuai dengan Hati Nurani ( berarti salah ) ?

Kita akan merasa tidak enak jika itu tidak sesuai dengan Hati Nurani. Semakin tidak sesuai , kita semakin gelisah bahkan kita bisa sesak di dada jika kelewat batas toleransi tidak sesuai nya.

Seperti apa jika sesuai dengan hati Nurani ( berarti benar ) ?

Kita akan merasa nyaman dan enak dan jika tindakan itu sangat benar , kita merasa bahagia dan nikmat. Semakin sesuai dengan kehendak Illahi sang pencipta , maka semakin nikmat dan bahagia.

Dalam menjalankan evolusi diri kita sendiri , Kita tidak menggunakan pendapat manusia tentang apa itu benar dan salah. Tetapi berpedoman pada sesuai atau tidak sesuai dengan kehendak Illahi sang pencipta. Ini adalah puncak evolusi mental kita di penghujung zaman munculnya Maitreya.

Jalan yang menyimpang dari kebangkitan Nurani dan hati Nurani adalah jalan sesat , se sakti apapun tidak ada gunanya.



Hati Nurani adalah rasa yang menuntun pada benar atau salah. Perasaan biasa adalah rasa yang menuntun pada suka atau tidak suka.

Kesadaran Nurani adalah kesadaran yang menghubungkan Perasaan ke Nurani dan terbentuklah Hati Nurani.


 
Sejarah Yi Guan Dao/ Maitreya -MLDD

Patriat Kedelapan Luo WeiQun 羅蔚群 adalah ‘ Mind Maker’ yang embrio terbentuknya Agama Yi Guan Dao / MLDD zaman sekarang.

Luo WeiQun 羅蔚群 mendapatkan Tian Ming天命 langsung dari LaoMu (jadi bukan melalui guru perantara) namun ia terlalu buru-buru membocorkan rahasia Langit dan ingin cepat-cepat mendirikan bumi sukhavati Maitreya di muka bumi ini sehingga ia telah melanggar Tian Ming天命 itu.

Konsep Qiudao sebagai pembebas samsara, konsep Sanbao 三寶 (Pintu Suci /Xuanguan 玄關 - Lima Kata Suci / Mantra Suci / Koujue 口訣 - Mudra Suci / Hedong 合同), iman akan Budai Heshang 布袋 和尚 sebagai Milezushi 彌勒 祖師, iman akan Laomu sebagai Bunda semua Buddha, iman mengenai Sanyang 三陽 / Tiga Pancaran (Hijau, Merah, Putih), iman mengenai penyelamatan Triloka, semuanya itu muncul di era Luo WeiQun 羅蔚群 yang kemudian ajarannya lebih dikenal sebagai agama/ajaran Luo alias LUO JIAO 羅教. Dan kini lebih populer disebut sebagai Laomu Jiao alias agama/ajaran Laomu. Sebuah istilah umum dalam komunitas Chinese di Jakarta maupun di daerah untuk Miledadao.

Luo WeiQun 羅蔚群 mengatakan Sesepuh Keenam Hui Neng 慧能.menurunkan ajaran pada Sesepuh Bai 白 Patriah ke 7 ..Pai Yi Chan & Ma 馬 sebagai Dwitunggal Sesepuh Ketujuh lalu Luo WeiQun 羅蔚群 mengklaim dirinya menerima Tian Ming 天命/ Firman Tuhan sebagai Sesepuh Kedelapan. Di sinilah silsilah Yi Guan Doa / MLDD mulai ada. Dikatakan bahwa silsilah ini adalah dari Lao Mu.

Luo WeiQun 羅蔚群 menyebarkan ajaran yang mengatakan bahwa ada Tuhan Pencipta Semesta bernama Lao Mu yang merupakan Bunda semua Buddha. Lao Mu akan membawa kembali anak-anak Nya ke sisiNya melalui seorang Buddha yang diutusNya..

Luo WeiQun 羅蔚群 mengatakan Buddha Sakyamuni telah mundur dan sebagai gantinya Buddha Maitreya memegang kendali langit, Dao 道 [Jalan Kebenaran/Ketuhanan] yang luhur diwariskan pada umat perumah tangga dan diajarkan secara rahasia. Buddha Maitreya diutus LaoMu menyelamatkan manusia dari samsara sekaligus akhir zaman.

Luo WeiQun 羅蔚群 membagi sejarah orang suci menjadi 3 periode pancaran yakni Pancaran Hijau, Merah dan Putih. Periode Pancaran Putih yang dipimpin Buddha Maitreya ini merupakan periode akhir zaman yang menurut Luo WeiQun 羅蔚群 dunia akan kiamat pada periode ini. Orang awam ditakut-takuti dengan kiamat agar mau menjadi pengikut Luo WeiQun 羅蔚群.

Luo WeiQun 羅蔚群 membuat peraturan yang mewajibkan umat yang masuk menjadi anggota mereka harus mengucapkan sumpah di depan rupang/patung/arca Buddha dan pelita Laomu. Isi sumpah itu antara lain adalah:
-Seorang tidak boleh memiliki hati pura-pura dan maksud palsu (xu xin jia yu)
-Seseorang tidak boleh mundur ketika diminta untuk maju (tui suo bu qian)
-Seseorang tidak boleh membocorkan rahasia Langit/Tuhan (xie luo tian ji)

Bila setelah menjadi anggota berbalik menjadi pengkhianat Dao, maka akan menerima hukuman dari Tuhan dengan disambar lima jenis petir (Lei 雷) dan selamanya tak terbebas dari alam neraka.


Luo WeiQun 羅蔚群 berhasil menggalang pengikut dalam jumlah besar , kemudian Luo WeiQun 羅蔚群 dan pengikutnya untuk melancarkan pemberontakan terhadap Dinasti Ming 明 korup yang saat itu diperintah Zhu Houcong 朱厚熜 bergelar Ming Shizong 明世宗. Pemberontakan itu gagal dan Luo WeiQun 羅蔚群 berhasil ditangkap serta dihukum mati pemerintah tahun 1527 dengan cara ditarik lima kuda hingga tubuhnya terpisah menjadi lima bagian.



----------------------------------------------------------------------

Catatan kecil :

Luo Wei Qun羅蔚群 lahir tahun 1442, saat itu China telah menjalankan kebijakan politik menutup diri dari pengaruh dunia luar. Angkatan Laut Dinasti Ming 明 yang sebelumnya sangat disegani (dengan ekspedisi ke Asia Tenggara (1405-1433) di bawah pimpinan Zheng He 鄭和 [baca: Cheng Ho], dari etnis Hui, yang turut membantu penyebaran agama Islam di Indonesia), malah diperkecil. Padahal kapal Dinasti Ming kira-kira 20 kali lebih besar daripada kapal Columbus, dan kapal Dinasti Ming sudah mendarat di benua Amerika (pesisir barat) jauh hari sebelum Columbus mendarat di benua Amerika (pesisir timur).

Great Wall / Tembok China / Changcheng 長城 selesai dibangun pada era ketertutupan ini yang jelas-jelas mencerminkan betapa penguasa Dinasti Ming ingin menutup pintu dari pengaruh asing. Kemunduran dalam kebijakan militer dan politik luar negeri ini kemudian membawa dampak buruk bagi Dinasti Ming. Di dalam negeri mulai muncul koruptor-koruptor / penjilat-penjilat kekuasaan yang menindas rakyat kecil. Gelombang ketidakpuasan melanda seluruh negeri China.

Jadi tak aneh bila keinginan Luo Meng Hong 羅夢鴻 yang memiliki nama Taoist Luo Wei Qun羅蔚群 untuk menggulingkan Dinasti Ming mendapat dukungan dari rakyat kecil. Walaupun Luo Wei Qun 羅蔚群 sudah sangat tua waktu melancarkan pemberontakan (80-an tahun) namun bagaimanpun juga Luo Wei Qun 羅蔚群 sudah sangat terkenal dengan buku-buku agama yang ditulisnya dengan nama samaran Luo Qing 羅清. Tahun 1509 buku yang ditulis Luo Qing 羅清 mengenai agama/ajarannya pertama kali beredar luas (referensi: Gregory Scott 2005, Heterodox Religious Group and The State in Ming-Qing China).

Suatu kebetulan bahwa nama samaran Luo Wei Qun羅蔚群 yaitu Luo 羅 Qing 清 adalah sama dengan nama Dinasti Qing 清. Dugaan saya, kalaupun Luo Wei Qun berhasil menggulingkan Dinasti Ming明 dia akan memakai nama Qing 清 untuk dinastinya. Qing itu sendiri artinya jernih, murni, bersih. Nampaknya Luo Wei Qun kecewa dengan pemerintahan kala itu yang penuh dengan koruptor dan penjilat kekuasaan.

Manchuria (Chinese: Manzhou 滿州 adalah sebuah wilayah yang luas yang meliputi provinsi Liaoning 遼寧 (Ketentraman-Liao), Jilin吉林 [baca:Cilin] (Hutan-Sukacita), dan Heilongjiang 黑龍江 (Sungai-Naga-Hitam) di masa kini. Suku Jürchen (Chinese: Nüzhen女真) dari bangsa Manchuria, ketika pertama kali berhasil merebut Beijing 北京 mula-mula ingin menamakan dinastinya sebagai Dinasti Jin金 [baca: Chin] atau Emas karena mereka memang berasal dari kerajaan Jin 金 di Manchuria. Namun entah mengapa kemudian mereka memilih nama Qing 清 untuk dinasti yang kelak menguasai seluruh Zhongguo.

Tahun 1644, tentara Manchuria berhasil masuk ke ibukota Beijing setelah Jenderal Ming Wu San Gui 吳三桂 [baca: Wu San Kui] membuka sebuah pintu gerbang di Tembok China tepatnya pintu gerbang Shanhaiguan 山海關 dan meminta bantuan raja Jin金 Manchuria yaitu Aisin Giorro Fulin / 愛新覺羅福臨 Aixin Jueluo Fulin untuk bersama-sama menumpas pemberontakan Li Zi Cheng李自成 [baca: Li Ce Cheng] yang telah berhasil menguasai dan menjarah sebagian besar Beijing bahkan mengakibatkan Kaisar Dinasti Ming 明 - Zhu Youjian 朱由檢 [baca: Chu You Cien] bunuh diri di istananya. Li Zi Cheng memang berhasil diusir oleh pasukan gabungan Wu San Gui dan Aisin Giorro Fulin, namun sebagai gantinya justru orang kerajaan Jin金 Manchuria yang akhirnya menguasai seluruh Zhongguo/Tiongkok secara bertahap.

Ajaran/buku-buku Luo Wei Qun 羅蔚群 alias Luo Qing 羅清 ini kelak mempengaruhi pemberontakan Bailian 白蓮 / White Lotus / Teratai Putih pada masa Dinasti Qing 清.

Pemberontakan Bailian berusaha mendirikan kembali Dinasti Ming 明 dengan menggulingkan Dinasti Qing 清. Padahal dulu, Luo Wei Qun mungkin malah menginginkan kebalikannya: menggulingkan Dinasti Ming明 dan mendirikan Dinasti Qing 清.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Catatan kecil :

Pada masa Wang Jue Yi ( Patriah ke 15 )hidup, Dinasti Qing 清sedang berada dalam titik nadir karena dirongrong pemberontakan dari dalam maupun invasi asing.

PERANG CANDU (1839-1842)
• Setelah pemberontakan Teratai Putih / White Lotus / Bailian 白蓮教(1796-1804), Dinasti Qing 清 [Ching] yang melemah dipusingkan dengan perdagangan candu yang dilakukan Inggris. Impor candu dari India (negara jajahan Inggris) ke Zhongguo中國jauh lebih besar dari pada ekspor Dinasti Qing seperti sutra, keramik, dll. Akibatnya mata uang “perak” Dinasti Qing tersedot keluar dan Dinasti Qing terpaksa memakai mata uang “perunggu”. Selain itu candu merusak generasi muda Zhonghua.

• Dinasti Qing 清memerangi perdagangan candu dan puncaknya terjadi Perang Candu / Ya Pian Zhan Zheng 鴉片戰爭[Ya Pien Chan Cheng] (1839-1842) melawan Inggris. Berawal dari penyitaan candu di provinsi Guangdong 廣東(Maret 1839) yang membuat Inggris menyerang Guang-zhou 廣州(ibukota provinsi Guangdong), Tian-jin 天津 [Tien-cin] dan Nanjing南京(provinsi Jiangsu江蘇 ). Dinasti Qing dikalahkan Inggris dan menandatangani Perjanjian Nanjing / Nanjing Treaty / Nan-jing Tiao-yue 南京條約 (Agustus 1842). Hong-kong (logat Kanton) atau Xiang-gang 香港 [Siang-kang] (logat Mandarin), sebuah pelabuhan di provinsi Guangdong 廣東, dijadikan pampasan perang.

KERAJAAN TUHAN / TIAN-GUO (1851-1864)
• Tahun 1851, Hong Xiu Quan 洪秀全[Hong Siu Cien] di provinsi Guangxi廣西 melakukan pemberontakan yang disebut pemberontakan Tai-ping Tian-guo太平天國 [Tai-ping Thien-kuo] yang berarti “Kerajaan (Guo國) Tuhan (Tian天) Keselamatan / Kedamaian / Ketentraman (Ping平) Agung (Tai太 )”. Hong Xiu Quan mengklaim diri sebagai “Ye su de di di 耶稣 的 弟弟 [Ye su te ti ti]” atau “adik lelaki Yesus” atau “Brother of Jesus” (misalnya seperti Jacob/James).

• Hong Xiu Quan 洪秀全adalah orang yang tidak lulus dalam ujian negara tahun 1837 untuk menjadi pejabat Dinasti Qing dan secara tak sengaja bertemu dengan misionaris Issachar Jacox Roberts dan berkenalan dengan agama Kristen. Tahun 1843, Hong Xiu Quan gagal lagi dalam ujian negara yang membuatnya stress dan kemudian dia mengklaim mendapatkan wahyu dari Yesus Kristus, membentuk pengikut yang jumlahnya semakin membesar hingga mencapai puluhan ribu orang.

• Hong Xiu Qian 洪秀全dan pengikutnya memotong bianzi 辮子 (rambut ekor kuda) mereka sebagai simbol perlawanan terhadap Dinasti Qing dan sebagai pengikut Kristen fanatik Hong Xiu Qian menghancurkan ribuan tempat ibadah Buddha,Tao, dan Konghucu yang dia sebut sebagai “tempat penyembahan berhala”.

• Tahun 1852, pasukan Hong Xiu Quan 洪秀全menuju ke utara/timur laut menguasai provinsi Hunan 湖南, Hubei 湖北, Jiangxi 江西, dan Anhui 安徽, dan kemudian menguasai kota Nanjing 南京 (provinsi Jiangsu 江蘇) bulan Maret 1853 setelah membantai sekitar 30 ribu pasukan Dinasti Qing dan ratusan ribu penduduk Nanjing 南京 .

• Tahun 1853, Nanjing南京dijadikan ibukota Kerajaan Tuhan Keselamatan Agung 太平天國 (Tai-ping Tian-guo) dan diganti namanya menjadi Tianjing 天 京[Thiencing] atau “Kota Ilahi/Surgawi”. Kemudian Hong Xiu Quan 洪秀全 dari Nanjing mencoba merebut Shanghai 上海 (setelah Shanghai, ibukota Beijing 北京 adalah sasaran berikutnya).

PERANG CANDU II (1856-1860)
• Saat Dinasti Qing sedang menghadapi pemberontakan Taiping Tianguo太平天國, Dinasti Qing di sisi lain harus menghadapi agresi Inggris dan Perancis dalam Perang Candu II (1856-1860) yang dipicu oleh penyitaan sebuah kapal penyelundup lokal bernama Arrow yang dipasangi bendera Inggris (8 Oktober 1856). Inggris menyatakan perang dan menyerang Guangzhou 廣州 (ibukota provinsi Guangdong 廣東). Perancis memanfaatkan kesempatan ini dengan mengkaitkannya dengan pembunuhan misionaris asal Perancis bernama August Chapdelaine oleh penduduk lokal di provinsi Guangxi 廣西 tanggal 29 Februari 1856.

• Tahun 1857, Guangzhou 廣州direbut Inggris dan Perancis.

• Tahun 1860, ibukota Beijing 北京dijarah oleh tentara Inggris dan Perancis.

• 18 Oktober 1860, Perjanjian Beijing / Beijing Treaty / Beijing Tiaoyue 北京條約 ditandatangani, pemberian hak-hak istimewa kepada Inggris dan Perancis diberikan (termasuk diperbolehkannya misionaris Katolik Roma/Protestan menyebarkan agama Kristen ke seluruh Zhongguo), dan pemberian ganti rugi / pampasan perang disepakati.

AKHIR DARI KERAJAAN TUHAN / TIAN-GUO 1860-1864

• Agustus 1860, Hong Xiu Quan 洪秀全 mencoba menyerang Shanghai, namun dihalau dan dikalahkan oleh tiga pejabat lokal yaitu Zeng Guo Fan 曾國藩 [Cheng Kuo Fan], Zuo Zong Tan 左宗棠 [Cuo Cung Tan], dan Li Hong Zhang 李鴻章 [Li Hung Chang] dibantu Frederick T. Ward dan Charles J. Gordon. Kekalahan ini sangat melemahkan Hong Xiu Quan dan menjadi titik awal keruntuhannya.

• Tahun 1861, Issachar Jacox Roberts secara pribadi mengunjungi mantan muridnya Hong Xiu Quan di Nanjing. Setelah kunjungan itu Issachar berkomentar bahwa Hong Xiu Quan adalah “orang gila”.

• Juli 1864, Dinasti Qing merebut Nanjing 南京dan Hong Xiu Quan 洪秀全 bunuh diri. Terjadi pembantaian orang-orang yang bermarga Hong 洪 , sehingga banyak sekali orang bermarga Hong 洪 mengungsi keluar dari Zhongguo atau mengganti nama marga mereka.

• Karena Hong Xiu Quan 洪秀全 adalah orang Hakka/ Kèjiā 客家 maka orang Hakka yang non Kristen pun menjadi korban penindasan. Pemberontakan Tai-ping Tian-guo 太平天國 (1851-1864) diperkirakan menyebabkan kematian lebih dari 10 juta orang. Sebanding dengan kematian akibat pemberontakan Teratai Putih / White Lotus / Bailian 白蓮教(1796-1804). Orang Hakka merantau ke Asia Tenggara, Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, dan Australia.

PEMBERONTAKAN UIGHUR / XINJIANG (1863-1878)
• Tahun 1759, Turki Uighur ditaklukkan Dinasti Qing. Ini adalah penaklukan terakhir setelah sebelumnya Dinasti Manchuria Qing ini menaklukkan Mongolia dan Tibet. Dinasti Qing menyebut wilayah ex Turki Uighur sebagai Xinjiang 新疆 [Sinchiang] atau “Batas (Jiang 疆) Baru (Xin 新)” atau “New (Xin新) Frontier (Jiang疆)”

• Tercatat 42 kali pemberontakan Islam di provinsi Xinjiang dalam rentang waktu 1759-1863. Xinjiang yang selalu memberontak itu menjadi provinsi yang paling merepotkan Dinasti Qing.

• Tahun 1860, Dinasti Qing melemah karena dikalahkan Inggris dan Perancis Perang Candu II (1856-1860).

• Tahun 1863, etnis Uighur mengusir Dinasti Qing dari provinsi Xinjiang 新疆.

• Tahun 1864, Turki Uighur kembali berdiri dipimpin Yakub Beg (etnis Tajik, lahir tahun 1820 di kota Kokand-Uzbekistan) dan Kekhalifahan Usmaniyah / Ottoman Turki langsung mengakui kedaulatan Turki Uighur yang beribukota di Kashgar (Tarim Basin/ provinsi Xinjiang).

• Tahun 1865, Rusia menyerang dan menguasai Turki Uzbekistan.

• Tahun 1876, Rusia mengobarkan Perang Rusia-Turki (1876-1878) dan menyerang serta menguasai Turki Kirgizstan. Inggris cemas bila kelak Turki Uighur, tetangga Turki Kirgizstan, juga jatuh ke tangan Kekaisaran Rusia. Karena itu Inggris membujuk Dinasti Qing untuk kembali menguasai provinsi Xinjiang / Turki Uighur dengan bantuan dana dari Inggris. Dinasti Qing menerima tawaran Inggris ini dan dengan bantuan dana dari Inggris tersebut, Dinasti Qing menyerang Turki Uighur / Xinjiang (1876-1878). Yakub Beg, penguasa Turki Uighur meninggal tahun 1877. Kashgar direbut Dinasti Qing tahun 1878.

PERANG DINASTI QING – PERANCIS (1884-1885)

• Tahun 1884, Perancis menyerang Vietnam yang menjadi negara yang dilindungi/ protektorat Dinasti Qing sehingga terjadi Perang Perancis-Dinasti Qing (1884-1885). Viet-Nam dalam bahasa Mandarin disebut Yue-Nan 越南atau negara di sebelah “Selatan南 (Nan) kerajaan Yue 越”. [Istilah kerajaan Yue 越 ini sudah ada sejak Dinasti Zhou]
• Tahun 1885, Perancis mengalahkan Dinasti Qing dan menjajah Vietnam (1884-1954). Kemudian Perancis meluaskan wilayah dengan menjajah Kamboja (1887-1954) dan Laos (1893-1954).

• Tahun 1885, Inggris, memanfaatkan Perang Perancis – Dinasti Qing, menyerang dan menjajah Miandian 緬甸 [Mientien] atau Myanmar (1885-1942) yang juga menjadi negara protektorat Dinasti Qing.

PERANG DINASTI QING – JEPANG (1894-1895)

• Tahun 1894-1895, terjadi perang antara Dinasti Qing melawan Jepang saat Jepang menyerang Korea. Kerajaan Korea Chaoxian 朝鮮 [Chao-Sien] atau Joseon/Choson (1392-1910) juga merupakan negara yang dilindungi / protektorat Dinasti Qing. Dinasti Qing dikalahkan Jepang di Korea sehingga Dinasti Qing menyerahkan Taiwan 台灣 kepada Jepang sebagai pampasan perang. Taiwan dijajah Jepang setengah abad (1895-1945). Kekalahan ini disebabkan angkatan laut Dinasti Qing yang ketinggalan jaman tidak dapat menandingi angkatan Laut Jepang yang lebih maju setelah mengadopsi teknologi Barat.

JERMAN-QINGDAO (PROVINSI SHANDONG), RUSIA-LUSHUN (PROVINSI LIAONING), INGGRIS -WEIHAIWEI (PROVINSI SHANDONG), PERANCIS - ZHANJIANG (PROVINSI GUANGDONG)

• November 1897, seorang misionaris Kristen Jerman dibunuh di provinsi Shandong 山東, Jerman menggunakan alasan ini untuk menguasai Qingdao青島[Cing-tao] sebuah pelabuhan di provinsi Shandong山東(hingga 1914).

• Desember 1897, Rusia menguasai pelabuhan Lushun 旅順 [Lii-shun] / Port Arthur (provinsi Liaoning 遼寧) sebagai koloni Rusia dan sekaligus pangkalan armada laut Rusia (hingga 1905).

• Awal tahun 1898, Inggris menguasai Weihaiwei 威海衛(provinsi Shandong 山東) sebagai koloni Inggris (hingga 1930).

• 10 April 1898, Perancis yang sejak awal tahun telah menguasai Fort Bayard / Zhanjiang 湛江[Chan-ciang] di Teluk Guangzhou / Guangzhouwan 廣州灣 [Kuang-chou-wan] (provinsi Guangdong廣東), menyewanya selama 99 tahun.

REFORMASI 100 HARI (1898)

• Juni 1898, melihat Zhongguo diinjak-injak kedaulatannya oleh Jerman-Rusia-Inggris-Perancis, maka pejabat tinggi Dinasti Qing seperti Kang You Wei康有為 dan Liang Qi Chao梁啟超[Liang Chi Chao] menjalankan “gaige” 改革 [kaike] atau “reformasi”, mulai dari pendidikan dan ujian negara yang berorientasi ke Barat sampai ke reformasi kementerian, pengadilan, militer.

Namun sayang reformasi yang baru berjalan sekitar 100 hari (11 Juni –21 September 1898) dihentikan oleh “Permaisuri (Hou后) Agung (Tai太) Xiao Qin Xian 孝欽顯 [Siao Cin Sien]” >> nama Mandarin-nya >> atau Xiao Qin Xian Tai Hou 孝欽顯 太后 alias Ye He Na La Ci Xi 葉赫 那拉 慈禧[Ye He Na La Ce Si] >> nama Manchuria-nya >> disingkat “Ci Xi” 慈禧 saja (memerintah 1875-1909). Kang You Wei 康有為 dan Liang Qi Chao 梁啟超 kabur ke Jepang.

Setelah menggagalkan reformasi, Permaisuri “Ci Xi” lalu menghambur-hamburkan kekayaan negara untuk pesta ulang tahunnya. Kekayaan negara yang sebelumnya direncanakan Kang You Wei 康有為 dan Liang Qi Chao 梁啟超 untuk membangun industri militer agar kelak Zhongguo dapat mengusir Barat dan Jepang.

INGGRIS MENYEWA HONGKONG 99 TAHUN (1898-1997)

• 1 Juli 1898, Inggris memperluas Xianggang 香港/ Hongkong dan menyewanya hingga 99 tahun (hingga 1997).

AMERIKA SERIKAT – OPEN DOOR POLICY / KEBIJAKAN PINTU TERBUKA (1899)

• Tahun 1899, Amerika Serikat memaksa Dinasti Qing membuka semua pelabuhannya dan menuntut hak-hak istimewa yang sama dengan hak-hak istimewa yang diperoleh Inggris, Perancis, Jerman. Mulai dari masalah domisili, masalah hukum, hingga masalah agama.

BOXER / YI HE QUAN 義和拳(1900-1901)

• Warga negara Barat berhak tinggal di mana saja di seluruh Zhongguo, berhak diadili oleh pengadilan Barat dan menolak diadili oleh pengadilan lokal, berhak menyebarkan agama Kristen dan tidak boleh dihalang-halangi oleh pemerintah lokal. Jadi bangsa Barat (Inggris, Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Rusia, dll) adalah penguasa “de facto” di Zhongguo / Tiongkok yang bertindak seenaknya sendiri sehingga menimbulkan kebencian yang sangat dalam di hati rakyat Zhongguo.

Amerika Serikat yang memaksakan Open Door Policy tahun 1899 adalah pemicu utama kerusuhan yang meledak pertengahan tahun 1900.

• Juni 1900, terjadi kerusuhan yang menewaskan banyak orang Barat di Beijing dan Tianjin yang disebut Yi He Quan 義和拳[Yi He Ciien] atau “Tinju (Quan拳) Keadilan (Yi 義) & Keselarasan (He 和)”. Orang Barat menyebutnya sebagai pemberontakan “Boxer” (=Petinju).

• Pemerintah Dinasti Manchuria Qing dalam hal ini bersikap membiarkan. Bila Yi He Quan 義和拳berhasil menyingkirkan orang Barat dan Jepang dari Zhongguo, jelas Dinasti Qing sangat diuntungkan. Bila dibasmi justru menguntungkan Barat/Jepang. Sikap “membiarkan” Dinasti Qing ini dianggap Barat/Jepang sebagai sikap “mendukung” Yi He Quan 義和拳.

• Delapan negara yaitu Inggris, Perancis, Jerman, Amerika Serikat, Rusia, Austria, Italia, dan Jepang menyerbu Tianjin天津 dan Beijing 北京 . Terjadi pertempuran sengit antara Yi He Quan 義和拳melawan orang Barat dan Jepang. Namun akhirnya pasukan 8 Negara merebut Tianjin bulan Juli 1900 dan Beijing bulan Agustus 1900. Pasukan 8 Negara itu menumpas habis Yi He Quan bulan Agustus 1901.

• Dinasti Qing menandatangani Perjanjian tanggal 7 September 1901 yang isinya memaksa Dinasti Qing membayar ganti rugi akibat perang melawan Yi He Quan 義和拳 yang jumlahnya sangat besar yang makin membuat Dinasti Qing sekarat.


.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.