• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

HOAKS Ga Ada Habisnya, Tetap Waspada Cerdas Dalam Bermedia Sosial

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.616
Nilai reaksi
23
Poin
0
Spoiler for Beredar sebuah kabar yg menyebutkan bahwa aliran komunisme & gerakan PKI bangkit lewat PDIP.:
HOAKS Ga Ada Habisnya, Tetap Waspada Cerdas Dalam Bermedia Sosial

Beredar sebuah kabar yg menyebutkan bahwa aliran komunisme & gerakan PKI bangkit lewat PDIP.

Kabar ini beredar di sosial media Facebook yg diunggah oleh akun Billy Sugianto As ke grup INDONESIA BERSUARA.


Akun tersebut membagikan sebuah tautan artikel berjudul "Purn TNI Prijant: Aliran Komunis & Gerakan PKI Bangkit Lewat PDIP" dengan narasi sebagai berikut:

"Lebih jauh, Prijanto mengatakan, istilah petugas partai yg dihinggakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Jokowi juga dinilai modus komunisme. Sebab, istilah petugas partai mirip dengan pekerja partai yg pernah dikatakan tokoh PKI DN Aidit."

Lalu benarkah bahwa komunisme & gerakan PKI bangkit lewat PDIP?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, konten yg membagikan klaim bahwa komunisme & gerakan PKI bangkit lewat PDIP adalah konten yg menyesatkan.

Konten itu dibuat dengan mengpakai bahan informasi yg sesat untuk membingkai sebuah isu.

Artikel tersebut membagikan isu lama yg sudah diklarifikasi sebelumnya.

Pada 7 Februari 2019 lalu, Wasekjen PDIP, Ahmad Basarah pernah mengklarifikasi bahwa Presiden Jokowi sering berusaha menjelaskan soal berbagai isu & fitnah termasuk soal Jokowi adalah PKI & Komunis.

Selain itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto juga menegaskan bahwa mereka tidak memiliki kaitan apapun dengan PKI. Ia mengatakan kalau kader yg memiliki keanggotaan partai lain saja pasti dipecat apalagi kalau bergabung sebagai anggota PKI.

Sebagai tambahan, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yg mengaku sebagai orang PDIP sejak lama menegaskan bahwa tidak ada orang PDIP yg berada di jalur komunisme karena mereka berada di barsan sesuai konstitusi & dasar negara.

Kesimpulan

Klaim yg menyebut bahwa komunisme & gerakan PKI bangkit lewat PDIP adalah klaim yg salah. Konten yg membagikan kabar tersebut masuk daam hoaks dengan kategori konten yg menyesatkan.



Hari ini 08:40
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.