• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.626
Nilai reaksi
23
Poin
0
Permasalahan keyakinan emang sedang jadi permasalahangawat daruratdi negeri tersayang ini. Banyak orang orang pandai ngomongin persoalan ketuhanan tetapi jusrtu bodoh ngomongin persoalan kemanuasiaan. Toleransi jadi mengatakan baku yg sulit di tegakkan di negara ini. Banyak orang sensitif atau banyak orang yg tidak dewasa, di negri ini.

Nah bicara soal keyakinan, kali ini ane bicara soal disparitas artheis & agnostik. Banyak yg tidak tahu kedua keyakinan ini ternyata sangat berbeda. Menurut data ada sekitar 14% didunia ini yg tidak menganut keyakinan. ini menarik unutk dibahas, bagaimana mereka berfikir & bagaimana mereka memiliki sudut pandang & ini disparitas mereka:


Quote:
1. keberadaan Tuhan
 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik


Bagi orang yg berkeyakinan Agnostik, kepastian soal adanya Tuhan itu sangat susah dibuktikan secara sains. Karena itu mereka memilih untuk berdiri di garis tengah. Tidak serta merta menolak, namun juga tak segampang itu percaya.

Beda dengan kaum Ateis. Bagi mereka, Tuhan itu sangat tidak mungkin ada di dunia. atau jelas nya mereka tidak percaya & menolak keberadaan akan tuhan. Keyakinan ini paling banyak di cina.



Quote:
2. Cara pandang dalam melihat tentang kehidapan
 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik


kedua keyakinan ini memiliki kesamaan. Sama-sama tak menggantungkan diri pada uluran tangan Tuhan.Meskipun intinya kedua kepercayaan ini punya sedikit disparitas soal eksistensi Tuhan, namun keduanya punya satu kesamaan. Baik Agnostik maupun Ateis percaya bahwa manusia sendiri lah yg bertanggung jawab atas dirinya. Bukan campur tangan entitasomnipotent(berkuasa mengerjakan apapun dengan kekuatan tak terbatas) yg tak kasat mata.



Quote:
3. Kepercayaan setalah kematian
 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik


Kedua kepercayaan ini punya pendangan yg berbeda.Karena memang tak menyembah Tuhan, maka kaum Ateis juga tidak mempercayai kehidupan setelah kematian.

Hal ini sedikit berbeda dengan untuk kaum Agnostik. Mereka lebih fleksibel soal ini, namun tetap saja mereka nggak begitu peduli.



Quote:
4. Pegangan hidup
 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik


kaum Agnostik itu bersifat logis & mengedepankan ilmu pengetahuan. Namun mereka percaya bahwa pengetahuan soal hal-hal yg bersifat spiritual itu belum dapat diketahui dengan pasti oleh manusia dengan teknologi saat ini.

Berbeda dengan kaum Atheis. A yg terarti tidak & Theis yg berarti Tuhan. Jelas-jelas menciptakan kaum Atheis yakin betul bahwa Tuhan memang nggak ada.



Quote:
5. Jenis- tipe kepercayaan agnostik & artheis

 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik

Kepercayaan kaum Agnostik masih dapat ada variasinya, sedangkan Ateis tidak ad.
Yang harus anda tahu, Atheis cuma punya satu pilihan. Mereka nggak percaya adanya zat serba Maha bernama Tuhan.

Nah kalau Agnostik berbeda. Kaum Agnostik ada yg percaya & mengikuti ajaran suatu agama, namun tetap tak benar-benar yakin soal Tuhannya. Namun ada juga yg tak percaya ritual agama sama sekali.



Quote:
6. Eksistensi Tuhan

 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik

Sederhananya kaum agnostik, karena memang percaya bahwa manusia harus menentukan takdirnya sendiri, kaum Agnostik tak begitu peduli soal apakah Tuhan itu ada atau tidak. Yah, dapat dikatakan nggak penting-penting amat gitu bagi hidup mereka.

Berbeda sama kaum Ateis. Paham mereka yg menolak adanya zat Maha bernama Tuhan ini menciptakan mereka berada di posisi yg jelas menentang eksistensi Tuhan.



Quote:
7. Penganut kedua keyakinan ini banyak orang pintar dan terkenalnya

 Banyak yg Salah Kaprah! Ini 7 Perbedaan Antara Atheis vs Agnostik

Adakah nama-nama di atas yg kalian kenal? Nah list nama itu masih beberapa saja loh ya. Sebenarnya masih banyak lagi orang-orang terkenal dunia yg tak menyembah Tuhan secara spesifik.

Semoga artikel ini dapat mencerahkan ya. Jadi jangan langsung nuduh orang yg tak menyembah Tuhan sebagai Ateis. Nyatanya selain Ateis, ada juga loh Agnostik.



Spoiler for sumber:
sumber ; ulasan pribadi
refrensi:https://www.hipwee.com/feature/7-be...u-nggak-punya-agama-pun-ternyata-ada-bedanya/


Hari ini 20:48
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.