Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 43.475
- Nilai reaksi
- 32
- Poin
- 0
Hola Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini ane bakal bahas seputar Cityline 3, bus kota rasa Eropa buatan anak bangsa.
sumber gambar
Bagi Gansis yg sering menaiki Transjakarta, pasti pernah menaiki bus dengan bentuk seperti diatas. Dengan logo & sasis Volvo, Scania atau Mercedes-Benz serta bentuk yg mirip dengan bus-bus kota di Eropa, mungkin Gansis mengira bus tersebut didatangkan langsung dari Eropa alias CBU dengan wujud yg sudah sepenuhnya jadi.
Ternyata, tidak Gansis. Bus tersebut bodynya buatan karoseri lokal, Laksana di Ungaran, Provinsi Jawa Tengah, dengan nama Cityline 3. Nah, pada thread ini, ane bakal bahas nih seputaran body Cityline 3 ini.
sumber gambar
Cityline 3 merupakan generasi ketiga dari seri body bus Cityline buatan Laksana. Sebelumnya sudah ada Cityline 1 & 2. Cityline 3 ini dirancang untuk perjalanan dalam kota jarak dekat.
Body ini sangat fleksibel, dapat dipasang di hampir semua sasis bus besar. Mulai dari sasis mainstream sekelas OH 1526, 1626, 1836 & 2542, Scania K410IB & K360IB serta Volvo B11R, sasis-sasis berlantai rendah seperti Scania K250UB & lainnya, hingga sasis-sasis gandeng pun dapat dipasangi body Cityline 3 ini.
sumber gambar
Cityline 3 sendiri perdana kali diperkenalkan setahu ane belum lama, mungkin sekitar 2-3 tahun yg lalu. Seperti yg ane bilang diatas, Cityline 3 diperkenalkan untuk menggantikan Cityline 2.
Perubahan Cityline 3 dibandingkan Cityline 2 tidaklah signifikan. Hanya sedikit saja perubahan & penyempurnaannya setahu ane. Grillnya saja yg berubah & aksen hitam pada headlamp, tak lupa juga penempatan lampu DRL, selain itu kalau dilihat sekilas semuanya hampir sama.
sumber gambar
Interior dari Cityline 3 sebenarnya biasa saja, tak ada yg terlalu spesial dari bentuk plafon, kursi, & lainnya. Tetapi, kursi-kursinya kebanyakan menghadap depan, selayaknya bus Transjakarta & Metrotrans lainnya.
Bus asal Ungaran, Jawa Tengah ini paling banyak dipakai oleh Metrotrans & Transjakarta sebagai armada BRT yg melayani berbagai rute di perkotaan Jakarta. Ane perkirakan sudah ada lebih dari 300-500 armada Metrotrans & Transjakarta yg memakai body Cityline 2 & 3.
sumber gambar
Nah, jadi itulah isi thread ane yg membahas seputar Cityline 3. So, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!
Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Kemarin 23:44

sumber gambar
Bagi Gansis yg sering menaiki Transjakarta, pasti pernah menaiki bus dengan bentuk seperti diatas. Dengan logo & sasis Volvo, Scania atau Mercedes-Benz serta bentuk yg mirip dengan bus-bus kota di Eropa, mungkin Gansis mengira bus tersebut didatangkan langsung dari Eropa alias CBU dengan wujud yg sudah sepenuhnya jadi.
Ternyata, tidak Gansis. Bus tersebut bodynya buatan karoseri lokal, Laksana di Ungaran, Provinsi Jawa Tengah, dengan nama Cityline 3. Nah, pada thread ini, ane bakal bahas nih seputaran body Cityline 3 ini.

sumber gambar
Cityline 3 merupakan generasi ketiga dari seri body bus Cityline buatan Laksana. Sebelumnya sudah ada Cityline 1 & 2. Cityline 3 ini dirancang untuk perjalanan dalam kota jarak dekat.
Body ini sangat fleksibel, dapat dipasang di hampir semua sasis bus besar. Mulai dari sasis mainstream sekelas OH 1526, 1626, 1836 & 2542, Scania K410IB & K360IB serta Volvo B11R, sasis-sasis berlantai rendah seperti Scania K250UB & lainnya, hingga sasis-sasis gandeng pun dapat dipasangi body Cityline 3 ini.

sumber gambar
Cityline 3 sendiri perdana kali diperkenalkan setahu ane belum lama, mungkin sekitar 2-3 tahun yg lalu. Seperti yg ane bilang diatas, Cityline 3 diperkenalkan untuk menggantikan Cityline 2.
Perubahan Cityline 3 dibandingkan Cityline 2 tidaklah signifikan. Hanya sedikit saja perubahan & penyempurnaannya setahu ane. Grillnya saja yg berubah & aksen hitam pada headlamp, tak lupa juga penempatan lampu DRL, selain itu kalau dilihat sekilas semuanya hampir sama.

sumber gambar
Interior dari Cityline 3 sebenarnya biasa saja, tak ada yg terlalu spesial dari bentuk plafon, kursi, & lainnya. Tetapi, kursi-kursinya kebanyakan menghadap depan, selayaknya bus Transjakarta & Metrotrans lainnya.
Bus asal Ungaran, Jawa Tengah ini paling banyak dipakai oleh Metrotrans & Transjakarta sebagai armada BRT yg melayani berbagai rute di perkotaan Jakarta. Ane perkirakan sudah ada lebih dari 300-500 armada Metrotrans & Transjakarta yg memakai body Cityline 2 & 3.

sumber gambar
Nah, jadi itulah isi thread ane yg membahas seputar Cityline 3. So, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!
Sumber: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani



Kemarin 23:44