• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Kuota Impor Daging Sapi di 2013 Capai 80.000 ton

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
K6yaR.jpg

Pemerintah menetapkan kuota impor daging sapi tahun 2013 sebesar 80.000 ton (setara daging sapi). Kuota impor ini nantinya akan terdiri dari impor daging sapi beku dan sapi bakalan (sapi hidup).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, ketersediaan pasokan sapi di dalam negeri pada tahun 2013 sekitar 2,4 juta ekor yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun, pasokan ini belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan daging nasional.

"Sehingga ada kekurangan sedikit, sekitar 12% dari total kebutuhan yang harus diimpor, yaitu sekitar 80.000 ton daging," ujarnya di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Ia menambahkan, kebutuhan konsumsi ini telah menghitung adanya peningkatan konsumsi daging dari 1,9 kilogram per kapita per tahun menjadi 2,2 kg per kapita per tahun.

Menteri Pertanian Suswono menambahkan, dari 80.000 ton kuota impor daging ini nantinya akan dipenuhi dalam bentuk daging sapi beku dan sapi bakalan. Sayangnya, ia masih belum mau membeberkan berapa besar porsi dari masing-masing jenis tersebut.

Hanya saja, Suswono menggambarkan pada tahun-tahun sebelumnya komposisi impor daging adalah 60% dalam bentuk sapi bakalan dan sisanya 40% dalam bentuk daging sapi beku. Asal tahu saja, "Satu ton daging sapi setara dengan enam ekor sapi," kata Suswono.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menambahkan, kuota impor daging tahun 2013 ini lebih besar ketimbang kuota impor tahun 2012. Tahun ini, kuota daging sapi impor sekitar 38.000 ton. Hanya saja, Gita bilang pemerintah tetap akan mengevaluasi kuota ini per bulan, per kuartal, maupun per semester.
 
Keperluan daging untuk rakyat Indonesia sangat berlebihan

karena melebihi hasil daging di negara ini

untuk lebih baiknya jenis daging yang bisa dikosumsi dapat diberikan pilihgan lain selain daging sapi
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.