Politik Kompromi Politik di Balik Pemilihan Cawapres Jokowi dan Prabowo

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 15 Sep 2018 at 14:37.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    72
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Pemilihan cawapres Jokowi dan Prabowo untuk Pilpres 2019 mendatang sangat mengejutkan berbagai pihak. Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sebelumnya tidak diperkirakan akan menjadi pendamping para calon presiden tersebut. Para ahli dalam artikel ini pun memaparkan mengenai alasan dan kompromi politik di balik pemilihan cawapres yang mengejutkan itu.

    Oleh: Burhanuddin Muhtadi, Arya Fernandes, Ella S. Prihatini, Nyarwi Ahmad (The Conversation)

    Para capres yang mengajukan diri dalam Pemilihan Presiden Indonesia tahun depan, baru-baru ini mengumumkan pilihan Cawapres Jokowi dan Prabowo setelah berbulan-bulan spekulasi. Nama-nama itu adalah kompromi politik antara elit politik yang mengabaikan harapan publik dan hasil survei, kata para ahli.

    Presiden Joko Widodo (alias Jokowi), yang menjalankan kampanyenya tentang pluralisme dan platform hak asasi manusia progresif dalam pemilu 2014, secara dramatis, memilih ketua konservatif Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Penunjukan Ma’ruf mengejutkan banyak orang, karena banyak dilaporkan bahwa Jokowi akan memilih mantan Ketua Mahkamah Konstitusi dan juga pluralis Islam Mahfud MD sebagai pasangannya.

    Sementara itu, saingan Jokowi, mantan jenderal militer, Prabowo Subianto, akan bekerja bersama pengusaha yang berubah menjadi politisi, Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno. Penunjukan Sandiaga sama mengejutkannya. Sebelumnya, Prabowo sedang dalam pembicaraan dengan Ketua Partai Demokrat, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang kemungkinan membentuk koalisi dan menunjuki putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai pasangan Prabowo.

    Kami meminta para ahli untuk menjelaskan apa yang ada dibalik keputusan-keputusan di menit-menit terakhir ini.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG