• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kode OTP Akun Shopee Untuk Verifikasi Bonus Voucher Yang Dijanjikan

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.616
Nilai reaksi
23
Poin
0
Kode OTP Akun Shopee Untuk Verifikasi Bonus Voucher Yang Dijanjikan


Perna dapat whatsapp atau sms bahkan telepon yg mengatasnamakan pihak marketplace, & meminta kode OTP?...

Mungkin anda pernah mengalaminya. Lalu apakah kode tersebut mesti diberikan atau disebutkan ?.

Jawabannya Tentu saja jangan diberikan!! baca keterangan berikut:
Quote:
Cegah Penipuan Bersama Shopee
Shopee mengimbau para Pengguna untuk lebih berhati-hati saat menerima instruksi untuk membagikan kode verifikasi (OTP) atau data pribadi rahasia lainnya dari pihak yg mengatasnamakan Shopee. Shopee TIDAK PERNAH meminta kode verifikasi (OTP) & PIN Anda untuk memberikan hadiah/undian atau menyelesaikan permasalahan.



Jika pihak di luar Shopee atau penipu berhasil mendapatkan kode verifikasi (OTP) dan/atau data pribadi rahasia lainnya, maka akun Anda tidak lagi aman. Bahkan, informasi Anda dapat dipakai untuk mengerjakan berbagai tindakan kriminal oleh pihak yg tidak bertanggung jawab. Kenali lebih lanjut tentang kode verifikasi (OTP) & PIN di bawah ini:



Kode verifikasi (OTP)
OTP atau One-Time Password adalah kode verifikasi atau password sekali pakai yg terdiri dari 6 digit tabiat (seringkali angka) unik & bersifat rahasia yg umumnya dikirimkan melalui SMS atau email. Sistem akan memverifikasi dengan kode OTP untuk memproses transaksi tertentu, seperti:

Log in di perangkat baru.
Mengubah no. handphone.
Mengubah PIN Saldo Penjual.


PIN
Pembeli & Penjual di Shopee wajib menciptakan PIN untuk mengakses ShopeePay & Saldo Penjual demi menjaga keamanan akun Anda. Mohon bedakan PIN ShopeePay dari password akun Shopee Anda untuk meningkatkan keamanan akun.



Tips Menghindari Penipuan & Menjaga Keamanan Akun


Untuk menghindari penipuan & menjaga keamanan akun Anda, bacalah beberapa tips di bawah ini:

1. Tetap tenang & ingat bahwa Shopee cuma akan menghubungi Anda melalui akun

media sosial resmi.

2. Jangan berikan kode verifikasi (OTP), PIN, atau password kepada siapa pun termasuk

karyawan Shopee.

3. Pastikan transaksi jual beli, cek pesanan, & komunikasi cuma dilakukan melalui aplikasi

atau situs resmi Shopee. Pihak terpercaya tidak akan mengirimkan tautan yg harus diisi

atau pun meminta untuk bertransaksi di luar aplikasi Shopee.

4. Gunakan kombinasi PIN yg kuat yaitu:

Tidak mengpakai angka yg berurutan atau sama.
Tidak mengpakai angka yg mudah ditebak, seperti tanggal lahir.
5. Gunakan Face ID/verifikasi sidik jari pada ShopeePay Anda.

6. Hanya mengakses situs resmi Shopee:

*https://shopee.co.id,
*https://seller.shopee.co.id,
*https://mall.shopee.co.id.
7. Hubungi Customer Service Shopee (1500702) atau di sini kalau ada aktivitas

mencurigakan dari pihak yg mengatasnamakan Shopee.

8. Jika anda tidak sengaja memberikan kode verifikasi (OTP) atau data pribadi rahasia

kepada siapa pun, harap untuk tetap tenang & segera hubungi Customer Service

Shopee supaya akun Anda dapat diblokir.



Scam



Scam merupakan sebuah aktivitas penyalahgunaan akun Pengguna Shopee oleh pihak lain di luar Shopee.



Ciri-ciri aktivitas scam di antaranya:

Phishing link.
Dihubungi oleh peretas dengan iming-iming mendapatkan hadiah.
Payment scam Virtual Account/Manual Transfer/Indomaret.
Tidak terima barang tetapi masa garansi habis.
Diarahkan untuk konfirmasi penerimaan pesanan padahal barang belum diterima.
Transaksi di luar Shopee.
Kredivo/AkuLaku ATO.
Penyalahgunaan kartu kredit/debit online (BCA OneKlik, Mandiri Debit Online, dll.).
Link undian berhadiah.
Kurir Gojek membayar kode Indomaret.


ATO (Account Takeover)

ATO adalah salah satu tipe dari tindakan scam yg berupa pencurian bukti diri di mana penipu secara ilegal mendapatkan akses ke akun bank korban, akun e-commerce, atau tipe akun lainnya.



Berikut adalah indikator terjadinya ATO:

Penjual menerima pesan tentang upaya log in melalui perangkat baru dengan mengpakai kode verifikasi (OTP).
Penjual memperhatikan bahwa ShopeePay/Saldo Penjual berkurang atau hilang.
Penjual mendapat tagihan SPayLater tanpa mengambil pinjaman apa pun.
Penjual keluar dari akun & tidak dapat masuk dengan password yg diketahui.
Terdapat rekening bank tambahan yg terdaftar di rekening Penjual.


Phishing

Phishing adalah bentuk yg paling biasa dari scam. Phishing merupakan suatu usaha untuk mendapatkan akses ke akun Anda dengan mencuri informasi penting seperti password & data diri pribadi.



Phishing email/SMS memiliki karakteristik sebagai berikut:

Permintaan kepada informasi pribadi seperti no. kartu kredit.
Terdapat lampiran yg tidak diminta.
Terdapat link tiruan.
Memaksa Anda untuk bertindak cepat.
Mengpakai sapaan yg biasa & tidak formal, seperti "Hai, Sis".
Tidak profesional atau terdapat kesalahan dalam penulisan
Baca selengkapnya di:
*https://seller.shopee.co.id/edu/article/5548
Kemarin 22:50
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.