• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

knalpot ngebul=turun mesin?

  • Pembuat thread awal. Pembuat thread awal. usman
  • Tanggal Mulai Tanggal Mulai

usman

IndoForum Newbie F
No. Urut
12006
Sejak
24 Feb 2007
Pesan
17
Nilai reaksi
1
Poin
3
gw punya kijang udah puluhan taun ga masalah,tapi sekarang knalpotnya ngebul banget,apalagi kalo digeber kenceng...wuih...agak keiteman n baunya sampe ke kabin...gw cek ke bengkel katanya harus turun mesin n kena sekitar 2 sampe 3 juta,ongkos turun mesin doang minta gope...nah gw mo tanya nih, itu bener ga harus turun mesin ganti piston,ring piston,rante keteng dll, dah gitu itu biaya mahal apa ga?atau ada yg tahu yg lebih murah ongkos perbaikannya?...kasih tahu donk...:(
 
biasanya kalo udah kayak gitu, sekernya kena tuh boss... and musti diganti sekernya, nanti rayon lagi kayak mobil baru :D
 
bakal banyak tuh abisnya kalo udah kena sekernya :(
perkiraan bisa nyampe 2 jt - 3 jt an :|
 
iya tu, sekernya kena paling,,

tapi kata temen gw,,
kalo ngebul gitu gara2 salah kasih oli,,

gitu siiih, itu jg cm kata temen gw
 
wah udah ngebul gtu harus turun mesin, dah, coba kasih treatment olie lum? oil treatment kalo g salah, buat ngentelin oli, jadi bikin lapisan di dalem mesin selama lu belum ganti oli. coba dulu aja kan lumayan 2-2,5 bulan buat ngumpulin duit,:)
 
kayaknya emang mesti turun mesin tuh...
soalnya kalo ngak ditanggulangi bakalan merambat kesistem yang lain..
 
mungkin oli nya yang di kasi gak cocok sama mobilnya...

misalnya oli nya harus yang 10-40 di kasi yang 5-20..
 
iya bis ajuga dari faktor oli... salah kasih oli juga bikin ngebull
 
klo mesin udah ngebul.. itu berarti ada oli yang masuk ke ruang pembakaran.. karena oli ikut terbakar jadinya asep nya ngebul...

oli bisa masuk ke ruang pembakaran mesin karena Ring seher atau ring piston udah aus..

boleh tanya skarang kilometer mbl loe jalan dah brapa?
biasanya untuk pemakaian normal.. mobil harus ganti ring seher pada kilometer sekitar 100 ribuan atau lebih..
 
ngebul itu berarti...yang punya lagi pusing tuh, banyak masalah :D

tapi betul kata kk 2FasT4U...kena ring sahernya
jadi ganti ring aja & itu gak perlu turun mesin koq
ada beberapa mekanik yang bisa ngodok dari bawah
atau paling tidak turun setengah...

nah...kalo masih ngebul juga
tuh ikutan kata kk santoo.....=))
 
iya bener intinya kendaraan bisa ngebul dikarenakan ada beberapa kemungkinan.
-ring piston/piston sudah aus
-dudukan klep(seat valve) aus
-klep(valve)aus
-perpak blok/cylinder head yang bocor
-perpak klep bocor
 
liat dulu ngebulnya...kalo asap hitam..itu cuma setingan karbu yang ngaco..kalo asapnya putih..jangan piston aja yang dijadiin kambing hitam..coba periksa seal klep dulu dengan cara bongkar head cylinder...atau skir klep...nah...saat buka head cylinder kan bisa ketauan tuh...ring piston dah oblak apa blom...kalo dah oblak...ya siap siap aja rogoh kantong agak dalam...oc...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.