• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Kisah Suram Isabelle Caro, Diet Ekstrim Demi Menyenangkan Sang Ibu (Anorexia Story)

Angela

IndoForum Junior E
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
1.584
Nilai reaksi
0
Poin
0
Menjadi model adalah sebuah profesi yg bergengsi bagi para wanita. Tak heran banyak wanita yg hingga terobsesi untuk dapat jadi model.

Namun stigma yg dibangun di masyarakat untuk seorang model yg dikatakan berpenampilan cantik adalah harus memiliki tubuh yg kurus, tinggi semampai. Padahal pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Anggapan bahwa "seorang model harus kurus" tersebut seolah-olah jadi mata pisau yg akan mengancam nyawa apabila jalan yg dipilih untuk jadi kurus tidak sesuai anjuran kesehatan. Beragam cara dilakukan para wanita untuk menurunkan berat badannya yg dianggap overweight. Diet ketat adalah cara yg sering dilakukan.

Salah seorang wanita yg pernah jadi korban diet ekstrim adalah Isabelle Caro. Ia adalah seorang model 'anorexia nervosa' yg penuh kontroversi.

Kisah Suram Isabelle Caro, Diet Ekstrim Demi Menyenangkan Sang Ibu (Anorexia Story)

Sumber gambar: Bang Ir Blog

Anorexia nervosa dapat diartikan sebagai gangguan makan. Anorexia nervosa adalah kondisi di mana seseorang kehilangan nafsu makannya sama sekali, artinya ia akan mengabaikan rasa laparnya. Hal itulah yg menciptakan penderita anorexia akan jadi super kurus kering.

Seperti yg dialami Isabelle Caro (wanita Perancis kelahiran 13 September 1982), ia adalah wanita yg kondisinya sangat memprihatinkan. Tubuhnya sangat kurus seperti cuma tulang yg terbalut kulit saja, seperti tanpa isi. Tulang rusuknya terlihat jelas. Wajahnya cekung.


BERAWAL DARI KISAH MASA LALU YANG SURAM

Rupanya Isabelle sudah mengidap anorexia nervosa sejak umurr 13 tahun. Hal itu tidak terlepas dari kisah masa lalunya yg ternyata cukup suram. Ia mengalami masa kecil yg buruk karena harus dihadapkan oleh fakta bahwa ibunya punya fobia aneh.

Ibunya memiliki fobia (takut berlebihan) kalau Isabelle tumbuh besar. Ibunya tidak harap melihat Isabelle jadi gemuk. Sejak kecil Isabelle sering dilarang ke luar rumah, karena ibunya bilang bahwa udara segar di luar akan mudah menciptakannya tumbuh akbar & jadi gemuk. Untuk hal itulah, Isabelle tidak pernah diantar ke sekolah, ia diberikan semacam home schooling oleh ibunya.

Hal itu menciptakan Isabelle trauma & ia akan mengerjakan apa saja untuk dapat membahagiakan ibunya. Sejak saat itu Isabelle mulai mengerjakan diet ekstrim. Sehari ia cuma makan 2 potong coklat & 5 butir sereal jagung. Berat badannya pun terus mengalami penurunan, bahkan hingga turun sebanyak 23 kg.
Kisah Suram Isabelle Caro, Diet Ekstrim Demi Menyenangkan Sang Ibu (Anorexia Story)

Sumber gambar: meandasuicide.wordpress.com


MENGALAKKAN KAMPANYE ANTI-ANOREXIA

Saat dewasa, Isabelle 100% menyadari bahwa apa yg terjadi padanya adalah sebuah hal yg sangat buruk. Ia kemudian mengerjakan kampanye untuk memerangi anorexia nervosa supaya tidak terjadi pada gadis lainnya.

Tahun 2007, Isabelle dibantu oleh seorang photographer bernama Oliviero Toscani yg memotret tubuh kurus Isabelle tanpa sehelai benangpun, & diperlihatkan rangka tulang punggungnya yg memprihatinkan. Saat itu berat badannya cuma 32 kg dengan tinghi badan 1,65 meter. Isabelle rela foto bugilnya dipertontonkan untuk mengingatkan orang lain akan bahaya kondisi anorexia.

Kisah Suram Isabelle Caro, Diet Ekstrim Demi Menyenangkan Sang Ibu (Anorexia Story)

Sumber gambar: The Guardian

Karena kampanye tersebut, Isabelle mendapat banyak undangan talkshow berbagai stasiun televisi untuk berbagi pengalaman. Ia dipuji karena keberaniannya mengungkap kondisi anorexia yg ia alami & perjalanan hidupnya yg suram. Namun kampanye tersebut sempat dilarang oleh pemerintah Perancis karena menampilkan foto tubuh super kurus tanpa sehelai benang.

Kisah Suram Isabelle Caro, Diet Ekstrim Demi Menyenangkan Sang Ibu (Anorexia Story)

Sumber gambar: Dailymail

Sayangnya Isabelle menghembuskan nafas terakhirnya pada 17 November 2010 yg lalu pada umur 28 tahun. Umur yg masih sangat muda bukan? Bertahun-tahun ia sudah bertarung dengan anorexia yg menggerogoti hidupnya sejak usia 13 tahun. Namun ia patut dipuji atas usahanya mengingatkan orang lain akan bahaya anorexia nervosa.


Sumber: di sini
Hari ini 15:11
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Hubungi kami untuk memulai.
 URL Pendek:

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG

Atas.