KETURUNAN MENENTUKAN KECERDASAN ANAK, BENARKAH?

Discussion in 'Forum Sekolah' started by dianda dewi, 10 Jan 2018.

  1. dianda dewi

    dianda dewi IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    288079
    Joined:
    19 Oct 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Gender:
    Female
    Oh pantesan anak itu pintar banget, bapaknya kan profesor, ibunya juga dosen di perguruan tinggi ternama. Wajar kalau anak-anaknya pintar! Pernah mendengar orang bicara seperti itu? Apakah benar anak cerdas dilahirkan dari orangtua yang pintar?

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Washington, kecerdasan anak diwariskan dari Ibu mereka. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki dua kromosom X, sementara pria hanya punya satu kromosom X.

    Nah, kromosom inilah yang berperan besar menentukan fungsi kognitif anak-anak, apakah dia jadi anak yang cerdas atau tidak. Namun hal tersebut bukanlah hal yang mutlak.

    Xu Gelin, dokter neurologi di Nanjing General Hospital of Nanjing Milatary Command mengatakan, jejak genetika merupakan hal yang rumit dan acak. Hal ini dibuktikan dengan beberapa anak yang berhasil mendapat nilai tes IQ yang tinggi, walaupun kedua orangtuanya punya tingkat kecerdasan rendah.

    Faktor Nurture

    Terlepas benar atau tidaknya kaitan antara kromosom X dengan tingkat kecerdasan anak, beberapa ahli meyakini jika kecerdasan anak justru dipengaruhi oleh faktor nurture atau faktor lingkungan dan kebiasaan, bukannya faktor nature atau sebab alami seperti genetik.

    Xu Gelin menyatakan, faktor lingkungan, asupan nutrisi, stimulasi atau pola asuh orangtua sejak dini dan faktor pendidikan, jauh lebih kuat menentukan kecerdasan anak ketimbang faktor genetik. Dengan kata lain, kecerdasan merupakan hal yang harus diperjuangkan oleh anak dengan dukungan penuh orangtua.

    Dengan adanya dua pendapat yang saling bersebrangan dari pakar yang kompeten, sudah seharusnya sebagai orangtua kita turut memperjuangkan kecerdasan anak dengan cara memberikan pendidikan yang baik, lingkungan yang aman dan nyaman, serta makanan yang bergizi.

    Nah kalau menurut pendapat kita bagaimana? Lebih percaya kepada konsep kecerdasan merupakan faktor genetik alias keturunan, atau lebih yakin dengan konsep nurture alias lingkungan, kebiasaan dan faktor lainnya yang menentukan kecerdasan anak-anak.

    Sumber pintar
  2. VIVAforevar

    VIVAforevar IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    288589
    Joined:
    25 Jun 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Bagi saya sendiri, bakat anak bisa sangat ditentukan oleh kondisi sejak lahir. Namun, ibarat berlian tergantung bagaimana orang yang dititipi mengasahnya sehingga bisa bersinar. Misalkan saja identifikasi bakat anak menjadi kunci penting dalam perkembangannya kelak. Dengan mengetahui lebih lanjut apa 'fitur bawaan' si kecil, orang tua jadi lebih paham dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG