Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 41.798
- Nilai reaksi
- 23
- Poin
- 0
Ciao Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan kenapa suara & getaran mesin truk di Indonesia rata-rata sangat keras.
sumber gambar
Ketika mendekat ke sebuah truk yg sedang idle maupun sedang di-gas, mungkin Gansis akan notice akan beberapa hal. Bisa saja salah satunya adalah suara mesin dari kebanyakan truk yg sangat keras & nyaring sekali terdengar.
Lalu, kenapa ya? Kok suara mesin truk itu keras sekali, nyaring sekali terdengar, kalau dibandingkan dengan mobil-mobil biasa? Nah, oleh karena itu, ane akan jabarkan beberapa alasan mengapa kebanyakan truk suara mesinnya sangat keras & nyaring terdengar.
Iya. Diesel. Hampir semua truk yg beredar di jalanan mengpakai mesin Diesel, karena torsi, efisiensi & durabilitasnya yg tergolong sangat baik, serta ketangguhannya yg bagus pula.
Mesin Diesel mengpakai kompresi yg sangat-sangat tinggi untuk membakar bahan bakar, yg nantinya akan menggerakkan mesin. Tanpa bantuan busi. Itulah alasan mengapa mesin Diesel kompresinya sangat tinggi, dapat mencapai 24:1 bahkan lebih.
sumber gambar
Kompresi yg tinggi tentu akan menghasilkan suara & getaran yg sangat terasa & nyaring. Bisa dibuktikan, coba saja bandingkan suara & getaran Innova Bensin & Diesel, pastilah suara mesin & getaran mesin lebih nyaring Innova versi Diesel.
Jika kita bandingkan mesin Diesel lawas di tahun 90an & mesin Diesel modern di era-era sekarang, hampir pasti kita akan menemukan teknologi yg masih lawas di mesin Diesel zaman dahulu. Sementara, mesin Diesel zaman sekarang sudah lebih advance.
Nah, truk-truk di Indonesia banyak sekali yg masih mempertahankan teknologi mesin Diesel konvensional, karena memang kebanyakan teknologi mesin Diesel yg masih konvensional itu lebih tahan banting & lebih durable.
sumber gambar
Tentunya dengan mesin yg berteknologi lawas, hampir pasti getaran & suara mesinnya masih sangat terasa sekali kalau dibandingkan dengan mesin teknologi sekarang. Memang, ada improvement di beberapa sisi mesin supaya mesinnya lebih halus dengan tetap mempertahankan teknologi konvensional. Tetapi tetap saja, kalau dibandingkan dengan mesin teknologi modern, getaran & suara mesinnya kemungkinan akbar jauh lebih terasa.
Perlu diketahui, bahwa truk medium duty seperti Hino Ranger atau Fuso berwarna orange rata-rata kapasitas mesinnya diantara 6.500cc & 8.000cc. Sangat besar, mengingat beban yg perlu dibawa juga sangat akbar pula, jadi sangat butuh mesin berkapasitas besar.
Mesin yg sangat akbar ini akan menghasilkan tenaga & torsi yg sangat akbar pula, dimana memang seperti yg ane sudah bilang diatas, truk harus membawa beban yg berat, sehingga sangat membutuhkan mesin yg torsi & tenaganya besar.
sumber gambar
Kapasitas mesin Diesel di kebanyakan truk Indonesia ini pula, dikombinasikan dengan teknologi yg masih lawas, tentu akan menimbulkan suara yg lebih nyaring & getaran yg lebih terasa, walau memang sudah memakai mesin 6 silinder inline untuk kebanyakan medium duty truck.
Nah, itulah alasan mengapa getaran & suara mesin truk di Indonesia rata-rata sangat keras. Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi infomasi yg salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Kemarin 21:57
sumber gambar
Ketika mendekat ke sebuah truk yg sedang idle maupun sedang di-gas, mungkin Gansis akan notice akan beberapa hal. Bisa saja salah satunya adalah suara mesin dari kebanyakan truk yg sangat keras & nyaring sekali terdengar.
Lalu, kenapa ya? Kok suara mesin truk itu keras sekali, nyaring sekali terdengar, kalau dibandingkan dengan mobil-mobil biasa? Nah, oleh karena itu, ane akan jabarkan beberapa alasan mengapa kebanyakan truk suara mesinnya sangat keras & nyaring terdengar.
1. Mengpakai Mesin Diesel
sumber gambar
Iya. Diesel. Hampir semua truk yg beredar di jalanan mengpakai mesin Diesel, karena torsi, efisiensi & durabilitasnya yg tergolong sangat baik, serta ketangguhannya yg bagus pula.
Mesin Diesel mengpakai kompresi yg sangat-sangat tinggi untuk membakar bahan bakar, yg nantinya akan menggerakkan mesin. Tanpa bantuan busi. Itulah alasan mengapa mesin Diesel kompresinya sangat tinggi, dapat mencapai 24:1 bahkan lebih.
sumber gambar
Kompresi yg tinggi tentu akan menghasilkan suara & getaran yg sangat terasa & nyaring. Bisa dibuktikan, coba saja bandingkan suara & getaran Innova Bensin & Diesel, pastilah suara mesin & getaran mesin lebih nyaring Innova versi Diesel.
2. Teknologi Mesin Masih Konvensional
sumber gambar
sumber gambar
Jika kita bandingkan mesin Diesel lawas di tahun 90an & mesin Diesel modern di era-era sekarang, hampir pasti kita akan menemukan teknologi yg masih lawas di mesin Diesel zaman dahulu. Sementara, mesin Diesel zaman sekarang sudah lebih advance.
Nah, truk-truk di Indonesia banyak sekali yg masih mempertahankan teknologi mesin Diesel konvensional, karena memang kebanyakan teknologi mesin Diesel yg masih konvensional itu lebih tahan banting & lebih durable.
sumber gambar
Tentunya dengan mesin yg berteknologi lawas, hampir pasti getaran & suara mesinnya masih sangat terasa sekali kalau dibandingkan dengan mesin teknologi sekarang. Memang, ada improvement di beberapa sisi mesin supaya mesinnya lebih halus dengan tetap mempertahankan teknologi konvensional. Tetapi tetap saja, kalau dibandingkan dengan mesin teknologi modern, getaran & suara mesinnya kemungkinan akbar jauh lebih terasa.
3. Kapasitas Mesin Sangat Besar
sumber gambar
sumber gambar
Perlu diketahui, bahwa truk medium duty seperti Hino Ranger atau Fuso berwarna orange rata-rata kapasitas mesinnya diantara 6.500cc & 8.000cc. Sangat besar, mengingat beban yg perlu dibawa juga sangat akbar pula, jadi sangat butuh mesin berkapasitas besar.
Mesin yg sangat akbar ini akan menghasilkan tenaga & torsi yg sangat akbar pula, dimana memang seperti yg ane sudah bilang diatas, truk harus membawa beban yg berat, sehingga sangat membutuhkan mesin yg torsi & tenaganya besar.
sumber gambar
Kapasitas mesin Diesel di kebanyakan truk Indonesia ini pula, dikombinasikan dengan teknologi yg masih lawas, tentu akan menimbulkan suara yg lebih nyaring & getaran yg lebih terasa, walau memang sudah memakai mesin 6 silinder inline untuk kebanyakan medium duty truck.
Nah, itulah alasan mengapa getaran & suara mesin truk di Indonesia rata-rata sangat keras. Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi infomasi yg salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Kemarin 21:57