Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 41.628
- Nilai reaksi
- 23
- Poin
- 0
Ciao Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak di sebelah kanan.
sumber gambar
Ketika melihat sebuah bus ekonomi yg mempunyai konfigurasi seat 2-3, Gansis akan menemukan bahwa bangku bus tersebut lebih banyak di sebelah kanan, & bukan sebelah kiri.
Sama juga dengan bus-bus Eksekutif & Super Eksekutif yg mempunyai konfigurasi seat 1-2, Gansis juga akan menemukan bahwa kursinya lebih banyak di sebelah kanan.
sumber gambar
Lantas, mengapa lebih banyak di sebelah kanan? Nah, oleh karena harap menuntaskan rasa penasaran Agan & Sista, ane bakal menjawabnya di thread ane yg satu ini Gansis.
Inilah faktor utama kenapa bangku bus di Indonesia lebih banyak di sebelah kanan. Yup, kepraktisan. Di Indonesia, setir kendaraan beroda empat ada di sebelah kanan. Berkendara di lajur kiri.
Otomatis, pintu akan ada di sebelah kiri, bukan sebelah kanan karena memang kendaraan berjalan di sebelah kiri. Coba lihat gambar dibawah yg menunjukkan konfigurasi seat bus 59 seat yg biasa adadi Indonesia.
sumber gambar
Yup, bayangkan apabila kursi lebih banyak diletakkan di sebelah kiri. Tentunya, penumpang akan kerepotan untuk masuk & akses masuk jadi lebih sempit Gansis.
Oleh karena itu, bus-bus di Indonesia yg mengpakai konfigurasi seat 2-3 & 1-2 lebih banyak meletakkan kursi di sebelah kanan, karena memang lebih praktis dibanding 2-3 atau 1-2 yg lebih banyak di sebelah kiri.
sumber gambar
Walau memang, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, bus-bus banyak yg sudah menerapkan konfigurasi seat 1-1-1. Tujuannya tentu adalah, dapat tetap memaksimalkan penumpang di kelas yg cukup tinggi dengan tetap mempertahankan efisiensi dan, hal yg paling penting lagi, social distancing.
Jika kursi lebih banyak di sebelah kiri, setir bus ada di kanan & mengemudi di lajur kiri seperti Indonesia, tentu jumlah kursi lebih sedikit karena terpotong oleh akses pintu masuk bagian belakang.
Mengapa demikian? Karena akses dari pintu masuk ke gangway, atau area kosong yg biasa dipakai untuk berjalan di tengah bus, akan memotong 1 row kursi di bagian kiri. Tentu, kalau ditaruh di bagian kiri, jumlah kursi dalam row yg terpotong itu lebih banyak, kapasitas bus jadi berkurang.
sumber gambar
Agar kapasitas bus lebih banyak, kursi penumpang lebih banyak di sebelah kanan. Jika lebih banyak di bagian kanan, tentu kursi yg terpotong jadi lebih sedikit & kapasitas lebih banyak.
Nah, itulah 2 alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak di sebelah kanan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!
Sumber:1,2
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Hari ini 21:19
sumber gambar
Ketika melihat sebuah bus ekonomi yg mempunyai konfigurasi seat 2-3, Gansis akan menemukan bahwa bangku bus tersebut lebih banyak di sebelah kanan, & bukan sebelah kiri.
Sama juga dengan bus-bus Eksekutif & Super Eksekutif yg mempunyai konfigurasi seat 1-2, Gansis juga akan menemukan bahwa kursinya lebih banyak di sebelah kanan.
sumber gambar
Lantas, mengapa lebih banyak di sebelah kanan? Nah, oleh karena harap menuntaskan rasa penasaran Agan & Sista, ane bakal menjawabnya di thread ane yg satu ini Gansis.
1. Kepraktisan
sumber gambar
sumber gambar
Inilah faktor utama kenapa bangku bus di Indonesia lebih banyak di sebelah kanan. Yup, kepraktisan. Di Indonesia, setir kendaraan beroda empat ada di sebelah kanan. Berkendara di lajur kiri.
Otomatis, pintu akan ada di sebelah kiri, bukan sebelah kanan karena memang kendaraan berjalan di sebelah kiri. Coba lihat gambar dibawah yg menunjukkan konfigurasi seat bus 59 seat yg biasa adadi Indonesia.
sumber gambar
Yup, bayangkan apabila kursi lebih banyak diletakkan di sebelah kiri. Tentunya, penumpang akan kerepotan untuk masuk & akses masuk jadi lebih sempit Gansis.
Oleh karena itu, bus-bus di Indonesia yg mengpakai konfigurasi seat 2-3 & 1-2 lebih banyak meletakkan kursi di sebelah kanan, karena memang lebih praktis dibanding 2-3 atau 1-2 yg lebih banyak di sebelah kiri.
sumber gambar
Walau memang, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, bus-bus banyak yg sudah menerapkan konfigurasi seat 1-1-1. Tujuannya tentu adalah, dapat tetap memaksimalkan penumpang di kelas yg cukup tinggi dengan tetap mempertahankan efisiensi dan, hal yg paling penting lagi, social distancing.
2. Jumlah Kursi
sumber gambar
sumber gambar
Jika kursi lebih banyak di sebelah kiri, setir bus ada di kanan & mengemudi di lajur kiri seperti Indonesia, tentu jumlah kursi lebih sedikit karena terpotong oleh akses pintu masuk bagian belakang.
Mengapa demikian? Karena akses dari pintu masuk ke gangway, atau area kosong yg biasa dipakai untuk berjalan di tengah bus, akan memotong 1 row kursi di bagian kiri. Tentu, kalau ditaruh di bagian kiri, jumlah kursi dalam row yg terpotong itu lebih banyak, kapasitas bus jadi berkurang.
Agar kapasitas bus lebih banyak, kursi penumpang lebih banyak di sebelah kanan. Jika lebih banyak di bagian kanan, tentu kursi yg terpotong jadi lebih sedikit & kapasitas lebih banyak.
Nah, itulah 2 alasan mengapa jumlah bangku bus lebih banyak di sebelah kanan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!
Sumber:1,2
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Hari ini 21:19