• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Kenali 7 Ciri-ciri Pria Mandul yang Dapat Dilihat Secara Fisik

jennywijaya

IndoForum Newbie A
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
318
Nilai reaksi
1
Poin
18
penyebab-kemandulan-pada-pria-kenali-faktor-risiko-dan-pemicunya-1572857556.jpg


Anda perlu mengetahui penyebab dan ciri-ciri pria mandul agar bisa dicegah sejak dini. Ciri yang paling terlihat adalah tidak bisa memiliki keturunan meski sudah melakukan hubungan seksual sesering mungkin dengan pasangannya.

Penyebab kemandulan pada pria umumnya terjadi karena adanya masalah produksi sperma. Namun, jangan putus asa terlebih dahulu. Sebab ciri-ciri pria mandul ini bisa dideteksi lebih cepat sehingga penanganannya pun bisa lebih cepat dan tepat.

Kenali Penyebab Pria Mandul

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab pria mengalami kemandulan. Mulai dari kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol, hingga penggunaan narkotika. Agar lebih lengkapnya, yuk simak faktor penyebab pria mandul berikut ini:
  • Faktor fisik
Beberapa faktor fisik yang sering berkaitan dengan kondisi kemandulan, seperti peningkatan suhu tubuh (hyperthermia), radiasi, dan medan elektromagnetik.
  • Faktor pekerjaan
Ada pula faktor pekerjaan yang sering dikaitkan dengan kondisi mandul pada pria, seperti terpapar pestisida, racun industri, hingga terkena paparan logam berat.
  • Faktor kimia
Beberapa faktor kimia yang bisa mempengaruhi kemandulan pria antara lain merokok, konsumsi alkohol terlalu banyak, penggunaan obat terlarang, hingga konsumsi kafein terlalu tinggi.
  • Faktor gaya hidup
Gaya hidup yang tidak sehat juga mempengaruhi kondisi infertilitas ini. Mulai dari stres, nutrisi, hingga faktor gaya hidup lainnya.

Ciri-ciri Pria Mandul yang Dapat Terlihat

1. Kelainan testis

Testis merupakan alat untuk memproduksi testosteron dan tempat pembuatan serta penyimpan sperma, testis perlu dijaga kesehatannya. Ada beberapa gangguan pada testis yang mungkin terjadi, seperti varikokel, hidrokel, atau kanker.

2. Rambut tumbuh hanya sedikit
Ciri-ciri pria mandul yang dapat terlihat lainnya adalah ketidakseimbangan hormon. Hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan sperma terganggu. Ini bisa membuat pria mandul. Tanda lainnya adalah rambut yang tumbuh biasanya lebih sedikit, mulai dari rambut lain seperti kumis, jenggut, bulu kaki, bulu dada, dan lainnya.

Tapi, tumbuhnya rambut di area tertentu pada seseorang juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik maupun ras.

3. Testis bengkak dan sakit
Testis atau buah zakar bisa saja mengalami bengkak dan terasa sakit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi yang bisa menimbulkan rasa nyeri hingga terjadi peradangan di testis. Infeksi bakteri penyebabnya bisa E.coli atau bakteri penyebab penyakit menular seksual lainnya.

4. Ejakulasi terasa sakit
Biasanya saat ejakulasi akan terasa sakit disebabkan karena gangguan prostat dan organ lain di area penis. Hal ini bisa jadi sebagai pertanda gangguan sistem reproduksi pria. Jika pria mengalami rasa sakit saat ejakulasi, maka sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter.

5. Testis mengkerut
Testis akan mengalami pengerutan karena beberapa kondisi seperti terkena penyakit. Kondisi ini disebabkan karena produksi sperma yang menurun. Karena kondisi ini, maka peluang pria mengalami kemandulan pun lebih besar.

6. Rendahnya hasrat seksual
Ciri-ciri pria mandul selanjutnya adalah rendahnya hasrat seksual yang dimiliki. Biasanya kondisi ini bisa disebabkan karena masalah hormonal. Sebab, hasrat seksual didorong oleh lonjakan hormon testosteron.

7. Fungsi seksual menurun
Fungsi seksual pria mengalami penurunan seperti susah ereksi atau mempertahankannya, maka bisa jadi pertanda adanya masalah kesuburan. Biasanya pria dengan kondisi ini memiliki masalah dengan kadar testosteron. Sehingga sperma yang dihasilkan pun tidak banyak dan bisa jadi ciri-ciri pria mandul.

Itulah 7 ciri-ciri pria mandul yang perlu diketahui sejak dini. Bila gejala tersebut dirasakan salah satu atau semuanya, maka segeralah untuk periksakan ke dokter.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.