Kebiasaan gereja katolik yg mengganjal di hati sy

StanRSC

IndoForum Newbie F
Hi all,
sy termasuk baru jd pengikut ajaran katolik & ada bbrp hal yg mengganjal di hati sy, contohnya: knp harus ada acara cium salib sih? memang sih itu simbol tp kan ga perlu smp dicium2 segala, sy jd takut lama2 menjurus ke mengagung2kan benda n ujung2nya jd dosa.
krn di agama yg sy anut sebelumnya ga begitu :)
 

cimohai

IndoForum Junior A
^ maaf nih ane yang bukan kristiani mencoba jawab, tapi banyak temen ane yang kristiani jadi mungkin ane jadi tau walau hanya dikit...

kata temen ane begini, acara cium salib merupakan tradisi sebagai bentuk penghormatan terhadap Yesus Kristus yang wafat di kayu salib untuk menghapus dosa umat manusia. Kalau ga salah acaranya sebelum paskah atau pada saat kebangkitan Yesus Kristus.

Jadi bukan kepada penyembahan atau sebagainya, karena salib tersebut hanya berupa simbolik saja.

Maaf, ane sok tau dan mencoba jawab disini, tapi ane juga sekalian klarifikasi jawaban dari temen2x kristiani ane.

Thx.
 

bojongkenyod

IndoForum Senior D
I am Catholic...

nyium salib itu punya makna tertentu bagi gw...
gw sih ngrasa kalo ada tri tunggal maha kudus di dalam salib tsb yg musti dihormatin... dan inget... kaum katholik itu ga nyembah patung.. buat gw, salib, rosario, dkk itu merupakan lambang saja sebagai Tuhan yang tak berwujud. CMIIW
kita ga nyembah patung, tapi kita menyembah Tuhan yang dilambangkan dengan salib.

mencium salib itu ga mutlak harus kok... hal tsb dilakukan jika memang kamu merasa yakin bahwa kekuatan tri tunggal maha kudus berada di salib tsb dan menjadi lambang keagamaan kamu....

klo emg ada pertanyaan lain, silahkan... tp jgn terpaku sama simbolik...
 

glenX20310

IndoForum Newbie E
Penciuman salib adalah berakar dari tradisi yang mempunyai dasar teologi yang dalam. Kalau diperhatikan semua yang dilakukan di dalam liturgi adalah merupakan ekpresi yang ada di dalam hati. Juga penciuman salib adalah suatu ekpresi yang keluar dari dalam hati, yaitu suatu ekpresi syukur dan kasih kepada Yesus yang telah terlebih dahulu mengasihi kita. Tidak ada penghormatan bagi Kristus Tuhan yang terlalu berlebihan. Semua penghormatan yang kita lakukan adalah selalu kurang dibandingkan apa yang seharusnya diterima oleh Yesus. Pada saat kita menghormati salib sebagai instrumen keselamatan kita, maka kita berdoa kepada-Nya yang telah menyelamatkan kita. (sumber: katolisitas.org)
 

antoni78

IndoForum Newbie E
maaf klo saya hanya bisa menambahkan saja sedikit saja,bagi saya itu adalah sebuah penghormatan dalam rangka Tri hari suci,tapi bukan jadi nanti ujung2nya pada umumnya org bilang musrik,itu sebual simbol utk selalu mengingatkan kita saja sebagai umat kristiani,terima kasih.
 

kosmetik etude

IndoForum Newbie E
tidak harus cium salib pada hari Jumat Agung.
Dapat dijuga dengan membungkuk.
Itu sebagai penghormatan terhadap Yesus yg sudah disalibkan untuk kita
 

galerikredit

IndoForum Newbie F
^ maaf nih ane yang bukan kristiani mencoba jawab, tapi banyak temen ane yang kristiani jadi mungkin ane jadi tau walau hanya dikit...

kata temen ane begini, acara cium salib merupakan tradisi sebagai bentuk penghormatan terhadap Yesus Kristus yang wafat di kayu salib untuk menghapus dosa umat manusia. Kalau ga salah acaranya sebelum paskah atau pada saat kebangkitan Yesus Kristus.

Jadi bukan kepada penyembahan atau sebagainya, karena salib tersebut hanya berupa simbolik saja.

Maaf, ane sok tau dan mencoba jawab disini, tapi ane juga sekalian klarifikasi jawaban dari temen2x kristiani ane.

Thx.
setuja gan ..
 

jackotml

IndoForum Newbie E
Itu cm simbol aja. Klopun ga ngelakuin cium salib jg gpp.
Yg paling pentingkan Iman. Percuma Cium salib tp ga merealisasikan iman dlm kehidupan sehari-hari.
 

tyven

IndoForum Newbie D
Menurut saya terlalu banyak tradisi di gereja katolik yang berakar dari kebiasaan agama kafir roma, kemudian dicari-cari alasan supaya nampaknya Alkitabiah. Yesus hanya meminta kita untuk melakukan upacara perjamuan kudus dengan diawali pembasuhan kaki untuk mengingatknya, jadi janganlah dibuat-buat harus mencium salib segala.

Salam,
Tyven Bong
 

Kabutaku

IndoForum Newbie E
setau saya itu tradisi aja gan. Kalo salibnya diganti dengan salib lain juga gpp kok asal sudah diberkati.
Jadi intinya bukan benda nya, tp spirit kita dalam menghormati kisah penyaliban Yesus
 

henj4yz

IndoForum Newbie F
secara hati pun, aku sedikit kurang sreg sama tradisi cium salib dan berlutut di depan salib atau berdoa didepan patung maria. Aku juga seorang katolik. Tapi, saat aku baca Alkitab, jelas2 Tuhan Allah itu gak suka sama penyembahan berhala berupa patung2.

Nah, mungkin kita cium salib sebagai simbol yah. tapi, takutnya ada hati kita yg melihat bahwa didalam kayu atau patung itu, ada hadirat Tuhan.

dan itu tanpa kita sadari menjadi penyembahan berhala. padahal jelas-jelas Tuhan melarang penyembahan berhala.

Aku prefer seh, better gak usah ada cium2 salib segala. takutnya ada potensi menyakiti hati Tuhan.
 

henj4yz

IndoForum Newbie F
Penciuman salib adalah berakar dari tradisi yang mempunyai dasar teologi yang dalam. Kalau diperhatikan semua yang dilakukan di dalam liturgi adalah merupakan ekpresi yang ada di dalam hati. Juga penciuman salib adalah suatu ekpresi yang keluar dari dalam hati, yaitu suatu ekpresi syukur dan kasih kepada Yesus yang telah terlebih dahulu mengasihi kita. Tidak ada penghormatan bagi Kristus Tuhan yang terlalu berlebihan. Semua penghormatan yang kita lakukan adalah selalu kurang dibandingkan apa yang seharusnya diterima oleh Yesus. Pada saat kita menghormati salib sebagai instrumen keselamatan kita, maka kita berdoa kepada-Nya yang telah menyelamatkan kita. (sumber: katolisitas.org)
apakah harus dengan mencium salib ? hati2. baca kitab perjanjian lama. ini ada potensi ke penyembahan berhala dan menyakiti hati Tuhan.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top