• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Karena Kerasnya Tekanan Laut Dalam, Itu Mengapa Penghuninya Takut Ke Permukaan

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.571
Nilai reaksi
23
Poin
0
Gambar Sensitif
Buka
Karena Kerasnya Tekanan Laut Dalam, Itu Mengapa Penghuninya Takut Ke Permukaan


Sumber Google Images​

Laut dalam tuh masih jadi gudang rahasia hingga sekarang. Kurang dari 10 persen saja samudra di Bumi ini yg sudah diexplorasi. Itupun mungkin explorasinya tidak maksimal. Kalau lihat gambar jelek di atas, pasti banyak yg mengira itu hewan aslinya memang begitu ya, agan aganwati. Atau agan aganwati sudah pada tahu? Yaudah, informasi ini saya tulis untuk yg belum tahu aja. Hehe. Bentuk sebenarnya dari ikan merah muda di atas itu adalah pada gambar di bawah ini, agan aganwati. Ikan di bawah ini adalah ikan yg sebenarnya, sebelum dia naik ke permukaan.
Karena Kerasnya Tekanan Laut Dalam, Itu Mengapa Penghuninya Takut Ke Permukaan




National Geographic​

Ikan ini sebenarnya bentuknya tidak selembek itu, bentuk itu terjadi karena dia berada di area beda tekanan. Tekanan di tempat hidup dia aslinya itu sangat tinggi, & tekanan itu menciptakan bentuk aslinya tidak sejelek seperti yg warna merah muda itu. Tekanan di bawah laut di kedalaman lebih dari 1000 meter sangat besar, agan aganwati. Nah, ikan ini hidupnya diantara 600 hingga 1200 meter di bawah laut. Dengan kondisi fisik yg beberapa akbar tersusun dari gelatin, menciptakan ikan ini berubah bentuknya sangat drastis seperti itu. Memang bentuk aslinya terlihat seperti memiliki tulang, padahal tidak. Tubuh dia seperti itu memang bentuk dari menyesuaikan diri lingkungan hidup mereka. Dengan tidak memiliki tulang, dia tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak tenaga untuk berenang, karena tubuh dia ringan. Ikan blobyini juga nggak punya gigi, agan aganwati.
Dia cuma perlu sering-sering membuka mulutnya untuk memakan plankton & hewan-hewan kecil laut lainnya.
Karena Kerasnya Tekanan Laut Dalam, Itu Mengapa Penghuninya Takut Ke Permukaan



Sedikit bocoran tentang bagaimana tekanan di bawah laut sana, manusia cuma sanggup bertahan di tekanan 3-4 atmosfer atau di kedalaman 30 hingga 40 meter. Lebih dari itu, manusia akan kesulitan bernafas karena tubuh mereka akan mendapatkan tekanan yg besar. Utamanya bagian organ dalamnya.
Selain itu, semakin dalam air, suhunya pasti akan lebih dharap. Nah, yang jadi pertanyaan, kalau semakin ke dalam semakin dharap, mengapa di laut dalam tidak jadi es? Masih ingat dengan anomali air? Suhu 4 derajat adalah suhu terendah yg ada di laut dalam. Seandainya ada air yg membeku dia akan segera naik ke atas, tetapi itu tidak terjadi, karena sifat anomali air itu, agan aganwati.

--
Terimakasih sudah membaca treatku.
Sehat & bahagia selalu.
emoticon-rose


Kemarin 21:42
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.