• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Jurus merawat AC mobil

yanla

IndoForum Senior C
No. Urut
19339
Sejak
24 Jul 2007
Pesan
5.492
Nilai reaksi
276
Poin
83
Sangatlah tidak nyaman jika AC mobil sedang mengalami kerusakan. Ditengah panasnya siang hari tanpa penyejuk udara atau AC, tentu dapat membuat tubuh anda berkeringat atau mungkin lebih dari hanya sekedar itu. Merawat AC mobil sebelum terjadinya kerusakan adalah salah satu solusi tepat, karena selain anda dapat selalu berkendara dengan nyaman juga bermanfaat guna mengurangi anggaran pengeluaran biaya.
Langkah perawatan yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

Langkah ke-satu menjaga kebersihan.
Debu dan kotoran didalam kabin adalah salah satu faktor dari rusaknya AC mobil. Oleh dari itu jagalah selalu kebersihan dalam kabin mobil. Paling utama dua buah karpet pada bagian depan, sebab debu dan kotoran tersebut akan tersedot oleh evaporator. Sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap disaat awal AC mobil dihidupkan dan bisa menciptakan spora dan jamur yang merugikan kesehatan. Selain itu janganlah merokok didalam mobil karena asap rokok juga dapat membuat evaporator menjadi kotor.

Langkah ke-dua mencuci kondensor.
Pada saat mencuci mobil, siram atau semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC yang terletak didepan radiator. Debu atau kotoran yang menempel bila dibiarkan terlalu lama akan menempel keras dan dapat mengakibatkan korosi atau keropos, yang pada akhirnya akan membuat kondensor menjadi bocor.

Langkah ke-tiga posisikan mobil ditempat yang teduh.
Usahakan untuk memilih tempat parkir yang teduh, karena udara dalam kabin mobil yang panas dapat mengakibatkan butuhnya proses pendinginan yang lama. Beban pendinginan saat mobil berjalan pun semakin tinggi.

Langkah ke-empat cek kondisi kipas atau extra fan.
Cek kondisi kipas yang berada didepan kondensor apakah turut hidup bila AC dihidupkan. Bila tidak segeralah diganti, karena akan mengakibatkan kompresor rusak.
Langkah ke-lima metode menggunakan AC mobil dengan benar.
Ingatlah selalu sebelum mematikan mesin mobil matikan dulu AC, dan untuk menghidupkan mesin mobil usahakan AC selalu dalam keadaan tidak hidup. Kemudian untuk menghidupkan AC lakukanlah sesudah kondisi mesin mobil stabil. Jangan menurunkan temperatur pada saat kendaraan melaju kencang, karena akan memaksimalkan beban kompresor AC.

Penyejuk udara atau AC adalah salah satu alat bantu nyamannya berkendara, oleh dari itu rawatlah selalu AC mobil anda. Karena kenyamanan ialah salah satu tujuan anda memiliki kendaraan. Demikian sedikit tips untuk merawat penyejuk udara atau AC mobil anda, Semoga bermanfaat.
 
nice info om.../no1

btw, kondensor tuh boleh dicuci yah...?? /hmm
 
sedikit menambahkan:
apabila mobil abis ditinggal di bawah terik matahari, ketika kita masuk, tentunya panas... nah anda dapat membuat ac mobil lebih cepat mendinginkan ruangan kabin di mobil dengan menyiram air pada kondensor ac yang terletak dibagian depan radiator mobil itu.
 
praktekin ach....
makasih ya brow..infonya
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.