• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Internasional Jersey "Tangan Tuhan" Maradona akan dipamerkan selama Piala Dunia 2022

Diggie

IndoForum Activist E
No. Urut
287751
Sejak
6 Apr 2020
Pesan
9.487
Nilai reaksi
0
Poin
0
Berikut adalah berita Jersey "Tangan Tuhan" Maradona akan dipamerkan selama Piala Dunia 2022.

Jersey Tangan Tuhan Maradona akan dipamerkan selama Piala Dunia 2022


Jersey Piala Dunia 1986 milik legenda sepak bola Argentina Diego Maradona dipajang sebelum dilelang oleh Sotheby's di London, Inggris, Rabu (20/4/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Jersey yg dikenakan Diego Maradona ketika dia mencetak gol "Tangan Tuhan" yg terkenal saat melawan Inggris pada 1986 akan dipajang di Qatar selama Piala Dunia, cuma berselang lima bulan setelah kaos tersebut memecahkan harga di lelang.

Jersey itu terjual seharga 9,3 juta dolar AS (sekira Rp142,3 miliar) kepada seorang pembeli yg dirahasiakan namanya & akan dipinjamkan ke museum olahraga 3-2-1 Qatar untuk dipajang mulai Minggu (2/10) besok hingga 1 April tahun depan.

Qatar belum menyebutkan nama pemilik baru jersey tersebut -- seseorang yg membayar dengan jumlah memecahkan rekor harga untuk benda memorabilia olahraga apa pun. Namun, negosiasi untuk memamerkan benda tersebut dimulai cuma beberapa pekan setelah lelang pada 4 Mei lalu.

Kepala Museum Qatar Sheikha Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani, yg juga anggota keluarga penguasa negara Teluk itu, mengatakan dia "bersemangat" mengamankan jersey tersebut untuk pameran spesifik Piala Dunia.

"Jersey sudah melalui perjalanan yg cukup panjang," ujar Sheikha Mayassa., seperti disiarkan AFP, Sabtu.

"Dimulai dengan momen ketika gelandang Nottingham Forest Steve Hodge bertukar kaus dengan Maradona setelah pertandingan, yg sekarang tampaknya jadi langkah yg menginspirasi," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kaus 'Tangan Tuhan' Maradona laku Rp128,6 miliar

Maradona mencetak kedua gol dalam kemenangan 2-1 perempat final Piala Dunia atas Inggris di Stadion Aztec Mexico City pada 1986.

Laga tersebut jadi salah satu yg paling banyak dibicarakan dalam sejarah sepak bola & menghiasi status legendaris Maradona, yg meninggal karena serangan jantung pada November 2020 di usia 60 tahun.

Mengenakan nomor punggung 10, Maradona meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton untuk gol pertama, kemudian menyebut kejadian itu adalah "sedikit dengan kepala Maradona, sedikit dengan tangan Tuhan."

Setelah itu, Maradona melesat melewati lima bek Inggris & Shilton untuk mencetak gol yg terpilih sebagai "Gol Abad Ini" dalam jajak pendapat FIFA 2002.

Hodge bertukar kaus dengan Maradona & sudah meminjamkan kaus itu ke museum Manchester selama 20 tahun sebelum menjualnya di mana pembeli anonim itu mengalahkan enam penawar lainnya termasuk Asosiasi Sepak Bola Argentina. Harga akhir lebih dari dua kali lipat nilai yg diprediksi oleh perusahaan lelang Sotheby's.

Baca juga: Pemilik jersey "Gol Tangan Tuhan" Maradona sibuk tolak tawaran
Baca juga: Status kultus Maradona jauh melebihi lapangan sepak bola

Namun, jersey yg dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan terjual seharga 10,1 juta dolar (sekira Rp154,5 miliar) pada 16 September, mengambil alih rekor sebagai memorabilia olahraga paling mahal & baju olahraga paling mahal.

Seragam Maradona akan dipajang di pameran "World of Football" bersama dengan bola yg dipakai di babak final Piala Dunia perdana pada 1930, catatan tertulis perdana tentang aturan sepak bola, satu dari dua patung perunggu yg pernah dibuat dari ikon Brazil Pele -- kaki kanan Pele, serta kaos lain yg dikenakan oleh para pesepakbola hebat.

"Banyak barang yg dipajang di 3-2-1 Qatar Olympic and Sports Museum seperti ini: simbol gairah manusia yg memiliki narasi panjang & mengharukan di belakangnya,"kata Sheikha Mayassa.

"Benda-benda ini sekarang sudah mengambil kehidupan mereka sendiri sebagai bagian dari budaya dunia - menginspirasi emosi, membangkitkan kenangan, & memicu dialog," imbuhnya.

Baca juga: Alami cedera, Boubacar Kamara absen bela Prancis di Piala Dunia 2022
Baca juga: Piala Dunia 2022 & indikasi perubahan lanskap sepak bola global

Berita diatas dikutip dari internet, jika Jersey "Tangan Tuhan" Maradona akan dipamerkan selama Piala Dunia 2022 adalah spam, mohon beritahu kami.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.