• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Jenis-jenis Obat Asam Lambung yang Bisa Dicoba

jennywijaya

IndoForum Newbie D
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
98
Nilai reaksi
0
Poin
6


Pernahkah Anda mengalami asam lambung? Asam lambung merupakan salah satu gangguan pada masalah pencernaan yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan obat asam lambung yang bisa dibeli secara bebas maupun menggunakan resep dokter.

Penggunaan obat menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan guna mengatasi gejala asam lambung. Untuk mengetahui jenis obat yang perlu Anda konsumsi, Anda bisa mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter ataupun dengan apoteker sebelum membeli obat.

Apa saja macam-macam obat asam lambung?
Obat yang ditujukan untuk mengatasi asam lambung terdiri atas jenis yang berbeda-beda. Masing-masing jenis bekerja dengan cara yang berbeda pula.
Ada obat yang efektif mengatasi gejala ringan, dan ada juga obat yang secara khusus digunakan untuk kondisi yang lebih parah. Ketika Anda akan membeli obat asam lambung, coba kenali dulu jenis-jenisnya berikut ini:
  • Obat penghambat reseptor H-2
Jenis obat yang satu ini merupakan obat yang paling sering digunakan pada penderita asam lambung. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi kadar asam yang dibuat di lapisan perut Anda.
Obat penghambat reseptor H2 umumnya bekerja dalam waktu yang cukup cepat, menimbulkan efek dalam waktu 15-30 menit setelah dikonsumsi. Efek ini bisa berlangsung sampai 12 jam, sehingga akan mempertahankan kondisi Anda dalam waktu yang cukup lama.
Akan tetapi, perlu diperhatikan, obat ini juga bisa memicu efek samping. Salah satu efek sampingnya adalah peningkatan risiko kekurangan vitamin B12 dan patah tulang.
  • Antacid
Sama seperti obat penghambat reseptor H-2, Antasida juga menjadi salah satu pengobatan asam lambung yang cukup umum. Obat ini efektif untuk menetralkan asam di lambung Anda.
Kemampuan Antasida untuk menetralkan asam berasal dari kandungan bahan kimia di dalamnya, yang disebut bahan kimia alkali. Terkadang, obat ini juga bisa menimbulkan efek samping seperti diare dan sembelit.
Anda bisa mendapatkan Antacid secara bebas, baik dengan pembelian di apotek maupun secara online. Tapi, terkadang ada juga Antacid yang diresepkan oleh dokter.
  • Obat penghambat pompa proton
Ini adalah jenis obat asam lambung yang bekerja dengan mempengaruhi lapisan lambung, mengurangi jumlah asam yang diproduksi. Efeknya mungkin baru bisa Anda rasakan sekitar satu jam setelah mengonsumsi obat.
Tapi, pengaruh dari obat ini dapat Anda rasakan sampai dengan 24 jam. Jadi, bisa dibilang efeknya lebih tahan lama. Setelah Anda mengonsumsi obat ini selama beberapa hari berturut-turut, efeknya bisa meningkat.
Efek samping yang ditimbulkan obat ini cenderung ringan, seperti diare, mual, sakit kepala. Namun, bisa juga menimbulkan efek samping kronis seperti risiko patah tulang pinggul dan kekurangan vitamin B12.
  • Baclofen
Jenis obat yang satu ini merupakan sejenis obat untuk memperkuat sfingter esofagus bagian bawah. Ini adalah alternatif obat asam lambung yang juga bisa digunakan untuk meredakan gejala.
Bukan hanya meredakan gejala, Baclofen juga mengurangi frekuensi relaksasi sfingter esofagus bagian bawah. Terkadang, obat ini bisa menimbulkan efek samping berupa diare, mual, serta kelelahan akut.
Apa pun jenis obat yang akan Anda gunakan, pastikan untuk memilih obat yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan pribadi Anda. Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter Anda sebelum membeli obat untuk asam lambung.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.