Berita Jemaah Islamiyah: Masih Jadi Ancaman Teroris Terbesar di Asia Tenggara, Terutama Indonesia

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 9 Oct 2018.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie A

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    304
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Jamaan Islamiyah (JI)—yang masih merupakan kekuatan yang kuat—diuntungkan dari fokus yang berpusat pada ISIS. Kelompok teroris ini masih jadi yang terbesar di Asia Tenggara, dan terus menyebarkan ideologi mereka, terutama di Indonesia. Saat ini, diperkirakan ada 2.000-3.000 anggota JI yang aktif dan ribuan lainnya sebagai pendukung atau simpatisan.

    Oleh: Bilveer Singh (The Diplomat)

    Enam belas tahun setelah melakukan pengeboman Bali—yang menewaskan lebih dari 200 orang—afiliasi al-Qaeda, Jemaah Islamiyah (JI) masih menjadi kelompok teroris utama di Asia Tenggara saat ini. Meskipun mengalami kemunduran sejak tahun 2009 akibat kematian para pemimpin utamanya dan penangkapan anggotanya, namun JI memiliki akar politik dan ideologi yang mendalam di wilayah tersebut.

    Munculnya apa yang disebut Negara Islam (ISIS) sejak tahun 2014 telah menjadi berkah bagi JI, karena telah mengalihkan perhatian aparat keamanan, yang memungkinkan JI untuk memperluas dan berada dalam posisi untuk menimbulkan ancaman bagi negara-negara di wilayah tersebut, khususnya Indonesia. Para pemimpin utamanya percaya bahwa JI sedang dalam kondisi kesiapan yang tinggi saat ini.

    MENJELASKAN KETAHANAN JI
    Saat ini, fokus utama geografis JI adalah Indonesia. Hal ini terlepas dari hubungan JI dengan kelompok dan individu di Filipina (seperti Front Pembebasan Islam Moro, atau MILF, dan Kelompok Abu Sayyaf), Thailand (Gerakan Mujahidin Islam Pattani), dan Malaysia (Kumpulan Mujahidin Malaysia), melalui jaringan regional JI.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG