• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Jangan sepelekan, ini pentingnya tutup pentil ban!

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Sebagian besar dari Anda mungkin pernah menggerutu saat polisi menilang hanya karena motor Anda tidak menggunakan tutup pentil pada ban. Namun tahukah Anda bahwa tutup pentil ternyata merupakan komponen yang juga penting?

Fungsi dari tutup pentil ban atau yang juga dikenal dengan sebutan valve cap, adalah mencegah udara di dalam ban agar tidak keluar melalui celah kecil pada katup. Tidak hanya itu saja, tutup pentil juga mampu menahan kotoran maupun air agar tidak masuk. Sebab, apabila sudah terlanjur masuk akan menimbulkan korosi yang menyebabkan katup menjadi bocor.

Hal ini jelas sangat berhubungan dengan faktor keselamatan yang diakibatkan oleh tidak adanya tutup pentil ban. Memang tidak akan langsung terasa akibatnya, namun banyak kejadian ban bocor halus hanya karena tidak menggunakan tutup pentil.

Coba bayangkan apabila kendaraan dipakai dalam kecepatan tinggi, sementara ban mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas. Intensitas yang tinggi pada pemakaian dalam kondisi tersebut dapat memicu kecelakaan.

Lantas, apakah boleh menggunakan tutup pentil variasi? Kenapa tidak?

Namun yang perlu diingat, harus ada sil karet pada tutup pentil. Mengingat saat ini sudah banyak tutup pentil dengan berbagai bahan, seperti plastik, metal yang dilapisi karet, dan lain sebagainya. Yang lebih baik lagi adalah tutup pentil yang memiliki indikator untuk mengetahui tekanan ban berkurang atau tidak. Secara garis besar, tutup pentil tidak hanya membuat aman, tapi juga bisa digunakan sebagai pemanis pada ban.

So, jangan lagi anggap remeh tutup pentil ban ya guys!
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.