Jangan meminum obat dengan susu

Discussion in 'Forum Kesehatan' started by Rosetta, 27 Apr 2017.

  1. Rosetta

    Rosetta IndoForum Beginner C

    No. Urut:
    2047
    Joined:
    10 Jun 2006
    Messages:
    713
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Biasanya, anda mungkin diinstruksikan untuk meminum sesuatu (misal vitamin atau obat-obatan) dengan atau tanpa susu (atau makanan atau banyak air, dll) oleh dokter anda. Saya diberi tahu untuk minum obat tertentu dengan susu untuk melindungi perut saya (obatnya diketahui mengganggu perut). Hanya itu yang saya tahu. Tidak ada yang efektif, lebih banyak hubungannya dengan jika sistem pencernaan anda harus dimulai atau tidak, jika lapisan perut anda memerlukan perlindungan atau tidak, dll.

    Nah, kenapa susu tidak boleh dicampur dengan obatnya? Obat atau antibiotik yang dikonsumsi secara oral bisa efektif untuk dikonsumsi orang jika dikonsumsi dan diserap tubuh. Obat oral harus diserap melalui saluran pencernaan sehingga bisa masuk ke aliran darah dan dikirim ke daerah luka. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan tubuh menyerap obat dengan sangat baik, termasuk keasaman relatif di perut, ada tidaknya nutrisi lemak atau nutrisi lainnya, dan apakah ada unsur tertentu seperti kalsium. Beberapa obat dalam keluarga antibiotik, mengandung tetrasiklin yang akan bereaksi dengan susu.

    Kalsium yang ditemukan dalam susu akan mengikat obat-obatan atau antibiotik yang mencegah penyerapan ke dalam tubuh. Selain itu, ada obat yang baik dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. Ini karena makanan yang anda makan bisa mempengaruhi penyerapan obat. Oleh karena itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengikuti petunjuk yang tertulis pada paket dan jangan lupa bertanya kepada apoteker jika perlu.

    Lantas bagaimana dengan kopi, teh atau jus? Kopi, teh dan jus memiliki berbagai senyawa, seperti kafein dalam kopi, yang dapat mempengaruhi penyerapan obat. Jadi yang terbaik adalah minum obat dengan air bersih. Karena air tidak mengandung senyawa yang bisa mengganggu penyerapan obat.

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG