• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Jangan Anggap Enteng! Kematian Karena Corona Indonesia Tembus 5 Besar Asia

Angela

IndoForum Junior E
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
1.584
Nilai reaksi
0
Poin
0
Ramadhan memasuki hari terakhir. Umat Islam tanah air akan segera merayakan hari raya. Tetapi Idul Fitri tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja Covid-19 penyebabnya.

Jangan Anggap Enteng! Kematian Karena Corona Indonesia Tembus 5 Besar Asia

Kerumunan di Pasar Pontianak (Sumber: okezone.com)​


Mudik yg jadi ciri khas kita dilarang. Sholat Idul Fitri dianjurkan di rumah. Juga open house & silaturahmi dianjurkan lewat media sosial. Social distancing digalakkan.

Jangan Anggap Enteng! Kematian Karena Corona Indonesia Tembus 5 Besar Asia

Kerumunan di Pasar Ikan Jatinegara Jakarta Timur (Sumber: detik.com)​


Tetapi yg jadi masalah ternyata anjuran pemerintah yg gencar itu tak mempan di beberapa tempat. Seperti bandara yg berjubel. Pusat perbelanjaan yg desak-desakkan. Juga masih banyak kerumunan-kerumunan yg tak mengindahkan anjuran di pasar-pasar & tempat biasa lainnya.

Jangan Anggap Enteng! Kematian Karena Corona Indonesia Tembus 5 Besar Asia

Tembus Nomor 5 Asia (Sumber: worldometers.info)​


Hal tersebut sungguh disayangkan, karena selama vaksin Corona belum ditemukan usaha yg dapat memutus penularannya adalah dengan social distancing.

Perkembangan kasus Corona di tanah air saat-saat ini tidak dapat dianggap enteng. Worldometers.info, diakses 23 Mei 2020 pukul 14: 51 WIB mencatat saat ini total kasus di tanah air mencapai 20.796. Sedangkan kematian yg ditimbulkan oleh Covid-19 tersebut mencapai angka 1.326 kematian.

Dengan total kasus sebanyak itu, Indonesia memang bukan yg tertinggi di Asia Tenggara. Rekor kasus tertinggi di ASEAN saat ini dipegang oleh Singapura dengan total kasus mencapai 31.068 kasus.

Tetapi meski total kasusnya terbesar di Asia Tenggara, kematian akibat Corona di Singapura termasuk sangat rendah. Dengan kasus yg 30.000 lebih tersebut kematiannya cuma 23 jiwa.

Bandingkan dengan Indonesia yg mencapai 1.326 jiwa. Dengan angka tersebut Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan kematian oleh Corona terbanyak di Asia Tenggara. Tidak cuma itu, menurut Worldometers.info bahkan kita jadi negara dengan kematian tertinggi nomor lima di Asia.

Menurut situs yg sama, total kematian akibat Corona tertinggi di Asia saat ini dipegang oleh Iran dengan jumlah 7.300 jiwa. China berada di urutan ke dua dengan angka 4.634 jiwa.

Selanjutnya di tempat ke tiga dipegang oleh Turki dengan angka kematian mencapai 4.276 jiwa. Kemudian disusul oleh India di tempat ke empat dengan total kematian mencapai 3.728.

Fakta jumlah kematian tertinggi nomor lima di Asia ini tidak dapat kita anggap enteng. Pasalnya kematian karena Corona terus saja bertambah. Pada tanggal 21 Mei kemarin ada 36 kematian. Sedang pada tanggal 22 Mei ada 48 kematian baru.

Di tengah pandemi ini pemerintah sudah menggaung-gaungkan new normal. Dalam pada itu masyarakat juga harus mentaati social distancing yg dipersyaratkan. Mudah-mudahan pada hari-hari ke depan Covid-19 di tanah air tidak melonjak tajam. Semoga pandemi ini segera berlalu...I]






Referensi:

1. Worldometers.info, diakses 23 Mei 2020 Hari ini 15:28
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Hubungi kami untuk memulai.
 URL Pendek:

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG

Atas.