• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Istilah yang sering di gunakan oleh gamers

miracle

IndoForum Beginner A
No. Urut
6
Sejak
22 Mar 2006
Pesan
1.362
Nilai reaksi
50
Poin
48
dtBch.jpg

Ternyata tidak hanya di kehidupan sehari-hari, namun komunikasi juga bisa terjadi saat kita bermain khususnya game online. Bagi gamers online, biasanya kata-kata yang digunakan dalam berkomunikasi dengan sesama gamers mungkin ada beberapa kalimat yang membuat kita bingung karena kata yang digunakan saat bermain game online terbilang singkat daripada kita berbicara dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang digunakan di game online bisa dikatakan cukup unik untuk mengungkapkan sesuatu ataupun emosi secara cepat.

Mengingat kebutuhan atas informasi tersebut cukup diperlukan, artikel ini menyusun kata-kata unik itu menjadi suatu kamus yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk mengetahui beragam istilah gamer tersebut. Berikut istilah-istilahnya:

  1. SWT
    Ketika teman gamer anda yang melakukan kesalahan, mungkin sesama gamer akan mengatakan " SWT lah". SWT merupakan suatu singkatan dari bahasa inggris "Sweat Water Tears" atau "Butiran keringat", dan merupakan suatu ungkapan emosi dalam mengungkapkan rasa keberatan, atau rasa tidak enak, atau aneh,sedikit sulit untuk menjelaskannya dengan detil, namun untuk contoh emosi dari gambaran istilah SWT ini, bisa dilihat pada anime-anime Jepang seperti gambar kepala yang ada butiran air di samping kepalanya
  2. AFK
    Dikenal sebagai "Away From Keyboard" atau "Menjauh dari Keyboard", istilah ini digunakan ketika player sedang tidak berada ditempat/komputer, karena suatu urusan, dan biasanya dalam jangka waktu yang cukup lama istilah ini serupa dengan BRB atau "Be Right Back", berarti si pemain akan segera kembali dalam kurun waktu yang cepat.
  3. LOL
    Merupakan singkatan dari "Loud of Laugh" alias "tertawa Terbahak-bahak/Keras", suatu kata yang mengungkapkan betapa pemain tertawa geli melihat suatu kejadian dalam game. Namun untuk player Indonesia mereka sering menggunakan kata "Kwkwkwkw".
  4. FYI
    Untuk istilah yang satu ini, dunia online mungkin sudah banyak yang mengenalnya, yakni "For Your Information", bahasa lainnya adalah "Sekedar Informasi Saja".
  5. CMIIW
    Merupakan istilah panjang yang berarti "Correct Me If I’m Wrong", dan maksudnya si pemain ini membuktikan keraguan dalam mengungkapkan sesuatu yang diungkapkannya.
  6. GG
    Berarti "Good Game", meskipun istilah ini sudah mengalami pergeseran makna, seolah menyatakan kekalahan atas dirinya. juga ada kata DIG, atau "Damn I’m Good", dengan artian dia memuji dirinya sendiri karena kehebatannya.
  7. LH
    Artinya "Last Hit" (biasanya terjadi dalam permainan bergenre RTS), karena player harus mengalahkan nyawa dari monster dengan pukulan yang terakhir dalam membunuhnya.
  8. KS
    Merupakan singkatan dari "Killing Steal", suatu ungkapan yang menyebutkan ada pemain lain yang mencuri pembunuhan yang akan dilakukan, untuk wilayah Indonesia dikenal dengan istilah "Nyampah".
  9. GB
    Istilah ini juga sering terlihat, namun artian sebenarnya belum diketahui secara jelas dan pasti, karena terdapat beberapa makna seperti, "Gua Bantu", "Guard Back", "Gaji Buta" yang mengindikasikan bahwa satu orang pemain di bantu pemain lain dalam pengembangan karakter miliknya.
  10. Panggilan "KK"
    Kepada pemain lelaki,
    Dan "CC"
    Untuk pemain perempuan.
  11. HODE
    Istilah ini digunakan atau mengejek pemain lelaki dengan sosok karakter perempuan didalam permainan.
Kalo agan ada tambahan, post aje gan !!!
cupu - lemah, payah, tidak bisa apa-apa
dc - disconnected (terputus dari server)
farming - nyari duit via hunting
flood - chat berlebihan hingga memenuhi kotak chat
gg - good game, giggle, tertawa sinis/sombong
GM - game master
GLHF - Good Luck, Have Fun
imba - imbalance, tidak seimbang (terlalu hebat/kuat)
KOS - kill on sight
lag - internet tersendat-sendat
lemot - lambat
lol - laugh out loud (tertawa dengan suara keras, bisa juga ngakak)
lv - level
paket - buff
pf - perfect
PK - player kill, membunuh karakter orang lain
PvP - player versus player
ress - ressurection (menghidupkan/membangunkan karakter lain)
req - request
ROFL - tertawa hingga berguling-guling di lantai, Ring of Flame Lord (aksesori Ragnarok Online)
spawn - muncul (monster/karakter)
WM - whisp me (bisikin saya)
WP - well player
brb - be right back
otw - on the way
DC - disconnect
GPL - gak pake lama
CCD - Cacad
swtlo
cd
miss
bokong
clear
GJ
tod
suram
 
sepertinya jaman mirc juga pake istilah itu deh
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.