• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Inilah Cara Melubangi Mulsa Plastik untuk Bercocok Tanam

citrajuly

IndoForum Newbie F
No. Urut
289645
Sejak
26 Okt 2021
Pesan
10
Nilai reaksi
0
Poin
1
Mulsa plastik untuk bercocok tanam digunakan menjaga tingkat kelembapan pada tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, bahan penutup berguna mengendalikan hama serta penyakit.

Terdapat dua jenis mulsa sering digunakan oleh petani yaitu mulsa organik dan anorganik. Petani banyak memilih menggunakan anorganik karena lebih awet dan praktis walaupun harganya lebih mahal dibandingkan yang organik.

Untuk cara melubanginya dapat dilakukan dengan berbagai metode. Berikut ini beberapa metode bisa Anda terapkan untuk melubangi mulsa plastik untuk bercocok tanam.
  • Menggunakan kaleng
Alat yang dapat disiapkan kaleng bekas susu, rapikan bagian tepi atasnya agar nanti hasilnya dapat seragam. Lalu bakal kaleng pada api yang panas setelah itu ambil kaleng menggunakan penjepit serta tempelkan pada plastik mulsanya selama beberapa detik sampai meleleh dan membentuk lubang.
  • Menggunakan alat khusus
Penggunaan alat khusus kami sarankan agar hasilnya dapat lebih rapi dan waktunya lebih singkat. Pada alat tersebut memiliki ujung yang bergerigi terdiri dari mata pisau yang tajam sehingga hasilnya akan lebih cepat serta rapi.

Cara menggunakannya, Anda hanya tinggal menancapkannya saja pada plastik mulsanya lalu putar. Mata pisaunya akan secara otomatis bergerak dan memotong bahan penutup plastik tersebut.

Kegiatan bercocok tanam saat ini menjadi semakin mudah karena ditemukannya mulsa tersebut. Karena mulsa plastik untuk bercocok tanam dapat mengurangi tanaman terkena penyakit, hama dan selalu menjaga kelembapan tanah.

Sumber: https://ktgindonesia.com/melubangi-mulsa-plastik-secara-tepat-untuk-menanam-tanaman/
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.