• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.370
Nilai reaksi
23
Poin
0
Pengendara motor memiliki risiko cedera & celaka lebih tinggi dibandingkan dengan pengendara mobil. Oleh karena itu, ada banyak perlengkapan diciptakan untuk melindungi pemotor sehingga dapat meminimalisir cedera. Perlengkapan ini biasa disebut biker gear. Biker gear penting dipakai oleh pengendara motor, khususnya yg akan menempuh jarak jauh atau medan yg gak biasa. Misalnya area berpasir, tanah basah, berbatu-batu, dll yg dapat berisiko meningkatkan cedera & kecelakaan.

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara


Apa aja yg termasuk biker gear? Gue jabarkan di bawah ya, gan!

Helm

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara
https://ksr-ugc.imgix.net/assets/012...fd8ce94b7c95cf

Ada banyak tipe helm di pasaran. Pilih helm spesifik untuk pengendara motor dengan sertifikasi yg jelas. Jangan pake helm proyek atau helm asal-asalan buat gaya doang. Ada banyak tipe sertifikasi helm di dunia, tetapi kalo di Indonesia, ada SNI (Standar Nasional Indonesia) yg memberikan sertifikat keamanan bagi helm yg sudah memenuhi standar. Pastikan juga size hlemnya pas di kepala lo biar nyaman.

Eye protection

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/i...3v92w&usqp=CAU

Pelindung buat mata ini ada 2 macam; ada yg built-in di helmnya, ada pula yg terpisah. Pelindung bawaan dari helmnya biasa disebut visor yg dapat dibuka-tutup sesuai kebutuhan. Yang terpisah dapat pakai kaca mata atau goggles. Jangan biarkan helm lo terbuka tanpa proteksi mata, khususnya saat perjalanan jauh, karena dapat menyebabkan mata lo iritasi atau silau (karena sinar mentari atau lampu di malam hari) yg mengganggu lo berkendara & dapat menyebabkan celaka.

Biker Jacket & Biker pants

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara
https://dupont.scene7.com/is/image/D...age-609x428@2x

Biker jacket & biker pants adalah jaket & celana yg didesain dapat memberi proteksi lebih pada pemotor yg memakainya, bukan sekadar gaya-gayaan. Dari pemilihan bahan, pola, ukuran, hingga bentuk & tampilan visualnya ditujukan supaya nyaman & kondusif dikenakan oleh pengendara motor. Gak cuma melindungi dari debu & partikel kotoran di jalan, jaket & celana ini juga dapat melindungi lebih baik & meminimalisir cedera atau abrasi pada tubuh seandainya pemotor mengalami kecelakaan. Umumnya terbuat dari bahan kulit, tetapi material lain pun sekarang udah sering dipakai untuk menciptakan biker jacket atau biker pants.

Kalo mau memberikan proteksi lebih, tambahkan chest protector & back/spine protector.

Gloves

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara
https://pin.it/2VxE3kc

Hand gloves berguna untuk melindungi tangan pemotor dari udara dharap/panas, debu/kotoran, keringat/air hujan (agar tidak licin saat memegang stang), sekaligus meminimalisir risiko cedera. Sarung tangan spesifik biker tentu dirancang khusus, berbeda dengan sarung tangan lainnya. Bahannya harus yg kuat, tahan gores, namun tetap lembut & lentur saat dipakai. Sama seperti biker jacket & biker pants, biasanya hand gloves ini terbuat dari kulit.

Boots

Inilah Aneka Biker Gear yg Bikin Lo Lebih Aman Berkendara


Biar kaki lebih terlindungi, selain mengenakan biker pants, pakai juga boots khusus. Jenisnya memang beragam, sesuai kebutuhan. Ada yg buat racing, motocross, atau touring. Ukuran tingginya juga bervariasi, mulai dari yg setinggi ankle hingga yg tingginya di bawah lutut. Berbeda dengan sepatu boots biasa, boots untuk biker ini tentu memiliki bagian-bagian yg dibuat dengan bahan spesifik untuk melindungi kaki biker. Misalnya bagian depan & tumit yg dilapisi metal hingga bagian ankle yg dilapisi padding khusus. Di kawasan Eropa & Inggris, ada CE (Conformite Europene) certification untuk boots pemotor ini. Ada serangkaian spesifikasi yg harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Elbow & Knee Pad

Bagian sikut & lutut biasanya lebih rentan cedera ketika terjadi kecelakaan. Makanya, penting untuk mengpakai pelindung spesifik untuk daerah tersebut. Ada banyak tipe elbow pad & knee pad yg dapat lo temukan. Make sure lo pilih yg spesifik buat motoran, bukan buat olahraga, karena spesifikasi & fungsinya berbeda.

Selain biker gear, hal yg penting banget untuk diperhatikan sebelum mengendarai motor jarak jauh adalah motor itu sendiri. Jangan asal bensinnya full aja. Pastikan rem masih berfungsi baik, kelistrikan normal, lampu-lampu oke, bearing roda & ban masih mantap. Kalo motor lo pakai rantai, cek kondisinya masih kencang atau udah kendor. Kalo motor lo matic, cek CVT-nya. Jangan lupa olinya juga udah diganti sesuai jadwal. Kalo gak ngerti soal komponen motor, bawa ke bengkel aja, gan! Minta dicek sama mekaniknya, sekalian servis kalo ada yg perlu diperbaiki atau diganti. Pastikan juga bengkelnya bener & mekaniknya gak nakal.

Pokoknya pas lo mau jalan, pastikan motor lo emang benar-benar udah siap tempur. Lo juga dapat bawa tool kit buat jaga-jaga di perjalanan.

By the way, dilihat dari harganya, rata-rata biker gear emang gak murah. Tapi buat keselamatan, layak dimiliki kalo lo termasuk biker yg sering mengerjakan perjalanan jauh. Hindari mengpakai biker gear abal-abal yg gak jelas kualitasnya.

Sekian thread gue tentang biker gear. Kalo lo mau nambahin atau share biker gear apa aja yg lo punya & biasa lo pake, boleh share aja deh! Kuy komen, gan
emoticon-Cool

Kemarin 23:57
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.