• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ini beda New Byson FI dan Byson karburator, layak untuk dibeli?

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
2h4xU.jpg
Yamaha baru saja merilis varian terbaru dari deretan segmen motor sport 150cc miliknya lewat New Byson FI. Menjadi penerus dari generasi Byson di Indonesia, Byson FI hadir dengan membawa banak perubahan.

Dari sektor mesin, New Byson FI sudah mengusung sistem pembakaran fuel injection. Selain itu, kubikasi diturunkan dari 153cc menjadi 149cc untuk mengejar standar emisi gas buang Euro 3. Namun turunnya kapasitas mesin ini hanya berdampak sedikit di tenaganya yang turun hanya 0,7PS. Akan tetapi hal ini berdampak baik pada konsumsi bahan bakar Byson FI yang diklaim Yamaha makin irit hingga 18 persen.

Berat Byson FI yang lebih ringan 3kg dari versi karburator juga membuatnya lebih cepat dalam hal akselerasi dari 0-400 meter dibanding varian Byson karburator.

Tak hanya dari segi dapur pacu, sektor desain pun juga mengalami perubahan total mulai dari headlight hingga ke stoplamp yang membuatnya kini lebih terlihat agresif.

Jika melihat dari banyaknya perubahan yang diusung New Byson FI dan harga yang berada di Rp 21,65 juta atau hanya sekitar Rp 350 ribu lebih mahal dari varian karburator, New Byson FI ini boleh menjadi motor naked-bike yang patut dibeli.

Berikut detail perbedaan New Byson FI dibanding Byson karburator.

Spesifikasi All New Byson FI:

Dimensi

  • P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm
  • Jarak sumbu roda : 1.340mm
  • Jarak terendah ke tanah : 170mm
  • Tinggi tempat duduk : 790mm
  • Berat isi : 133kg
  • Kapasitas tangki bensin : 12L
Mesin

  • Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC
  • Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak
  • Diameter x Langkah : 57,3mm x 57,9mm
  • Perbandingan kompresi : 9,5 : 1
  • Daya maksimum : 9,61 kW/8000 rpm
  • Torsi maksimum : 12,98 Nm/6000 rpm
  • Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
  • Sistem pelumasan : basah
  • Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L
  • Sistem bahan bakar : fuel injection
  • Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
  • Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
  • Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
Rangka

  • Tipe rangka : diamond
  • Suspensi depan : teleskopik
  • Suspensi belakang : swing arm
  • Ban depan : 100/80-17M/C (52P)
  • Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)
  • Rem depan : single disc brake
  • Rem belakang : drum brake
Kelistrikan

  • Sistem pengapian : TCI
  • Battery : GTZ4V/YTZ4V
  • Tipe busi : NGK/CPR8EA-9
Spesifikasi Byson Karburator:

Dimensi

  • P x L x T (mm) : 2.075x780x1.045
  • Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm
  • Berat : 136 kg
  • Kapasitas tangki Bensin : 12 Liter
Mesin

  • Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
  • Volume Silinder : 153cc
  • Perbandingan Kompresi : 9,5:1
  • Daya Maksimum : 13,73 PS/ 7.500 rpm
  • Torsi Maksimum : 13,6 Nm / 6000 rpm
  • Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Rangka

  • Tipe Rangka : Diamond
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Lengan Ayun
  • Ban Depan : 100/80-17MC 52P
  • Ban Belakang : 120/70-17MC 58P
  • Rem Depan : Cakram
  • Rem Belakang : Tromol
 
Berikut perbedaannya:

1. Lampu depan. Bagian ini menjadi penanda utama perbedaan. Model baru mempunyai garis sudut lebih tajam, meski masih serupa.

2. Tangki. Bagian ini mendapatkan desain yang juga lebih tajam. Adanyashroud di bawah tangki yang agresif membuatnya tampil lebih khas.

3. Knalpot. Ukurannya berubah lebih pendek, namun berdesain kekar dan futuristik.

4. Lampu belakang. Bagian ini agak dinaikkan dan lampu diperbesar. Inilah salah satu masukan konsumen yang direspons serius Yamaha Indonesia.

5. Bezel. Untuk mempertegas lampu belakang, Yamaha memasang bezel bernuansa aluminium, seolah-olah memperkuat lampu pada bodi.

6. Jok. Jika model lama menyatu, pada Byson injeksi dipisah menjadi dua bagian, pengendara dan boncenger.

7. Hand rail. Model baru berdesain seperti tanduk, tampak berpadu dengan jok bagian belakang.

8. Panel meter. Terdapat indikator ”eco” untuk menunjukkan efisiensi bahan bakar saat sepeda motor dikendarai.

9. Striping. Lebih futuristik dengan logo tengkorak di tangki.

10. Setang dan ban. Lebih lebar untuk handling yang semakin nyaman.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.