• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Ini 7 Alasan Kuat Kenapa Timbul Flek Hitam pada Wajah

Tipsehat

IndoForum Newbie E
No. Urut
287687
Sejak
20 Mar 2020
Pesan
48
Nilai reaksi
0
Poin
6
Anda tentu ingin tampil dengan paripurna dimanapun berada. Penampilan yang cantik dan ganteng natural merupakan dambaan semua orang. Sayangnya, terkadang tampilan wajah tidak bisa on point karena adanya beberapa penghalang, seperti misalkan komedo, jerawat serta flek hitam.

Berbicara tentang flek hitam, Anda sangat perlu segera menghilangkannya sesaat setelah muncul di wajah. Bila dibiarkan, flek hitam yang muncul berbulan-bulan atau bertahun-tahun akan sangat susah dihilangkan. Gunakan skincare dengan beberapa bahan mengandung vitamin C atau hydroquinone guna menghilangkannya.

Well, sebelumnya, Anda pun perlu tahu penyebab kenapa bisa muncul flek hitam di wajah.

Apa Alasan Kuat Timbulnya Flek Hitam Pada Wajah?

Flek hitam tidak muncul dengan sendirinya, melainkan muncul diakibatkan oleh beberapa penyebab. Mengetahui asalnya akan memudahkan Anda lebih berhati-hati supaya kedepannya tidak lagi timbul flek hitam pada wajah.

1. Paparan Sinar Matahari

Kebanyakan flek hitam muncul disebabkan oleh paparan sinar UV secara langsung ke wajah. Melanosit (sel pigmen) akan bereaksi dengan cara melepaskan melanin yang berperan sebagai tabir surya.

Nah, melanin ini berguna untuk menyerap energi dari sinar UV dan mendistribusikannya kembali. Sayangnya, bila kadar energi dari sinar UV ini terlalu banyak, melanosit tidak kuat menahan gempurannya. Di situasi seperti ini, wajah membutuhkan bantuan produk penangkal sinar UV seperti sunscreen. Bila tidak rajin diaplikasikan, maka akan timbul bercak-bercak hitam pada kulit.

Seiring berjalannya usia, kadar melatonin pun juga semakin berkurang sehingga wajah amatlah mudah terkena flek hitam. Itulah kenapa Anda perlu merutinkan penggunaan sunscreen sejak sekarang.

2. Perubahan Hormon

Ketika level hormon naik dan turun, Beberapa efek buruk pada kulit bisa saja terjadi. Salah satu yang paling terlihat adalah berubahnya level pigmentasi bernama melasma. Perubahan hormon ini juga terjadi selama masa kehamilan, lho. Tak heran, beberapa ibu hamil sering mengalami flek hitam di masa pertengahan kehamilan.

3. Peradangan

Flek hitam juga bisa terjadi akibat peradangan, lho. Beberapa penyebabnya bisa saja karena kecelakaan, bekas jerawat, serta alergi. Nah, setelah peradangan kulit biasanya akan mengalami hiperpigmentasi. Biasanya, setelah terjadinya luka, kulit akan memproduksi melanin yang membuat kulit semakin gelap. Kondisi hiperpigmentasi juga bisa terjadi setelah breakouts. Semakin parah peradangan yang terjadi, bekas flek hitam juga akan semakin parah.

4. Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi memang bagus untuk membuat kulit jadi semakin bersih. Sayangnya, bila dilakukan berlebihan dan terlalu sering, kulit akan luka dan mengalami hiperpigmentasi. Kondisi ini akan mengakibatkan kulit jadi semakin tipis dan gampang mengalami flek hitam

5. Memencet Jerawat

Jerawat memang perlu dihilangkan agar penampilan jadi lebih baik. Sayangnya, memencet jerawat supaya cepat hilang bukanlah suatu tindakan yang disarankan. Menyentuh jerawat terlalu kuat malah bisa menimbulkan flek hitam pada wajah karena bekas pencetan.

6. Tidak Menggunakan Sunscreen

Banyak yang masih meremehkan penggunaan sunscreen sejak dini. Padahal, sunscreen bisa mencegah timbulnya flek hitam bila diaplikasikan secara rutin. Reapply Sunscreen setiap dua jam sekali agar wajah tetap terlindungi dari jahatnya sinar UV.

7. Jarang Mencuci Muka

Kebiasaan jarang mencuci muka bisa membuat wajah rentan mengalami flek hitam. Oleh karena itu, usahakan untuk mencuci muka sebelum tidur untuk mendapatkan kulit yang sehat. Tak hanya flek, beberapa masalah kulit lainnya seperti jerawat juga bisa diatasi dengan kebiasaan mencuci muka secara teratur.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.