• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[INFO] GARANSI BlackBerry, beli BB di luar negeri dan PIN SUSPEND

Ajido-Marujido

IndoForum VIP: The Special One
No. Urut
10016
Sejak
31 Des 2006
Pesan
4.809
Nilai reaksi
144
Poin
63
Saya perhatikan banyak rekan yang menanyakan hal/pertanyaan yang kurang lebih sama yaitu mengenai garansi Blackberry, cara membeli Blackberry diluar negeri dan PIN suspended...

Sayangnya banyak informasi yang simpang siur yang malah membingungkan penanya...

Oleh karena itu saya khusus membuat thread ini sebagai panduan dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas...

  1. Garansi Blackberry

    Perlu diketahui bahwa hingga detik ini, Research in Motion (RIM) tidak pernah memasarkan produknya secara bebas lewat distributor atau pihak lain yang ditunjuk RIM untuk menjual produknya selain melalui operator utama yaitu Vodafone, T Mobile, Telefonica, Orange, Rogers dan TMO.

    Operator lain akan membeli dari operator utama sehingga kita sering mendapatkan unit Vodafone walaupun kita membeli dari operator di negara kita.

    Saat ini banyak yang mengaku menjual Blackberry dengan garansi resmi dengan harga menggiurkan. Apakah garansi resmi Blackberry yang sebenarnya?

    Garansi Blackberry resmi di Indonesia adalah garansi yang diberikan oleh operator seperti Indosat, Telkomsel dan XL. Bukan garansi dari pihak lain ataupun garansi yang dikatakan dari RIM itu sendiri.

    Silakan mengacu pada website ini:
    http://www.blackberry.com/ap/purchasing/

    Anda tidak akan mendapatkan pihak lain selain operator yang ditunjuk untuk menjual Blackberry secara resmi dan bergaransi.

    Bila ada pihak yang mengaku menjual Blackberry bergaransi maka garansi tersebut adalah garansi dari pihak penjual bukan garansi dari operator. Bila terjadi kerusakan atau masalah maka pihak penjual harus bertanggung jawab terhadap barang yang dijualnya.

    Perlu diketahui bahwa saat kita membeli Blackberry di operator maka kita akan mendapatkan bukti transaksi yang secara jelas menulis data-data transaksi seperti IMEI unit, tanggal transaksi, nama customer dan sebagainya.

    Bukti transaksi ini akan berlaku sebagai kartu garansi dari unit Anda.

    Tanpa ini, bila kita membawa unit yang bermasalah ke operator maka akan dianggap sebagai barang tidak bergaransi walaupun ada kemungkinan bisa dicek dari database unit yang dijual oleh operator.

    Jadi simpanlah bukti transaksi Anda sebagai bukti garansi unit Anda.

  2. Tips membeli Blackberry dari luar negeri

    Sering kali saya mendapat pertanyaan bagaimana membeli Blackberry diluar negeri? Apakah benar harga Blackberry di luar negeri memang murah?

    Blackberry yang dijual diluar negeri tampak seolah-olah jauh lebih murah dari harga pasaran di Indonesia.

    Silakan mengacu pada link dibawah ini sebagai contoh.

    https://secure.starhub.com/shop/jfn...041428183!824693055?mfunc=106&octx=51&jfnRC=1

    Disitu nampak bahwa harga Blackberry Bold yang dijual oleh salah satu operator di Singapura adalah SGD 438 atau dengan kurs SGD1 = IDR7500 adalah hanya sekitar IDR 3.285.000... kurang dari 3.5juta rupiah... bandingkan dengan harga di Indosat, Telkomsel atau XL.... atau bandingan dengan harga di Roxy atau ditempat lain.... tentunya tidak ada yang semurah ini...

    Tapi apakah ini adalah harga yang wajar ?

    TIDAK. Harga ini adalah harga kontrak.

    Jadi kita harus terikat kontrak dengan operator untuk jangka waktu tertentu misalnya 2 tahun dengan pembayaran minimal sekian puluh dollar sebulan. Untuk contoh yang saya ambil adalah nilai kontrak dengan subscription plan SGD 86 per bulan.

    Harga yang ditulis tersebut adalah harga yang dibayar saat kita menandatangani kontrak dengan operator untuk bisa membawa pulang unit tersebut.

    Dari sini kita bisa hitung bahwa harga yang dibayar sebenarnya tidaklah murah. Bila unit tersebut kita beli secara non kontrak di operator maka kita harus membayar SGD988. Selanjutnya kita bisa memilih operator yang ingin kita gunakan secara bebas.

    Kalau kita terikat dengan kontrak maka kita harus membayar SGD 438 + 24 bulan x SGD 86 atau total menjadi SGD 2502. Walaupun operator memberikan fasilitas seperti free 700 menit local outgoing call dan free 500 local sms per bulan, apakah kita mau membayar harga tersebut untuk mendapatkan sebuah hp/pda/blackberry yang sebenarnya berharga lebih murah?

    Di beberapa negara lain, unit yang dijual dengan kontrak akan dilengkapi dengan SIM Lock dimana kita tidak bisa menggunakan simcard lain di unit tersebut. Walaupun di Indonesia ini terutama di Jakarta, banyak yang mampu meng-unlock tapi untuk Blackberry, kita harus berhati-hati dimana unit kita bisa dimasukkan kedalam kategori unit bermasalah dan berujung pada PIN Suspended.

    Jadi jangan mudah tergiur oleh berita harga hp diluar negeri itu pasti lebih murah.

    Apakah ada orang yang menjual hp dari luar negeri dengan harga kontrak ?

    Ada beberapa kemungkinan:
    1. Dia menjual rugi dan dia tetap membayar biaya langganan kontrak (amat jarang terjadi orang mau menjual rugi seperti ini)
    2. Dia membawa lari unit tersebut dari luar negeri dan meninggalkan kewajibannya membayar kontrak.
    3. Dia menjual barang ilegal atau barang yang tidak jelas asal-usulnya.

    Mengapa kemungkinannya negatif? Karena unit yang dibeli secara kontrak tidak mungkin akan jatuh lebih murah daripada harga pasar.

    Untuk Blackberry yang dijual secara ilegal akan mendapatkan resiko PIN suspended.

    Bagaimana dengan toko yang menjual Blackberry secara retail?

    Sebenarnya toko tersebut membeli dari orang yang ingin mengambil untung dari menjual unit dengan harga kontrak.

    Misalnya kontrak saya dengan operator sudah habis dan saya dapat membeli kontrak baru. Maka saat saya membeli kontrak baru, saya dapat membeli blackberry bold dengan harga kontrak. Setelah itu saya akan bawa ke toko untuk menjualnya.

    Apakah saya akan menjual dengan harga kontrak ? Tentu tidak karena saya ingin mendapatkan keuntungan barang sedikit. Apakah toko akan menjual dengan harga beli mereka? Tentu tidak karena mereka juga ingin menikmati keuntungan walaupun sedikit.

    Jadi toko retail akan menjual dengan harga yang memang sedikit lebih murah daripada harga operator. Sebagai contoh, toko-toko retail di Singapura ada yang menjual Bold dengan kisaran harga SGD 800 - SGD 900. Harga ini adalah dibawah harga operator.

    Toko-toko yang bersih pun di Indonesia tidak akan menjual unit BB dengan harga yang jauh dibawah harga pasar karena merekapun tidak bisa mendapatkan unit dengan harga yang amat murah. Ditambah lagi dengan kurs dollar yang menggila akhir-akhir ini.

    Bagaimana dengan garansinya ? Bila tidak dilengkapi dengan bukti transaksi dari operator maka dapat dikatakan bahwa unit tersebut sebenarnya tidak bergaransi.

    Apakah unit tersebut baru ? Lakukan pengecekan dengan menu Option - Status lalu ketik BUYR.

    Maka disitu akan muncul life timer dari Blackberry. Voice call dan data call usage harus menunjukkan nol.

  3. PIN SUSPENDED?

    Apakah PIN suspended itu ?

    Harap bedakan PIN suspended dengan PIN nyangkut di operator. PIN nyangkut dapat dilepas dengan mudah. Cirinya adalah saat ingin diregistrasi maka muncul tulisan "Account already exist for PIN".

    Sedangkan untuk suspended maka akan muncul "PIN suspended"

    Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya setiap unit blackberry yang dijual akan terhubung ke server RIM.

    Server RIM sendiri berfungsi sebagai aggregator yang menarik email dari email account yang kita set di Blackberry Internet Service dan mem-forward/push ke handset kita.

    Bila sebuah unit blackberry mengalami kasus terutama kasus hukum maka operator dapat mengirimkan request ke RIM untuk men-suspend PIN dari unit tersebut.

    Bila di-suspend maka berarti tamat lah riwayat unit tersebut. Unit yang tersuspend itu hanya bisa dipakai untuk menelpon dan bersms ria saja.

    Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa unit yang kita beli tersebut mengalami PIN suspended ?
    1. Lakukan wipe di handset lewat menu Option - Security - General Options - Wipe Handheld
    2. Masukan SIM Card yang BB-nya sudah aktif.
    3. Perhatikan tanda di dekat signal strength indicator. Bila muncul gprs/edge/3g kecil maka bisa dikatakan hampir pasti unit tersebut mengalami PIN suspended.

    Apakah PIN suspended ini bisa disembuhkan ?

    Jawabannya TIDAK.

    Bila Anda membeli unit tersebut dari trusted seller maka kembalikan unit tersebut. Penjual yang baik tidak akan menjual unit bermasalah karena reputasi namanya dan juga dia akan bertanggung jawab bila terjadi masalah PIN ini.

    Bagaimana dengan orang yang menjual jasa membuka PIN suspended ini ?

    Mereka melakukan kloning PIN dan IMEI. Setelah dibuka maka PIN dan IMEI akan berubah dari awalnya.

    Perlakuan kloning ini dibedakan atas 3 kategori.

    Kategori pertama adalah kloning dari unit yang rusak secara fisik tapi PIN dan IMEI tidak bermasalah. Jadi PIN dan IMEI dari unit yang rusak ini akan dicangkok ke unit yang bermasalah.

    Kategori kedua adalah kloning dari Engineering Unit. Memang sepintas tidak bermasalah tapi saat Browser diaktifkan kita akan mendapati tulisan "Engineering Unit. Not for sale or lease" dan ini tidak menjamin dikemudian hari akan terjadi PIN suspended lagi.

    Kategori ketiga adalah kloning dari Blackberry Connect.

    Kategori keempat adalah dengan menggunakan algorithm calculator untuk mendapatkan PIN dan IMEI.

    Semuanya adalah cara ILEGAL. Walaupun cara pertama seolah-olah bersih tapi berarti kita tetap menggunakan cara bersih ini untuk unit ilegal yang kita miliki.

    Semuanya beresiko berhadapan dengan hukum.

    Sebagai tambahan informasi:
    Kode:
    PIN 2xxxxxxx adalah untuk BB GSM
    PIN 3xxxxxxx adalah untuk BB CDMA atau CDMA+GSM
    PIN 6xxxxxxx adalah untuk BB Connect


    Jadi ingat selalu :
    1. Beli BB dari operator atau dari trusted seller
    2. Bila ditawari BB dengan harga miring jauh dari harga pasar, jangan senang tapi pasanglah sikap curiga.

    Anyway, semuanya kembali kepada Anda... but if I WERE you, I will keep my hands clean...

=============================================================

Tambahan informasi....

Sering kali kita mendengar istilah BNIB, 14 days old, refurbish dan segala macamnya saat penjual BB mempromosikan barangnya....

Apa arti itu semua ?

BNIB = Brand New In Box.... Baru didalam box yang bersegel....

artinya kondisi 100% baru... Handset belum terpakai.... Aksesories belum terpakai... semua dalam kondisi gres...

Bila kita masuk ke menu Options -> Status -> BUYR maka kita akan mendapati Data Usage dan Voice Usage sama dengan nol...

Kondisi BNIB ini hanya bisa didapati saat kita membeli di gerai operator.

Bila beruntung, kita pun bisa mendapatkan kondisi ini dari pemakai (yang membeli dari operator) atau toko (yang membeli dari operator)... tapi kondisi ini jarang ditemui disehari-hari...

Bagaimana bila ternyata life time tidak menunjukkan nol ?... Ada kemungkinan pemakai pertama melakukan uji coba terhadap unitnya sebelum melunasi transaksi... tapi tentunya sekali lagi uji coba adalah tidak mungkin melakukan voice call hingga berpuluh-puluh menit dan data usage hingga lebih dari 250k...

Biasanya testing unit hanya berupa membuat panggilan keluar atau masuk untuk mengetest speaker, microphone, ringer dan vibrator... data usage pun sebenarnya jarang sekali dilakukan kecuali pembeli pertama sedemikian berniatnya melakukan change device di account BIS dia (dengan resiko nanti PIN unit baru akan nyangkut dan sebagainya)...

Kondisi 14days... apa maksudnya ?.... Maksudnya adalah handset tersebut berusia dibawah 14 hari.... Bagaimana membuktikannya ?.... Hanya bisa dibuktikan lewat bukti pembelian unit yang bersangkutan.... Kalau penjual bersikukuh barangnya 14 days old tapi tidak punya bukti kuat seperti bon pembelian, maka itu sama saja tidak berlaku.... apalagi kalau data usage sudah exceeding 250k dan voice usage sudah exceeding 60 minutes... barang dengan kondisi ini dikategorikan sebagai barang second....

Refurbish... Ini kondisi paling parah dan sering dijadikan alat untuk menipu.... penjual yang tidak bertanggung jawab, sering menggunakan barang refurbish dan menjualnya sebagai barang BNIB...

apa cirinya ?
  1. PIN dan IMEI di Options - Status bisa jadi berbeda dengan PIN dan IMEI di stiker belakang battery dan di dus.
  2. Sablon dus terkesan kasar.
  3. Font di dus dengan font tulisan Blackberry diatas layar LCD bila diamati akan berbeda.
  4. Life time tidak nol.
  5. Bootscreen logo dan Internet browser screen logo tidak sama dengan logo di body ataupun di dus.
  6. Bila refurbish dilakukan asal-asalan, seringkali contact atau account BIS masih terdapat di HH tersebut.
credit to: aatjitra
 
;;) ... Nice info bro, semoga ini menjawab pertanyaan rekan2 yang berminat membeli alat komunikasi jenis ini, trims ... ;;)
 
Benar benar berguna infonya

/thx
 
nice info tp belum mejawap pertanyaan dari saya, dengan ini saya coba tanyakan apakah bisa kita beli BB di USA kebetulan saya pny teman di USA, dan bagaimanakah memastikakan agar BB yang telah kita beli dapat di pakai di negara indonesia yang tercinta ini boz:) terima kasijh>:D<
 
kk maap koment , aq beli BM taPi ga masalah gitu koq ampe karang uda lama koq 2 bln gt tapi ga ada masalah and kalo gprs/edge kecil itu karena lay bb blom di aktipin kalo uda di aktipin berarti menjadi HURUF GEDE GPRS/EDGE/3G tetapi kalo blom di daftar maka ia jadi kecil gitu loh!
 
Wah komplit sekali infonya......... /ok
Jadi tau lebih banyak soal BB /thx
 
info yg sangat berguna buat sy yg berencana nitip sama keluarga yg lg diluar,thx ya bro atas infonya
 
:x sangat membantu.
jd dpt ilmu baru neh... :-*
 
thanks bro,untung belum beli......dengan infonya gw jadi tau bro....
 
biar lebih ajib buka ini gan Trik Nelpon Gratis Lebaran 2011
di sini
Trik n Tips Komputer: Trik Nelpon Gratis September 2011
 
Terakhir disunting oleh moderator:
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.