• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[info] All About Nitrous

cks2809

IndoForum Junior D
No. Urut
7702
Sejak
9 Okt 2006
Pesan
2.030
Nilai reaksi
104
Poin
63
Ntrous... atau bekennya dari N2O ini sering disamakan dengan NOS atau nitrous oxide system. sebetulnya NOS adalah merk nitrous buatan Holley Motor Company...

nitrous ini, apapun merknya prinsip kerjanya sama. nitrous yg mengandung N2O ini kondang di ajang balap terutama drag race n tuning di modifikasi mesin.

cara kerjanya, nitrous yg berbentuk cair dalam tabung bertekanan ini cepet menguap di tekanan atmosphere. senyawa ini yg masuk ke combustion chamber ini pecah menjadi 2 unsur yaitu nitrogen dan oxygen... kadar oxygen di senyawa nitrous oxide ini melebihi 1/2 kadar oxygen di udara. bercampurnya oxygen ini dengan senyawa hidrokarbon yg selalu terdapat di bahan bakar seperti bensin, solar maupun alkohol ini menghasilkan tekanan kompresi yg ngedongkrak tenaga mesin dlm waktu instan selama nitrous ini masih berada di chamber... peranan nitrogen disini adalah sebagai pendingin... kompresi n output tenaga yg instan ini bakal menghasilkan panas yg meningkat instan juga... struktur diatomik nitogen di N2 ini sangat stabil sehingga boost besar pun memungkinkan...

penggunaan purge valve yg sering dikatakan ''keren'' ini sebetulnya ada gunanya... purge valve ini fungsi utamanya sebagai alat pembuang angin di saluran. sehingga nitrous langsung berada di selenoid.

tipe pemasangannya ada beragam

1. wet system
pemasangan diantara manifold n throttle body. atau single nozzle di saluran intake. pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle sehingga dinamakan wet system... pemasangan ini relatif paling simple n settingan lebih mudah.

2. dry system
pemasangan ini membutuhkan extra injektor buat bahan bakar... pemansangan nozzle di saluran intake. nitrous akan bercampur dengan bensin di extra injektor ini, lalu kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber. pemasangan n settingan lebih rumit karena setting air-fuel ratio lebih susah. carnya bisa dengan mengakali MAF sensor. nozzle ini biasanya diset dlm sudut 90 derajad.

3. direct port system
pemasangan yg paling rumit. ini membutukan pengeboran di manifold. pemsaangan yg langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. cm nozzle yg bercampur bahan bakar+nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. ada lagi jenis direct system yg multi-point. ini menghasilkan tenaga paling besar. nitrous disalurkan memalui 1 nozzle utk 1 cylinder. ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yg lebih besar.

masuknya nitous ini via selenoid n fogger.. jenisnya pun beragam.

pemakaian nitrous identik dengan kecepatan instan n tenaga instan. banyak yg terjadi di mesin utk menghasilkan ini. salah satu yg perlu diketahui, penambahan tenaga ini selain jg identik sama panas, identik juga dengan kenaikkan kompresi. kenaikkan kompresi ini yg bnisa mengakibatkan mesin berumur pendek.

buat mobil n/a
kompresi yg udah tinggi disarankan utk tidak memasang nitrous dengan settingan yg tinggi. ini sangat fatal buat mesin. hanya settingan rendah yg dianjurkan buat keawetan mesin di jangka panjang.

buat mobil forced-induction
baik turbo maupun supercharged. pemasangan nitrous juga harus diperhitungkan secara teliti sebagai mana hanya mesin n/a. walaupun mesin forced-induction udah berkompresi rendah, disaat boost masuk, kompresi naek drastis. ini menghasilkan lonjakan tenga yg besar. disaat kompresi tinggi oleh boost, pemakaian nitrous bisa fatal klo gak disertai timing, setting yg tepat. boost yg tinngi oleh turbo/supercharger, ditambah nitrous bisa berakibat komponen mobil rusak. mulai dari head, valves. sampe piston, conrod bahkan sampe crankcase klo extreme... ada juga yang sampai retaknya blok dikarenakan mesin gak bisa menahan lonjakan kompresi dan panas yg dihasilkan nitrous.

pemasangan nitrous, apapun tipe n merknya. harus dipasang di orang yg mengerti dan ahli.

merk terkenal seperti pencetus nitrous, NOS. sampe NX express, VENOM n merk laen2nya udh menbuat sytem nitrous... VENOM merupakan salah satu merk termahal disini. ini dikarenakan udah dilengkapi dengan modul utk mengatur settingan nitrousnya.

Sekian infonya... semoga berguna buat semua...! /no1
 
wah... bagus! infonya hebat! /no1

Thanks kk infonya! /heh
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.