Berita Indonesia, Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Fenomena ‘Supercrip’

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 8 Nov 2018.

  1. politik

    politik IndoForum Beginner D

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    602
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Indonesia telah menerima pujian berlimpah untuk keberhasilan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Meskipun pujian tersebut layak diterima Indonesia, Asian Para Games juga berfungsi untuk menyoroti sikap yang cenderung ketinggalan zaman bagi orang-orang difabel maupun penyandang cacat.

    Kehidupan bagi kelompok difabel dan penyandang cacat di Indonesia sangat menantang. Mereka menghadapi akses yang buruk ke fasilitas umum, transportasi, dan bangunan. Merekaa mendapatkan dukungan jaminan sosial yang lemah dan sikap secara umum yang merendahkan. Salah satu perspektif publik yang paling umum adalah memandang penyandang disabilitas sebagai sesuatu hal yang luar biasa atau pantas mendapat pujian.

    Cara memandang penyandang disabilitas sebagai “supercrip” tersebut menyebar di Indonesia. Hal ini konsisten dengan pandangan difabilitas dan kecacatan yang melihat penyandang cacat sebagai “orang lain,” berbeda dari mayoritas. Menurut pandangan ini, setiap produk seni, akademis, atau olahraga, atau prestasi apapun yang dihasilkan oleh penyandang cacat dianggap luar biasa dan layak untuk mendapatkan pujian yang berlebihan.

    Sikap seperti ini juga dapat mengakibatkan orang-orang difabel dipuji hanya karena menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Tidak jarang kita mendengar komentar seperti: “Meskipun dia tuli, dia masih bisa mengambil foto-foto hebat,” atau “Dia menggunakan kursi roda tapi dia mendapat nilai tertinggi dalam ujian matematika.”

    Selama Asian Para Games 2018, misalnya, seseorang mendekati penulis dan menjabat tangannya, sambil berseru, “Anda luar biasa, saya kagum.” Dia belum pernah bertemu dengan penulis sebelumnya. Semua yang penulis lakukan adalah berjalan di ruangan berlangsungnya acara.

    Baca Selengkapnya: https://www.matamatapolitik.com/indonesia-ucapkan-selamat-tinggal-kepada-fenomena-supercrip/

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG