• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Indonesia Bakal Kelebihan 300 Ribu Guru

hendladi

IndoForum Beginner D
No. Urut
113568
Sejak
15 Jan 2011
Pesan
685
Nilai reaksi
2
Poin
18
1349593620X310.jpg


DEPOK, KOMPAS.com - Berdasarkan pemetaan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), jumlah guru di Indonesia mengalami kelebihan sekitar 300 ribu guru. Hal tersebut dikatakan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh saat menggelar jumpa pers penutupan Rembuk Nasional Pendidikan (Rembuknas) 2011, di Depok, Jumat (18/3/2011).
Kebutuhan guru kita jika dipetakan sampai 2014 itu lebih 300 ribu," kata Nuh kepada wartawan.
-- Mohammad Nuh

"Kebutuhan guru kita jika dipetakan sampai 2014 itu lebih dari 300 ribu," kata Nuh kepada wartawan.

Pemetaan tersebut, lanjut Nuh, dilakukan melalui mekanisme yang ada pada saat ini. Jika diatur dengan komposisi 1:24 (1 guru mengajar 24 siswa), maka kelebihan tersebut bisa turun menjadi sekitar 180 ribu.

Untuk itu, melalui program multi grade, guru bisa mengajar lebih dari satu pelajaran dan kelebihan jumlah guru bisa lebih diefisiensikan menjadi 40 ribu guru.

"Dengan komposisi 1:24 itu kelebihan guru bisa turun menjadi 180 ribu. Jika diatur lagi kebutuhannya dengan multi grade, satu guru tidak hanya mengajar satu mata pelajaran tetapi bisa dua atau tiga mata pelajaran yang sekelompok. Maka, kelebihan jumlah guru bisa turun hingga 40 ribu," papar Nuh.

Mendiknas menambahkan, jika konsep multi grade tersebut dimanfaatkan dengan baik dengan penataan regulasi yang juga baik, bisa dibayangkan efisiensi yang dihasilkan. Karena dengan konsep itulah seorang guru Matematika misalnya, bisa juga mengajar fisika. Karena memang, setiap guru diberikan kewenangan mengajar sesuai kelompok pelajaran yang dikuasainya.

"Ada pelajaran mayor dan ada pelajaran minor, mayornya tetap satu, tetapi minornya bisa dua atau lebih," ujar Nuh.

Ia mengatakan, konsep multi grade memungkinkan pemerintah menghemat hingga miliaran rupiah. Penghematan tersebut dapat digunakan untuk pengembangan guru, beasiswa, serta penambahan fasilitas.
 
ada yang tau gk gaji untuk guru tk sekolah swasta kira2 brp ya ?
 
Gini enaknya orang gedean kalo ngomong, tinggal ngitung matematis di depan komputer, maka selesailah suatu proposal/program. Coba sekali-kali liat di lapangan, Brur. Sinkron ga datanya?
 
ada yang tau gk gaji untuk guru tk sekolah swasta kira2 brp ya ?

Saya pernah bikin TK, cuman sanggup bayar honor guru Rp 150 ribu per bulan. Di sekolah tempat kawan saya mengajar malah berani memberi honor Rp 3 juta per bulan. Tergantung lokasi dan reputasi, Brur. Jangan liat gajinya, yang penting berani ga nawarin mutu. Kalo pribadi guru berkualitas, uang bakal datang sendiri. Berapa pun ente mau, takkan kehabisan tempat ngajar. (Pengalaman Pribadi)
 
Gini enaknya orang gedean kalo ngomong, tinggal ngitung matematis di depan komputer, maka selesailah suatu proposal/program. Coba sekali-kali liat di lapangan, Brur. Sinkron ga datanya?

yupyyyyyyyyyyyyy....betul tuh....................
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.