• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

Angela

IndoForum Activist C
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
13.086
Nilai reaksi
3
Poin
0
Perkembangan kasus COVID-19 di negara - negara terdampak masih belum menunjukkan penurunan kasus yg signifikan, Amerika yg sekarang jadi epicentrumbagi transmisi virus corona juga masih belum menunjukkan menurunnya kasus positif corona. Banyak negara masih berjuang melawan penyebaran virus ini, termasuk Indonesia, jumlah positif yg sudah mencapai hampir 8 ribu merupakan jumlah yg tidak sedikit.

Negara sudah banyak mengerjakan banyak kebijakan guna menekan laju penyebaran virus corona bagi masyarakat Indonesia, baik kebijakan sosial, kesehatan, keamanan, hingga kebijakan ekonomi. Virus corona tentu akan berdampak akbar bagi negara kita Indonesia tersayang ini bila belum dapat tertangani. Beberapa akibat negatif yg terjadi adalah:

Spoiler for dampak:
1. Dampak Sosial
Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

Dampak Sosial jelas sudah terjadi di negara Indonesia, adanya virus corona ini pemerintah memberlakukan social distancing, yg dimana inti dari kebijakan ini adalah membatasi kegiatan yg bersifat menarik banyak orang. Kehidupan sosial kita sebagai manusia pada umumnya, khususnya kehidupan sosial kita sebagai warga negara indonesia dimana sangat erat dengan kehidupan sosial yg tinggi. Kegiatan Sholat Berjamaah, Car Free Day, Kampung Ramadhan, Pasar Malam, dsb. bakal tidak kita rasakan sekarang hingga beberapa waktu kedepan.


Spoiler for dampak 2:
2. Dampak Ekonomi
Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

Dampak Ekonomi merupakan akibat yg cukup berat dirasakan oleh negara kita tersayang ini gan, ditengah usaha negara kita mengejar ketertinggalan daya saing dengan negara lain, dengan adanya pandemi ini. banyak sektor - sektor ekonomi di Indonesia jadi lesu,pendapatan negara yg berkurang akibat realokasi APBN & APBD guna penanggulangan virus corona ini, & rendahnya tingkat penerimaan pajak di berbagai sektor. Sektor usaha seperti UMKM, & masyarakat - masyarakat berpenghasilan rendah juga mengalami penurunan pendapatan.



Namun kita percaya bahwa masyarakat Indonesia mempunyai jiwa pejuang yg tinggi, sejarah mencatat lebih dari 300 tahun Indonesia dijajah oleh Kolonialisme, namun Indonesia tetap teguh berjuang hingga mendapat kemerdekaan. Krisis moneter 1998 juga pernah melanda Indonesia. tetapi Indonesia tetap bangkit & terlahir reformasi. Kita semua percaya Indonesia akan sering dapat bertahan ditengah krisis yg ada sekarang ini, karena dari sejarah memang kita sudah terlatih untuk dapat bertahan.

Setelah pandemi ini berlalu, Indonesia pasti mengalami perubahan, atau dalam istilah sains adalah beradaptasi dari akibat - akibat yg terjadi di atas, ini beberapa hal yg menurut opini ane akan berubah di Indonesia kedepannya.

Spoiler for positif 1:
1. Masyarakat akan lebih melek dengan teknologi.
Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

Setelah maraknya kasus corona di Indonesia, makin banyak orang yg lebih mengenal teknologi. Teknologi untuk tetap dapat berkomunikasi dengan banyak orang tanpa harus berjumpa seperti teknologi video conference, mempermudah orang untuk dapat berkomunikasi dengan keluarga, kolega, dll. Penggunaan aplikasi belanja online juga semakin marak, karena dengan mengpakai aplikasi tersebut akan mengurangi kontak langsung dengan orang, namun barang kebutuhan tetap tersedia di rumah.



Spoiler for positif 2:
2. Masyarakat akan lebih melek kepada kebersihan lingkungan & diri sendiri
Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

Yak, Pandemi ini menuntut kita secara pribadi lebih peduli dengan kebersihan diri sendiri, penggunaan hand sanitizer saat sebelum & sesudah kontak dengan orang lain, penggunaan sabun cuci tangan, hingga perilaku bersin yg baik akan jadi kebiasaan kedepannya.



Spoiler for positif 3:
3. Masyarakat lebih kreatif dalam mencari uang
Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

masa yg sulit ini akan memaksa banyak orang untuk lebih memutar otak untuk dapat mendapatkan penghasilan, seperti jadi pengusaha lewate-commercedll, yg penting harus kreatif yg baik saja gan sist.
emoticon-Cool




Spoiler for positif 4:
4. Masyarakat akan lebih sadar pentingnya Tabungan
Indonesia akan lebih kuat gan setelah bencana Corona ini, Baca deh!!

Banyak orang akan tersadar betapa pentingnya tabungan bagi kelangsungan hidup bilamana terjadi kejadian di luar dugaan, khususnya kaum kaum milenial yg yang akan jadi penerus bangsa kita tersayang ini. & bagi negara, tabungan akan jadi penting disamping investasi berupa pinjaman - pinjaman asing bila terjadi kejadian seperti ini lagi
emoticon-Cool





Sekian opini dari ane, semoga bermanfaat. semoga bencana ini segera berlalu, tetap semangat gan sist.

#staysafe
#dirumahaja

Salam sehat
emoticon-I Love Indonesia


Hari ini 22:38
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.