• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Hanya dengan Smartphone, Kita bisa Belajar Programing sekaligus Menciptakan Aplikasi

Angela

IndoForum Senior D
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
4.413
Nilai reaksi
2
Poin
0

Selamat datang di thread ane
Hanya dengan Smartphone, Kita dapat Belajar Programing sekaligus Membuat Aplikasi


Komputer & smartphone jadi teknologi yg sering kita pakai saat ini. Ketika bekerja kita mengpakai yg namanya komputer, & saat harap berkomunikasi kita mengpakai yg namanya smartphone. Dekatnya kita dengan komputer & smartphone menciptakan kita terbiasa dengan software atau aplikasi. Pernahkah terpikirkan tentang bagaimana sebuah software atau aplikasi yg setiap hari kita pakai itu dibuat? Kira-kira kalau kita menciptakan aplikasi sendiri sanggup atau tidak?. Membuat sebuah software atau aplikasi kita perlu belajar yg namanya bahasa. Bukan bahasa biasa, melainkan bahasa programing atau coding. Untungnya saat ini untuk belajar dasar programing atau coding itu sangat mudah, cuma dengan smartphone kita sudah dapat belajar dasar programing atau coding. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, lanjut di bawah.

Spoiler for Belajar Programing atau Coding tahap awal:
Belajar dasar programing atau coding dengan mengpakai smartphone sangat mudah sekali. Karena tinggal mendownload aplikasi yg sudah banyak tersedia. Contoh aplikasinya seperti Learn Python, dari namanya sudah jelas kalau aplikasi ini untuk belajar tentang bahasa pemrograman Python. Kemudian ada aplikasi Udacity, di aplikasi ini dapat belajar beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, Python, dsb, jadi tinggal pilih mau mempelajari bahasa pemrograman yg mana. Aplikasi-aplikasi serupa seperti Udacity juga ada banyak, seperti Solo Learn, Programing Hub, Codebox, dsb. Salah satu aplikasi yg banyak dipakai ada AIDE- IDE.

Hanya dengan Smartphone, Kita dapat Belajar Programing sekaligus Membuat Aplikasi

Pada aplikasi-aplikasi di atas, proses belajar dasar programing atau codingnya bukan seperti sebuah kelas yg cuma mendengarkan orang berbicara & diberikan panduan. Tetapi ada berupa video, & praktek langsung dimana bentuknya lebih mirip seperti sebuah game. Rasanya jadi lebih menyenangkan & tidak membosankan, yg terpenting tinggal siapkan kuota internetnya saja. Tapi jangan khawatir masalah kuota internet, tinggal pakai Smartfren. Karena Smartfren punya paket Super 4G Unlimited, yg memberikan akses internet #UnlimitedTanpaTapi jadi mau belajar programing atau coding tidak perlu was-was lagi. Setelah belajar dasar programing atau coding, masih ada tahap selanjutnya biar lebih jago.

Baca Lainnya: Berkreasi dengan 3 Resep Roti Viral di Internet, Coba Yuk!

Spoiler for Belajar Programing atau Coding tahap lanjutan:
Jika sudah tahu dasar bagaimana programing atau coding, tahap selanjutnya sudah jelas mempraktekkannya. Di beberapa aplikasi di atas juga ada yg menyediakan tools untuk mencoba memulai project sendiri, bahkan bahan-bahannya juga disediakan. Tetapi bagi yg harap mencoba memulainya secara mandiri, dapat menyiapkan beberapa aplikasi ini untuk memulai project programing atau coding mengpakai smartphone. Untuk project pemula, jangan yg sulit-sulit, mulai dengan mengedit aplikasi atau game yg sudah ada. Seperti contohnya ketika boomingnya game Flappy Bird, banyak bermunculan kan game serupa tetapi cuma beda tabiat utamanya. Project semacam ini dapat dicoba buat pemula.

1.) Text Editor
Hanya dengan Smartphone, Kita dapat Belajar Programing sekaligus Membuat Aplikasi

Programing atau coding memang lebih ke arah menulis, tetapi yg di tulis jelas bahasa pemrograman. Aplikasi text editor ini sangatlah penting, karena jadi alat perang bagi seorang programer. Walaupun text editor nirip seperti aplikasi menulis seperti notepad, tetapi perlu di ingat text editor untuk programing atau coding berbeda. Karena harus sanggup menghandel UTF-8 encoded text, & menghighlight syntax. Jadi jangan salah dalam memilih aplikasi text editor.

2.) File Manager
Hanya dengan Smartphone, Kita dapat Belajar Programing sekaligus Membuat Aplikasi

Untuk menciptakan sebuah project, juga butuh yg namanya file manager. File manager disini fungsinya bukan cuma untuk menyimpan project saja, melainkan juga untuk menyimpan file-file penunjang project kita. Dengan paket Super 4G Unlimited dari Smartfren, kita dapat unduh berbagai macam file penunjang untuk project kita. Karena paket Super 4G Unlimited dari Smartfren memiliki FUP hingga 1,5gb per hari. Jadi mau unduh atau apapun itu tidak perlu khawatir lagi.

Kriteria sebuah file manager untuk menunjang kegiatan programing, adalah dapat merubah format file. Ada beberapa file manager yg memiliki fitur merubah format file cuma dengan mengetiknya, dengan fitur seperti ini akan sangat memudahkan ketika mengerjakan sebuah project. Aplikasi file manager juga harus dapat memindahkan file, serta mengelompokkan atau menciptakan sebuah folder.

Dengan kedua aplikasi di atas, kalian sudah dapat memulai menciptakan sebuah project sendiri. Tetapi bagi yg memulai projectnya menciptakan program berbasis web, butuh aplikasi penunjang lagi.

3.) Source Code Viewer
Hanya dengan Smartphone, Kita dapat Belajar Programing sekaligus Membuat Aplikasi

Membuat program berbasis web atau menciptakan sebuah website, kita juga dapat mengambil referensi dari apa yg sudah ada. Fungsi dari view source ini, untuk melihat source code dari sebuah website. Gambarannya seperti ketika membuka sebuah situs di browser, kemudian kita pilih Inspect Element, nantinya akan muncul source code dari sebuah website. Sebenarnya beberapa aplikasi browser yg ada di smartphone dapat memperlihatkan source code sebuah website, tetapi fiturnya kurang menunjang. Maka dari itu butuh aplikasi sendiri.

4.) Web Server
Hanya dengan Smartphone, Kita dapat Belajar Programing sekaligus Membuat Aplikasi

Untuk yg terakhir ini penting sekali untuk menciptakan sebuah project program berbasis web. Web server berfungsi untuk mencoba project kita. Pastinya untuk menguji coba ini perlu yg namanya internet, saat paket internet Super 4G Unlimited dari Smartfren sudah melebihi FUP, & butuh akses internet full speed. Jangan khawatir, karena ada paket add on Booster Unlimited, yg dapat mengembalikan kecepatannya ke full speed. Untuk pengguna paket Super 4G Unlimited 80.000 & 100.000 ada promo menarik dari Smartfren, gratis paket add on Booster Unlimited sebesar 28gb selama 28 hari. Promo ini berlangsung hingga bulan Agustus, jadi masih ada kesempatan untuk menikmati promonya.

Baca Lainnya: Maksimalkan Fotomu dengan mengpakai DIY Light Diffuser

Itulah tahap-tahap belajar programing atau coding dengan mengpakai smartphone. Gimana tidak terasa ribet kan? Jika kalian masih memiliki banyak waktu luang di rumah, & bingung mau ngapain. Bisa di coba belajar programing atau coding, walaupun di rumah tetapi tetap dapat produktif. Butuh referensi lebih dapat lihat YouTube atau ngobrol sama agan-agan di Kaskus Forum Programing.


Terima kasih sudah berkunjung di thread ane
Jika berkenan dapat bantu untuk UpVote (Panah ke atas), Share, & Rate
Dukung ane supaya semangat bikin thread, dengan mengunjungi thread ane lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak​
Hari ini 12:58
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.