Guard dan Posisi Terpenting di Permainan Basket

nbasketball

IndoForum Newbie F
Bermain bola basket artinya kita juga perlu menentukan akan bermain di posisi apa nantinya. Permainan bola basket terdiri dari dua tim yang masing-masing memiliki 5 pemain starter yang memiliki peran dan tugas yang berbeda-beda. Menentukan posisi ini sangat penting untuk membuat permainan menjadi semakin padu, terorganisir, dan jelas output apa yang ingin diraih.

Pada dasarnya permainan bola basket memiliki target utama untuk memasukan bola ke ring lawan sebanyak-banyaknya sehingga mendapatkan poin yang lebih banyak dari tim lawan. Untuk itu jika kita ingin bermain dengan lebih efektif maka perlu untuk mengetahui role kita.

Di basket dikenal 5 posisi umum yang biasanya diisi oleh pemain yang memiliki karakter dan spesialis yang berbeda-beda. Berikut untuk penjelasan di tiap posisi:

1. Point Guard
Adalah posisi yang bisa disebut sebagai jantung permainan tim, posisi ini dihuni oleh pemain yang memiliki kemampuan dribbling dan passing diatas rata-rata. Pemain yang berada di posisi ini harus lincah, cepat, dan memiliki handling bola yang bagus. Point guard juga dikenal sang pemberi assist serta memiliki kemampuan shooting yang sama baik dengan pemain lain.

2. Shooting Guard
Adalah posisi pemain basket yang memiliki spesialis shooting untuk banyak variasi. Maksudnya pemain yang mengisi ini harus memiliki kemampuan menembak diatas rata-rata serta dari berbagai sisi lapangan. Posisi ini juga sangat diandalkan untuk mendapatkan banyak angka bagi tim.

3. Small Forward
Adalah posisi yang berada di depan namun fleksibel dalam menemukan ruang kosong. Posisi ini juga menjadi pusat serangan tim dan biasanya diandalkan untuk meraih angka. Pemain di posisi ini harus memiliki skill basketball yang bagus serta mampu menjadi scorer yang efisien untuk timnya.

4. Power Forward
Adalah posisi yang paling menonjolkan kemampuan fisik baik saat duel bola udara maupun saat marking pemain lawan. Posisi ini dihuni oleh pemain yang memiliki kecakapan menangkap rebound, melakukan great wall defense, serta membantu tim untuk mencetak angka dengan kualitas fisik dan atletisnya.

5. Center
Adalah posisi central yang biasanya menjadi poros di lapangan. Posisi ini dihuni pemain bertubuh paling tinggi dengan jangkauan bola paling luas. Center bertugas untuk menangkap semua rebound serta melakukan protecting rim untuk block dan fase defensive lainnya. Dalam permainan menyerang, tugas center juga bisa menjadi screener untuk taktik pick and roll tim.

Itulah 5 Posisi Pemain Basket yang wajib untuk kita ketahui, tiap posisi memiliki ciri khas masing-masing maka untuk mengkombinasikannya kita perlu membuat taktik dan strategi yang baik dan efektif. Permainan basket tak melulu berbicara tentang offense, namun juga defense untuk upaya mempertahankan keunggulan yang sudah diraih. Karena tanpa defense, maka akan sangat sulit untuk memenangkan pertandingan basket di era modern seperti saat ini.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top