• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Inilah Penyebabnya HP china Dapat Sangat Murah

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.600
Nilai reaksi
23
Poin
0
Apple & Samsung Dianggap Lebih 'Aman' dari HP China



Ilustrasi toko ponsel. (CNN Indonesia/ Safir Makki).

Jakarta, CNN Indonesia--Ponsel-ponsel China dianggap lebih rentan kepada eksploitasi privasi data pengguna dibanding ponsel asal Amerika Serikat merekIphoneatau Samsung asal Korea Selatan.

Pengamat keamanan dari Vaksin.com Alfons Tanujaya mengatakan model bisnis China sering menekankan harga-harga murah yg dianggap menggoyang harga pasar.

"Hal ini memaksa perusahaan ponsel China untuk kreatif mencari cara menekan harga atau mendapatkan penghasilan tambahan di luar metode konvensional," mengatakan Alfons saat dihubungiCNNIndonesia.com, Jumat (13/12).


Hal ini menciptakan vendor-vendor asal China menekan harga di berbagai aspek, khususnya aplikasi bawaan ponsel. Alfons mengungkapkan biasanya vendor China bahkan menerapkan metode bagi hasil dengan pengembang aplikasi demi mendapatkan pendapatan.

Lihat juga:

Samsung Diskusi dengan Operator Telekomunikasi Soal eSIM

Hal ini terjadi karena vendor China kadang menjual ponsel di bawah harga modal, tetapi tetap dapat mendapatkan untuk dari aplikasi bawaan.

"Pengembang aplikasi mendapatkan keuntungan & beberapa di berikan ke vendor ponsel untuk menekan harga ponsel,"ujar Alfons.

Sebagai balas jasa, vendor ponsel akan memasukkan aplikasi yg diciptakan pengembang tersebut ke dalam semua ponsel sebelum didistribusikan.

Jadi perdana kali dihidupkan, ponsel-ponsel tersebut sudah mengandung malware di dalamsource code OSponsel tersebut.
[Gambas:Video CNN]
"Instalasi apps bawaan ponsel yg dalam banyak kasus memberikan ancaman privasi kepada pengguna ponsel," ujar Alfons.

Di sisi lain, Alfons mengatakan dari sisi sistem keamanan, Apple yg berbasis iOS memang lebih canggih dibandingkan ponsel Android. Tak cuma itu, kurasi toko digital milik Apple, App Store disebut lebih ketat dibandingkan toko digital miliki Google, Playstore.

"Secara de facto lebih sedikit malware di iTunes dibandingkan Playstore," ujar Alfons.

Alfons mengatakan Apple bahkan tak sembarangan memberikan data ke pihak berwajib. Akan tetapi, bukan berarti Apple tak berarti tak berkewajiban untuk memberikan data yg diminta pemerintah.

Lihat juga:

Curhat Huawei Soal Perang Dagang AS-China


"Tetapi kalau diperintahkan pengadilan mereka harus berikan. Kita juga tidak tahu & tidak ada jaminan kalau mereka tidak memberikan data secara diam-diam ke pemerintah Amerika Serikat," katanya.

Alfons menjelaskan contoh malware yg tersimpan di dalam kode OS ponsel Android adalah RottenSys. Malware ini menyamarkan dirinya sebagai aplikasi 'System WiFi Service

Agar tak terdeteksi, RottenSys tidak akan langsung menjalankan aksi serangan siber. Malware ini tidak mengandung konten jahat.

RottenSys sudah dirancang untuk berkomunikasi dengan server kontrolnya. Kemudian secara diam-diam mengunduh & menjalankan komponen baru yg sudah dipersiapkan

https://m.cnnindonesia.com/teknologi...-dari-hp-china Hari ini 04:21
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.