• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips Memberi Makan Anjing

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.623
Nilai reaksi
23
Poin
0
Halo gan, perawatan anjing dapat dibilang gampang-gampang susah. Anjing adalah hewan peliharaan yg loyal & tangkas sehingga banyak disukai oleh manusia. Dari berbagai tipe hewan peliharaan, anjing adalah tipe hewan yg paling memiliki ikatan batin dengan pemiliknya sehingga kerap dianggap sebagai anggota keluarga dibandingkan dengan cuma sebagai hewan peliharaan.
Sebagai anggota keluarga, anjing juga patut diberi makanan yg sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Bukan cuma kandungan nutrisi, agan juga harus memperhatikan rasa makanan anjingyang diberikan supaya si anjing menyukainya & mau makan dengan lahap. Berikut ane berikan beberapa tips perawatan anjing melalui makanannya:

1. Beri Makanan Berkualitas
Berbagai macam makanan anjing sudah sangat banyak ditawarkan di pasaran. Pilihlah makanan berkualitas tinggi yg sesuai dengan kebutuhan anjingmu. Walau agak sedikit mahal, anda harus tau bahwa makanan yg berkualitas rendah dapat jadi terlalu banyak mengandung bahan yg tidak diperlukan sehingga dapat membahayakan organ cerna hewan kesayanganmu. Makanan untuk anjing tersebut memiliki 2 bentuk yaitu:Dry food danWet food.

Untukwet food, bentuknya menyerupai agar-agar yg lebih padat dengan bahan isian daging serta campuran lainnya untuk memberi asupan nutrisi seimbang & sempurna. sedangkan bentukdry foodberbentuk biskuit kecil menyerupai makanan kucing.

Dari kedua tipe makanan tersebut, makanandry foodlebih dianjurkan karena untukwet fooddapat mengakibatkan caries pada gigi.Wet foodlebih sering menempel pada gigi kemudian menumpuk hingga dalam waktu lama. Jika gigi anjing tidak rajin dibersihkan, akan mengakibatkan gigi infeksi & nafas yg bau.
Wet foodsebenarnya dapat dipakai untuk meningkatkan selera makan si anjing apalagi untuk anjing yg sedang dalam masa penyembuhan. Namun sebaiknya agan juga rajin membersihkan gigi anjing kalau ia mengpakaimakananwet food.

Untuk cara pemberian makanan antarawet fooddandry foodadalah dengan memberi per porsi dalam satu kali jadwal makan. Untukwet food, sudah ada kemasan sekali buka untuk anjing langsung menghabiskannya. Namun untukdry food, agan yg harus menakarnya sendiri sesuai dengan berat badan anjing kamu.

Umumnya makanan untuk anjing tidak membedakan ras anjing tertentu, namun agan dapat memberi makanan spesifik untuk anjing usia muda, anjing yg sedang menyusui, atau anjing yg memiliki masalah pencernaan atau sudah tua. Jika anda harap mengganti makanan untuk anjing dari merk lama ke merk baru, sebaiknya agan mengerjakannya secara bertahap dengan cara mencampur kedua merk tersebut dengan porsi makanan lama lebih banyak dibandingkan makanan baru.

2. Beri Makanan Sesuai dengan Ukuran & Keaktifan
Jangan samakan makanan anak anjing dengan anjing dewasa atau jangan samakan makanan antara tipe anjing kecil & anjing besar. Berbeda usia & ukurannya, berbeda juga kebutuhan nutrisinya. Kalau agan masih bingung mencari makanan yg sesuai, berikut ane berikan tips memberikan takaran makanan dry food sesuai dengan ukuran dari anjing & keaktifannya:

Tips Memberi Makan Anjing


Dari gambar diatas, apabila anjing agan memiliki berat 15kg, & jarang beraktifitas, maka kurang lebih makanan yg diberikan adalah 1 cup 1.3 cup dalam sehari. 1 cup hingga 1.3 cup tersebut dapat diberikan secara sebagian-sebagian dalam 1 hari atau sekaligus, agan dapat melihat jadwal kegiatan anda & memutuskan untuk memberi makan berapa kali dalam sehari. Jika agan memilih untuk memberikan 3 kali dalam sehari, artinya 1 cup tersebut dibagi jadi 1/3 cup untuk sekali makan.

3. Hindari Makan yg Terlalu Cepat
Jika anjingmu makan dengan ritme yg terlalu cepat, anda harus dapat mencegahnya. Makan yg terlalu cepat dapat menciptakan sistem pencernaanya terganggu. Kamu dapat mengpakaidog bowldengan bagian tengahnya sama tinggi dengan pinggiran tempat makan atau menaruh bola tenis di tengahnya untuk mencegah makan yg terlalu cepat.

4. Beri Makan Secara Konsisten
Gan, mungkin banyak yg merasa kasihan ketika memberi makan yg terlalu sedikit pada anjing. Idealnya, berikan mereka makanan 1 hingga 2 kali sehari. Untuk porsi makannya anda dapat baca takaran yg tertera pada kemasan makanan anjingmu.

Memberi makan anjing kesayangan memang hal mudah, tetapi jangan menggampangkan hal tersebut karena dapat berakibat buruk bagi hewan kesayanganmu. Kalau anda belum biasa mengerjakan 4 hal tersebut, yuk mulai dibiasakan demi kebaikan mereka. Segitu dulu ya informasi dari ane, kalau mau baca-baca artikel lainnya tentang merawat anjing dapat mengunjungi situs ane di www.calebpetgroomer.com . Makasih gan


Hari ini 19:23
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.