• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Erick Thohir Sebut Liga 1 Musim Depan Akan Pakai Wasit Asal Inggris & Jepang

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.583
Nilai reaksi
23
Poin
0
11588198_20240403091814.jpg


Foto: pssi.org​


Turunminum.id Ketua biasa PSSI, Erick Thohir menyampaikan lomba musim depan akan dipimpin wasit asal Inggris & Jepang. Itu untuk meningkatkan kualitas lomba & transfer ilmu ke wasit lokal.

Rencana PSSI untuk memakai jasa wasit asing tersebut sudah dibahas dalam Rapat Exco, Rabu (03/04/2024). Erick Thohir mengatakan ini adalah bagian dari percepatan transformasi wasit.

Wasit Inggris & Jepang akan bertugas selama sebulan. Dalam periode waktu tersebut, mereka akan menolong wasit lokal dengan transfer ilmu, supaya pengadil lapangan Indonesia dapat tampil lebih oke.

Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di liga sebulan, ujar Erick Thohir.

Masalah wasit sering jadi perbincangan hangat di sepak bola Indonesia, baik Liga 1, Liga 2 & Liga 3. Pengadil lapangan kerap salah mengambil keputusan yg menimbulkan kerugian bagi klub.

Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yg datang ke Indonesia tersebut, jelas Erick Thohir.

Ke depan, akan ada juga digitalisasi perwasitan. Data dari kinerja pengadil lapangan akan masuk dalam sistem & jadi bahas evaluasi.

Kalau ada klub yg merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian & meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit & sistem tersebut, tutur Ketum PSSI.

Penugasan wasit asing bukan hal baru di Liga Indonesia. Pada Liga 1 2017, PSSI menggandeng wasit asing untuk meningkatkan kualitas perwasitan di Indonesia.

Lalu pada pekan ke-22 Liga 1 2023/2024, federasi menugaskan dua wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura & Yusuke Araki.

Nakamura memimpin laga Persib Bandung vs Persik Kediri, sedangkan Araki memimpin pertandingan antara Persita Tangerang vs Persikabo 1973.

Lebih dari dua dekade lalu, seorang wasit Jepang, Keichi Sunakawa tercatat memimpin final Liga Indonesia II musim 1995/1996 antara Mastrans Bandung Raya & PSM Ujung Pandang di Senayan.


Sumber: Link Referensi


Baca Juga:Kongres Tahunan PSSI Digelar Juni 2024

Baca Juga:Arya Sinulingga Beberkan Nasib Shin Tae-yong Jika Gagal Capai Target di Piala Asia U-23

Belum ada topik
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.