baehaqi
IndoForum Senior E
- No. Urut
- 13414
- Sejak
- 29 Mar 2007
- Pesan
- 4.073
- Nilai reaksi
- 306
- Poin
- 83

mobil apa yang terlaris di era krisis seperti ini? Lho, terfavorit atau terlaris! Ya, penilaian utama untuk terfavorit di sini berdasarkan penjualan tertinggi yang dicapai selama 2009.
Ternyata, pasar mobil nasional masih didominasi oleh kategori multi purpose vehicle (MPV). Terbukti, enam passenger car dari lima merek bertengger di puncak dalam penjualan hingga Juli 2009. Toyota tercatat satu-satunya merek yang menempatkan dua produknya.
Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Juli 2009, Toyota Avanza masih menjadi favorit. Mobil ini berhasil menorehkan penjualan 55.600 unit. Di tempat kedua, Daihatsu Xenia dilego 22.031 unit, Toyota Kijang Innova minibus (17.748 unit), Honda Jazz (8.341 unit), Nissan Livina (7.294 unit), dan Suzuki APV (7.029 unit).
Jika dibandingkan penjualan tujuh bulan pertama 2008, penjualan Avanza masih terkoreksi hingga 34,9 persen dari 85.535 unit, diikuti Xenia juga turun 35,3 persen dari 34.065 unit, Kijang Innova minibus tercatat 51.189 unit (turun 65,3 persen), Jazz 9.963 unit (turun 16,2 persen), Livina 25.227 unit (turun 71 persen), dan APV 19.695 unit (turun 64,3 persen).
Dari jajaran mobil terlaris ini, primadona Toyota Avanza adalah tipe G VVti 1.3 MT. Tipe ini menyumbang 77 persen, sedangkan Innova diwakili oleh tipe G 2.0 M/T (42 persen). Sementara itu, Daihatsu yang menonjol adalah Xenia tipe XI VVti 1.3 MT dengan sumbangan 49 persen, All New Jazz 1.5 RS AT (46 persen), dan APV GX1.5 MT (39 persen). Untuk Nissan, varian Livina-nya disumbangkan oleh tiga pilar utama, yakni Grand Livina, Livina XR, dan Livina X-Gear. Nah, Grand Livina XV 1.5 MT menyumbang 63,5 persen dari total penjualan.
"Avanza masih menjadi favorit keluarga Indonesia. Permintaannya terus melonjak tajam, apalagi memasuki musim Lebaran," ujar Chief Operation Officer PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation Auto 2000 Jodjana Djody, akhir pekan lalu.
MPV menjadi pilihan utama keluarga di Indonesia karena karakternya yang ekonomis dan hadir dengan kapasitas yang mumpuni. Dengan begitu, MPV selalu menjadi mobil pertama yang ingin dimiliki konsumen tingkat awal.
Masih mengacu data Gaikindo, total penjualan mobil menyeluruh pada bulan lalu tercatat 41.884 unit atau naik 5,8 persen dari Juni 2009, 39.567 unit. Bahkan, penyerapan ritel bulan yang sama juga naik 6,8 persen menjadi 43.397 unit dari bulan sebelumnya, 40.612 unit.
Sumber: Kompas