Politik Ekstremis Indonesia Temukan Cara Berteknologi Rendah untuk Siasati Pemblokiran Berteknologi Tinggi

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 29 Jul 2018.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Walau pemerintah Indonesia telah melakukan pemblokiran berteknologi tinggi untuk mencegah penyebaran materi ekstremisme dan radikalisme, namun para ekstremis masih menemukan cara berteknologi rendah untuk menyiasatinya. Setelah pemblokiran, penggunaan Telegram untuk menyebarluaskan propaganda berkurang. Namun, penggunaan percakapan kelompok kecil atau antara dua orang yang sangat terenkripsi dan pribadi melalui Telegram masih berlanjut.

    Oleh: Chandni Vatvani (Channel NewsAsia)

    Kerja sama Indonesia dengan perusahaan media sosial raksasa untuk memblokir konten ekstremis semakin meningkat, tetapi para ekstremis tampaknya menemukan cara-cara berteknologi rendah untuk menyiasati pemblokiran itu, menurut laporan baru dari Institut Analisis Kebijakan Konflik (IPAC), yang dirilis pada Jumat (27/7).

    Walaupun pihak berwenang mampu mengatasi lonjakan ekstremis kekerasan online selama kerusuhan bulan Mei yang dilakukan oleh tersangka teroris yang ditahan di markas besar polisi paramiliter di selatan Jakarta, namun insiden itu juga menunjukkan betapa cepat para ekstremis dapat mentransfer materi ke wadah dan situs-situs lain.

    Baca Sumber

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG