• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Demi Cendol atau Bata IFers Mengerjakan Modus yg Sama, Setuju Nggak?

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.710
Nilai reaksi
23
Poin
0
Demi Cendol atau Bata Kaskuser Melakukan Modus yg Sama, Setuju Nggak?

Kaskus merupakan satu dari sekian media sosial yg ada di Indonesia. Berdasarkan data Markey.id, ada 6 juta pengguna aktif di Kaskus. Jutaan pengguna tersebut merupakan pasar untuk meraup berbagai keuntungan, misalnya saja perhatian & kasih sayang secara online

Cari Perhatian

Sebagian orang mengerjakan berbagai usaha untuk mendapatkan perhatian di media sosial. Tidak salah, sih. Perhatian & kasih sayang merupakan salah satu kebutuhan manusia meskipun bukan kategori basic needmenurut teori kebutuhan Maslow.

Di Kaskus, perhatian dapat diperoleh apabila seseorang memiliki semacam pangkat yg tinggi. Seorang pengguna Kaskus yg disebut IFers memperoleh pangkat yg tinggi apabila aktif memberikan komentar (posting) & menciptakan thread berkualitas.

Susunan pangkat tersebut adalah:

0 - 99 cendol : Newbie

100 - 499 cendol : IFers

500 - 749 cendol : Aktivis kaskus

750 - 999 cendol : Kaskus holic

1.000 - 3.999 cendol : Kaskus addict

4.000 - 9.999 cendol : Kaskus maniac

10.000 - 24.999 cendol : Kaskus geek

25.000 - 49.999 cendol : Kaskus freak

> 50.000 cendol : Made in Kaskus​

IFers yg memiliki pangkat tinggi seringkali mendapat perlakuan spesifik dari IFers berpangkat lebih rendah. Apalagi IFers yg sudah mengerjakan 2000 postingan atau berpangkat Kaskus addict dapat memberikan hadiah berupa cendol (Good Reputation Point(GRP)) serta sanksi berbentuk bata (Bad Reputation Point (BRP)). Banyaknya jumlah cendol & bata ini menciptakan kedudukan seorang IFers tinggi, sehingga muncullah para pengumpul cendol & bata.

Para pengumpul cendol di Kaskus biasanya berkomentar baik, ramah, menyenangkan & positif sehingga IFers lain memberikan cendol untuknya. Pengumpul bata kebalikannya: komentar kasar, vulgar, & negatif. Tipikal orang yg kalau ketemu pengen digampar dengan segepok uang. IFers lain yg tidak suka bakal menimpukkan bata.

Cendol & bata merupakan bentuk apresiasi dari sesama IFers, sehingga jumlah cendol & bata yg terkumpul jadi pencapaian pribadi. Hanya saja mengumpulkan cendol & bata jadi tidak sehat lagi ketika IFers mengerjakan segala cara demi cendol & bata tersebut.

Demi Cendol atau Bata Kaskuser Melakukan Modus yg Sama, Setuju Nggak?
Asosiasi Otak

Mengutip pendapat Daria Kuss, associate professor jurusan psikologi Nottingham Trent University di Inggris, pada saat orang berkomentar positif di media sosial semisal Instagram, sistem penghargaan di otak kita akan menyala serta melepaskan perasaan senang. Hal ini serupa dengan saat kita mendapat pujian di dunia nyata. Selanjutnya otak mengasosiasikan pemberitahuan media sosial sebagai pengalaman yg menyenangkan. Maka dari itulah seseorang akan terus menciptakan konten lain untuk mendapatkan kesenangan yg sama.


Di Kaskus perasaan bahagia itu hadir manakala IFers mendapat cendol atau bata, thread jadi Hot Thread & mendapat banyak komentar atau balasan, hingga dapat berenang di kolam koin pribadinya.

Namun menurut Daria kesenangan itu cepat berlalu, sehingga perlu semakin banyak pemberitahuan terkait kehadiran kesenangan itu. IFers akan semakin aktif menciptakan thread, & berkomentar dengan modus yg paling banyak mendatangkan kesenangan.

Misalnya saja IFers menciptakan thread tentang jengkol. Thread tersebut jadi Hot Tread, memperoleh banyak view & komentar. Si IFers akan menciptakan thread tentang jenkol lainnya, meskipun thread jenkolnya bikin jengkel IFers lain. Kesenangan yg diperolehnya lebih prioritas.
Demi Cendol atau Bata Kaskuser Melakukan Modus yg Sama, Setuju Nggak?

Mudah Diapresiasi

Kita membutuhkan waktu yg cukup lama untuk mendapatkan apresiasi di dunia nyata. Misalnya sebagai seorang karyawan di kantor. Apresiasi dari bos datang setelah dia menyelesaikan proyek berbulan-bulan.

Di Kaskus, mendapatkan apresiasi cukup mudah dalam waktu singkat. Cukup posting saja konten yg diminati IFers. Cendol akan datang. Cara lain buat konten yg akan menciptakan IFers dilempari bata bertubi-tubi.

Pada akhirnya, kemudahan mendapatkan apresiasi itu dapat menciptakan IFers lebih menghargai kuantitas ketimbang kualitas konten. IFers tertentu mungkin meremehkan kualitas konten IFers lain, & membandingkannya dengan ratusan ribu orang yg menyukai konten buatannya. Padahal banyak faktor yg menciptakan view konten tinggi.

Perhatian dari IFers lain memang menyenangkan. Namun baiknya seorang IFers tetap menjaga kualitas konten & komentar atau posting-nya.

Standar kualitas konten dapat mengacu pada syarat lolos konten kreator & lomba menulis saja. Cukup mudah, kan? Semoga makin banyak konten berkualitas di Kaskus, bukan sekadar konten yg cari perhatian saja.


Sumber 1, 2, 3

Gambar : Freepik






emoticon-Ultah


emoticon-Shakehand2
emoticon-Shakehand2







BOLEH BACA JUGA

Nonton Bokep 3 Kali Sehari Selama 6 Tahun, Pria Ini Menjadi Robot

Demi Cendol atau Bata Kaskuser Melakukan Modus yg Sama, Setuju Nggak?




Nggak Nyangka Kuda Jadi Dokter, 1000 Lebih Pasiennya

Demi Cendol atau Bata Kaskuser Melakukan Modus yg Sama, Setuju Nggak?




Wanita Kaya Disindir Orang Gila

Demi Cendol atau Bata Kaskuser Melakukan Modus yg Sama, Setuju Nggak?

Hari ini 05:56
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.