• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Cek kondisi mesin mobil lewat ujung knalpot

Lampu Abang

IndoForum Beginner E
No. Urut
284246
Sejak
8 Jan 2015
Pesan
427
Nilai reaksi
10
Poin
18
Jawaban dari pertanyaan kebanyakan orang untuk mengetahui kondisi mesin mobil adalah ke bengkel. Dari situ mereka akan mengetahui apakah mesin mobil perlu diservis atau tidak. Padahal, hal tersebut bisa diketahui dengan cara mudah.

Bagaimanakah caranya?

Cara mudah mengetahui kondisi mesin mobil adalah melihat dari ujung knalpot. Ya, hal ini disebabkan oleh knalpot yang paling berhubungan dengan ruang bakar dan berfungsi untuk saluran buang.

Coba perhatikan knalpot mobil Anda. Apabila Anda menemui keadaan knalpot bersih, (berwarna keabu-abuan), maka ini menandakan bahwa kondisi mesin masih cukup bagus. Semua komponen di dalam mesin berfungsi dengan normal. Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat. Biasanya, hal ini ditandai juga oleh asap mobil yang tidak berwarna.


Selanjutnya adalah knalpot yang berwarna hitam. Nah, biasanya keadaan knalpot seperti ini juga diiringi oleh kerak karbon. Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar. Ada kemungkinan filter udara kotor, sehingga tidak ideal untuk pembakaran mesin.

Bisa juga disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi sehingga bahan bakar sampai masuk ke ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak akan ikut terbakar seluruhnya, sehingga sisanya di buang melalui knalpot. Nah, pembuangan tersebut membuat kerak yang menempel pada ujung knalpot.

Biasanya ditandai juga dengan asap kendaraan yang berwarna hitam. Ditambah lagi, mobil bisa menjadi lebih boros dari sebelumnya, bahkan kendaraan kurang bertenaga.

Kondisi yang ketiga adalah terdapat rembesan oli di ujung knalpot. Apabila ujung knalpot mobil Anda seperti ini, maka jelas ada masalah pada mesin. Biasanya, disebabkan oleh kerusakan seal klep, ring piston, atau adanya baret pada dinding silinder. Hal tersebut membuat oli masuk ke ruang pembakaran.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan munculnya asap putih saat mesin menyala. Perhatikan kondisi ini, apabila terus dibiarkan, oli akan cepat habis. Anda akan dituntut untuk mengganti oli secara prematur, padahal belum waktunya untuk mengganti. Itu karena oli secara percuma terbuang di ruang bakar.

Segera lakukan pemeriksaan pada seal klep dan ring piston. Karena dua komponen tersebut yang sering kali jadi biang kerok terjadinya kondisi seperti ini. Jika terjadi kerusakan, segera ganti sebelum penyakit lain datang dan membuat mobil Anda semakin parah.
 
makasih inpohnya, cek knalpot mobil dl..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.