• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Cara Murah Keliling Jakarta

pinnacullata

IndoForum Activist C
No. Urut
24506
Sejak
24 Okt 2007
Pesan
13.034
Nilai reaksi
224
Poin
63
Tahun 2009 ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan tiga koridor baru bus transjakarta, yaitu Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni), Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit), dan Koridor X (PGC Cililitan-Tanjung Priok).

Tahun 2010 Pemprov DKI akan menambah lima koridor baru bus transjakarta, yaitu Koridor XI (Ciledug-Blok M), XII (Kalimalang-Blok M), XIII (Depok-Manggarai), XIV (Pulo Gebang-Kampung Melayu), dan XV (Tanjung Priok-Pluit).

Apabila semua koridor bus transjakarta ini sudah beroperasi, bepergian di Jakarta akan semakin mudah, cepat, murah, dan juga nyaman karena semua bus transjakarta ber-AC.

Pengoperasian bus transjakarta salah satu solusi persoalan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Jumlah kendaraan bermotor di DKI Jakarta mencapai 6 juta unit, 98 persen di antaranya kendaraan pribadi, sisanya 2 persen kendaraan umum.

Setiap hari, jumlah kendaraan dari Bodetabek yang masuk Jakarta lebih dari 600.000. Sementara panjang jalan di DKI Jakarta 7.650 km dan luas jalan 40,1 km persegi atau 6,2 persen dari luas wilayah DKI. Tidak heran jika setiap hari warga Jabodetabek stres mengalami kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Bagaimana agar pengguna kendaraan pribadi beralih naik angkutan umum? Sediakanlah angkutan umum yang aman, nyaman, dan terjangkau.

Menunggu MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas selesai dibangun masih lima tahun lagi. Saat ini bus transjakarta solusi paling pas. Kombinasi bus transjakarta dengan bus-bus penghubung (feeder), bus bandara, bus reguler, dan KRL Jabodetabek yang sudah beroperasi hingga menjelang tengah malam makin memudahkan warga Jabodetabek bepergian, tanpa khawatir terjebak macet.

Namun, saat ini masih banyak warga Jabodetabek yang tidak mengetahui informasi rinci bagaimana cara murah keliling Jakarta, memanfaatkan bus transjakarta, bus penghubung, dan KRL Jabodetabek.

Buku berjudul Cara Murah Keliling Jakarta yang dirilis Penerbit Nalar, November 2008, memandu Anda menggunakan bus transjakarta dan sarana transportasi umum lainnya di Jabodetabek.

Peta setiap koridor ditampilkan secara lengkap dengan tanda selter atau jembatan transfer. Setiap lintasan koridor diberi warna berbeda.

Warga Bodetabek disarankan menggunakan bus feeder. Jadwal bus dan tarif Trans-Bintaro, Trans-BSD City, Trans-Citra Indah, Trans-Citra Raya, Trans-Kemang Pratama, dan Trans-Jababeka dimuat lengkap.

Demikian pula jadwal dan tarif bus ke Bandara Soekarno-Hatta dari berbagai jurusan di Jakarta, Cikarang, Serang, dan Bandung.

Mereka yang biasa naik bus reguler pun memperoleh informasi rinci di buku ini.

KRL akan terintegrasi dengan bus transjakarta. Dengan selter bus transjakarta dan stasiun yang tersambung, penumpang mudah berpindah moda transportasi. Semua jadwal KA Lingkar Ciliwung dan KRL Jabodetabek, peta, dan info stasiun KA yang berdekatan dengan selter bus transjakarta sangat membantu.

Informasi tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sehingga buku ini juga berguna tidak hanya bagi masyarakat lokal, tetapi juga orang asing.

============
kompas


asyiik pa lagi klo jumlah busway nya di tambah jadi ngga mandek menunggu nya
 
Gw rasa Busway justru menambah kemacetan deh, memang berguna bagi orang2 yg pakai Busway, tapi kendaraan pribadi ga berkurang tuh jumlahnya.... lagipula Buswaynya juga jarang lewat, mubazir tuh jalan....
 
di jakarta c menurut gw cuman enakan keliling mallnya ajah.. selain itu dah gak enak.. ^^
 
Nice Info,...
Sebenarnya saat ini yang jadi permasalahan bukan pada BusWay nya, tapi pada kesadaran pribadi masing2 untuk mau menggunakan kendaraan umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Sebagai contoh, jika di jakarta saja ada 5jt kendaraan pribadi yang lalu lalang, ya kira2 50% nya atau 2,5jt kendaraan itu di istirahatkan, n si penggunanya menggunakan fasilitas umum, bisa anda bayangkan apakah kemacetan akan berkurang? jawabannya pasti "iya".

Nah sasaran utama BusWay ya salahsatunya kesitu, tapi emang dasar belagu ga mau menggunakan fasilitas umum, dan terlalu memandang remeh akhirnya tetep membawa kendaraan pribadi, ya selamat menikmati jalan yg macet karena jalan yg biasanya lebar dipersempit untuk pembangunan jalur BusWay. /gg/e4/e4/e4

Tinggal penyedia layanan umum nya nih, tingkatkan lagi kualitas pelayanan dan kenyamanan armadanya, ok Bozz /ok/ok/ok
 
Nice Info,...
Sebenarnya saat ini yang jadi permasalahan bukan pada BusWay nya, tapi pada kesadaran pribadi masing2 untuk mau menggunakan kendaraan umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Sebagai contoh, jika di jakarta saja ada 5jt kendaraan pribadi yang lalu lalang, ya kira2 50% nya atau 2,5jt kendaraan itu di istirahatkan, n si penggunanya menggunakan fasilitas umum, bisa anda bayangkan apakah kemacetan akan berkurang? jawabannya pasti "iya".

Nah sasaran utama BusWay ya salahsatunya kesitu, tapi emang dasar belagu ga mau menggunakan fasilitas umum, dan terlalu memandang remeh akhirnya tetep membawa kendaraan pribadi, ya selamat menikmati jalan yg macet karena jalan yg biasanya lebar dipersempit untuk pembangunan jalur BusWay. /gg/e4/e4/e4

Tinggal penyedia layanan umum nya nih, tingkatkan lagi kualitas pelayanan dan kenyamanan armadanya, ok Bozz /ok/ok/ok


wogh om dayat masiha ada disene toh..... :D :P
gmn kbr na/?

sory rada oot
Back to Topic

iya bener2 banget tuh kata om ch4oz tinggal kesadaraaan masing2 aja
klo dah pada sadar ya kemacetan jakarta tinggal sejarah zaman purba :D =)) =))
 
nice info ...

kalo sekarang busway ama KRL gak bisa di andelin bua jadi sarana keliling jakarta, selain macet n bejubel2 penumpangnya, bis nya juga lama sampe ke halte, karena pasti kena macet di jalan...kalo gw sih lebih suka keliling jakarta pake motor , murah , macet tinggal selip2 aja, emang sih kalo panas yaaa kepanasan , ujan yaaaa keujanan, tapi dari segi waktu emang kalo mao pake motor yg paling efektif
 
malesnya naek busway.... penuh, macet juga....
kadang2 mogok /swt... ada sih koridor yang biasanya gak gitu rame

murah sih murah....

copet pun tetep ada......
 
hati2 di terminal busway harmoni,banyak copet tuh,banyak temen2 ama cleint gue kena copet disono,oce brooo????????
 
dua koridor sudah selesai tapi belum beroperasi bagaimana mau menambahkan koridor?
 
Busway.. busway... busway...
keliling jakarta naik busway enak tuh, murah meriah :p
 
Sebenernya naik KRL ekonomi lebih murah daripada busway... :D tapi trayek rel KA nya gak berbentuk lingkaran, jadinya gak bisa dibilang keliling jakarta *sweatdrop*
 
thans infonya...tapi sayangnya skrg bus way uda krg nyaman..
 
pernah nyobain naek busway dan rasanya biasa aja tuh .
fasilitasnya ga memuaskan
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.