Cara Mencegah Rem Mobil Blong

anissilvia

IndoForum Newbie F
Insiden rem blong kerap memakan korban nyawa. Maka itu para pemilik dan pengemudi mobil, harus melakukan pengecekan secara berkala agar mobil tak mengalami rem blong. Maka itu para pemilik mobil diimbau untuk selalu melakukan pengecekan berkala. Selain itu, cara berkendara juga perlu diperhatikan.

1. Servis Berkala.

Cara pertama dan paling mudah serta efektif adalah lakukan servis rutin dan berkala. Teknisi di bengkel kepercayaan atau bengkel resmi akan mengecek kondisi sistem rem secara keseluruhan.

2. Cek Kampas Rem.

Pengecekan berkala bisa dimulai dari memeriksa apakah kondisi kampas rem amsih bisa dipakai atau sudah saatnya diganti. Jika harus diganti, jangan menundanya.
Meski kampas rem terlihat masih tebal, tapi jika sudah tak layak, maka tetap harus digant. Sebab jika tidak, kampas rem akan kesulitan mengigit piringan cakram atau tromol. Apalagi ketika terlalu panas.

3. Cek Minyak Rem.

Selain itu, periksa level minyak rem di dalam tabung penyimpanan minimal sebulan sekali atau ketika mencuci mobil. Tambah jika kurang, dengan minyak rem yang sesuai standar.
Periksa pula sekitar tabung minyak rem. Terutama sekitar sambungan selang. Bagian ini rawan potensi kebocoran. Apalagi jika frekuensi isi ulang minyak rem cukup sering.
Formula kimia dalam minyak rem juga memiliki masa pakai. Jika tidak diganti, bisa jadi kemampuannya dalam bekerja dan melepas panas jadi melemah. Akibatnya, tekannya hilang dan rem mobil blong. Maka itu, sebaiknya minyak rem dikuras dan diganti seluruhnya setik 40.000 km sekali untuk mejaga kualitas kandungan kimia.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top