• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Jual Cara Efektif Untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak

puzzle


  • Total suara
    1

Fajar Angkasa

IndoForum Newbie F
No. Urut
285050
Sejak
10 Okt 2015
Pesan
8
Nilai reaksi
0
Poin
1
Kalau gadget lepas sebentar saja dari tangan, kita cenderung merasa gelisah. Sekarang, hal ini juga dialami oleh anak-anak, bahkan balita. Sebagai orang dewasa, tentu kita khawatir hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Apakah kamu punya adik, keponakan, atau anak yang sudah kecanduan gadget? Kali ini Jaka mau berbagi cara efektif untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak.

Memperkenalkan teknologi di usia dini merupakan hal yang baik. Namun, anak-anak harus tetap diawasi dan dibatasi. Jangan sampai mereka kecanduan dan terus-terusan bermain dengan gadget. Tapi kalau sudah terlanjur, kamu bisa lakukan cara-cara berikut:

Cara Efektif Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Jangan Gunakan Gadget di Depan Anak-anak

Anak-anak cenderung mengikuti kebiasaan orang dewasa. Kalau kamu selalu terlihat sibuk dengan gadget, mereka akan berpikir bahwa itu hal yang seru. Jadi, usahakan tidak terlihat oleh anak-anak saat kamu berkutat dengan gadget.

Batasi Waktu Bermain Gadget

Jangan biarkan mereka bermain gadget seharian. Berikan batasan misalnya tiga jam saja dalam sehari, atau hanya boleh saat hari libur saja.

Ajak Mereka Bermain di Luar

Aktifitas luar ruangan mampu meningkatkan kemampuan motorik dan sosial anak. Jadi, sering-seringlah mengajak mereka bermain di taman, berlari-larian, berenang, dan sebagainya.

Batasi Tontonan Mereka

Walaupun kamu suka nonton film yang enggak-enggak, jangan tularkan kebiasaan itu pada adik dan keponakan kamu ya! Kamu bisa coba aplikasi HomeTube untuk mem-filter video yang mereka tonton. Kamu bisa baca artikel: HomeTube, Aplikasi YouTube Android Khusus si Kecil.

Berikan Alternatif Mainan Lain

Kalau ada mainan lain yang lebih seru, mereka pasti akan berpaling dari gadget-nya. Coba berikan mainan lain yang menarik dan edukatif, misalnya puzzle yang bisa di lihat di http://bit.ly/1L8EkZG.Puzzle ini sangat menarik buat anak sebagai permainan edukatif dan alternatif.

Itulah beberapa cara efektif untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.